Resmi Rilis! GPT-4 Kini Sudah Tersedia di Bing dan ChatGPT

Resmi Rilis! GPT-4 Kini Sudah Tersedia di Bing dan ChatGPT

OpenAI resmi merilis GPT-4. Model terbaru yang lebih canggih ini kini sudah tersedia di Bing dan ChatGPT. Berikut detailnya.

Poin Penting

  • OpenAI merilis model AI terbaru GPT-4 yang memiliki kemampuan multimodal dan performa bahasa yang sangat baik.
  • Meskipun memiliki kemampuan yang lebih baik dari pendahulunya, GPT-4 masih memiliki keterbatasan dan pengguna perlu berhati-hati saat menggunakannya.
  • GPT-4 sudah tersedia di Bing dan ChatGPT Plus, dan pengguna yang ingin menggunakan API dari GPT-4 harus mendaftar pada laman waitlist.

OpenAI baru saja merilis model AI terbarunya, yaitu GPT-4.

Model terbaru ini diklaim lebih baik dari GPT-3 karena adanya model multimodal yang mampu menerima input berupa teks, gambar, audio, maupun video.

Dari hasil tes yang sudah dilakukan, GPT-4 mampu menunjukkan kinerja setara manusia pada berbagai benchmark level profesional dan akademik.

Kemampuan model GPT-4 meningkat signifikan dari model sebelumnya, yaitu GPT-3.5, baik dalam segi keandalan, kreativitas, maupun penanganan instruksi yang rumit.

Selain itu, GPT-4 juga memiliki performa yang sangat baik dari segi bahasa yang diinputkan, baik bahasa Inggris maupun bahasa lain seperti Latvia, Wales, dan Swahili.

Namun, meskipun memiliki kemampuan yang lebih baik, GPT-4 juga masih memiliki keterbatasan seperti model GPT sebelumnya.

Model ini masih bisa menampilkan fakta yang tidak akurat dan membuat kesalahan penalaran.

Hal ini karena GPT-4 hanya dirancang untuk mengetahui kejadian dan fakta hingga September 2021 saja.

Model ini juga belum mampu untuk menyelesaikan permasalahan yang sangat rumit seperti menemukan masalah keamanan dalam sebuah source code.

Jadi, pengguna perlu berhati-hati saat menggunakan output dari model GPT-4, khususnya dalam konteks yang sangat penting.

Mitigasi Resiko GPT-4

Pihak OpenAI sebagai pengembang GPT-4 telah berusaha semaksimal mungkin untuk mengurangi resiko yang ditimbulkan dari model ini.

Dilansir dari laman riset OpenAI, mereka telah melibatkan lebih dari 50 ahli untuk menguji model GPT-4 dan mengumpulkan data tambahan untuk meningkatkan kemampuannya.

Hasilnya, mereka telah melakukan banyak perbaikan di model ini, salah satunya dapat menolak permintaan yang berbahaya dari pengguna.

GPT-4 diklaim 82% lebih kecil kemungkinannya untuk memberikan jawaban yang tidak sesuai dibandingkan GPT-3, terutama pada topik yang sensitif seperti medis.

Sudah Tersedia di Bing dan ChatGPT

GPT-4 saat ini sudah bisa digunakan di mesin pencari Bing dan ChatGPT.

Microsoft mengkonfirmasi hal ini melalui laman resminya bahwa versi terbaru dari Bing Chat sudah menggunakan model GPT-4.

Sedangkan untuk ChatGPT, saat ini hanya pengguna yang berlangganan ChatGPT Plus saja yang bisa mencoba model terbaru GPT-4 ini.

Selain itu, para pengembang yang ingin menggunakan API dari GPT-4 juga diharuskan untuk mendaftar pada waitlist OpenAI.

Pengguna ChatGPT versi gratis mungkin harus menunggu beberapa hari atau minggu lagi untuk bisa mencoba GPT-4.

Jika sudah tidak sabar, maka pengguna bisa mengupgrade akun ChatGPT mereka menjadi ChatGPT Plus dengan membayar sebesar $20 atau sekitar Rp 300.000 per bulannya.

Infinix INBook X2 Gen 11 Rilis di Indonesia dengan Harga 6 Jutaan

Bocoran Samsung Galaxy A25 5G, Punya Kamera Utama 50MP!

WhatsApp Kini Bisa Kirim Pesan Video Singkat Mirip Snapchat

Huawei P60 Pro Dinobatkan Sebagai Ponsel dengan Kamera Terbaik!

Spesifikasi Utama Vivo X Fold2 Telah Muncul di Geekbench

Asus ROG Ally Akhirnya Akan Resmi Dirilis Secara Global

Bocoran Realme 11 Pro yang Lulus Sertifikasi BIS, Segera Rilis?

iPhone 15 Pro Max Akan Dibekali Lensa Periskop dengan Zoom 6x