Opera Luncurkan Fitur "Shorten", ChatGPT di Menu Sidebar

Opera Luncurkan Fitur “Shorten”, ChatGPT di Menu Sidebar

Tak mau ketinggalan tren AI, kini Opera juga menambahkan fitur ChatGPT di browsernya. Fitur yang bernama Shorten ini rencananya akan dirilis dalam waktu dekat.

Produk artificial intelligence (AI) buatan OpenAI, ChatGPT kini tengah menjadi pembahasan hangat usai banyak browser dan search engine mulai menggunakan fitur berupa Chatbot tersebut.

Setelah Microsoft dan Google mengimplementasikan teknologi Chatbot pada mesin pencariannya, kini giliran Opera yang dikabarkan akan pasang browsernya dengan fitur ChatGPT.

Dikutip dari laman blog resmi Opera, browser tersebut menambah fitur ChatGPT pada bagian sidebar-nya dan berfungsi menghasilkan ringkasan singkat halaman web dan artikel yang dibuka oleh pengguna.

Fitur ChatGPT yang diberi nama “Shorten” ini terletak di sebelah kanan bilah alamat (sidebar).

Dari sana, sidebar dengan ChatGPT akan muncul dari kiri, yang kemudian pengguna bisa mendapat hasil berupa ringkasan artikel atau halaman web yang sedang dikunjungi.

Jangan kaget jika fitur ini belum tersedia di browser Opera, karena memang dari pihak Opera sendiri belum meluncurkan “Shorten” secara resminya.

Namun tidak perlu khawatir karena menurut informasi dari The Verge, “Shorten” akan segera dirilis dalam waktu dekat.

Opera sendiri juga tengah mengerjakan fitur dengan teknologi AI lainnya guna meningkatkan pengalaman baru dalam berselancar di internet.

Nantinya, “Shorten” tidak hanya bisa diakses melalui browser PC saja. Tetapi juga bisa diakses melalui smartphone sehingga memudahkan pengguna untuk mencoba fitur tersebut dimanapun dan kapan pun.

“Opera juga mengambil langkah untuk memperluas program AI yang ada ke AIGC untuk produk browser, berita, dan game melalui solusinya sendiri dan kemitraan baru serta yang sudah ada”, tulis Opera.

“Ketertarikan pada layanan AI telah melonjak dengan ChatGPT baru-baru ini melampaui 100 juta pengguna dalam waktu singkat. Integrasi AI Opera yang akan datang mengikuti rekam jejak browser dalam memberi pengguna akses langsung ke platform internet yang paling diminati, seperti TikTok, Telegram, dan WhatsApp”, lanjutnya.

Co-CEO Opera, Song Lin mengatakan bahwa ini saat yang tepat untuk Opera meningkatkan performanya menjadi browser yang didukung oleh teknologi AI.

“Mengikuti minat besar pada alat AI generatif, kami percaya sekarang saatnya bagi browser untuk meningkatkan dan menjadi pintu gerbang ke web yang didukung AI”, ucap Song Lin.

Opera juga memutuskan untuk melihat peluang ini dari sudut lain dan mengembangkan solusi AI dengan menyaring semua konten dan meringkasnya untuk pengguna dengan cara yang relevan.

iPad Baru dan Apple Pencil 3 Akan Segera Hadir Dalam Waktu Dekat!

Ada beberapa pendapat tentang peluncuran produk baru Apple satu ini. Ada yang meyakini Apple Pencil 3 akan lebih dulu diumumkan alih-alih iPad baru.

Google Chrome Akhiri Dukungan untuk Android 7 Nougat

Pengguna Android 7 atau Android Nougat tidak akan mendapatkan pembaruan Google Chrome lagi dan harus terhenti di versi Chrome 119.

Segera Hadir, X Premium Bakal Punya Fitur Panggilan dan Video Call

Kode back-end aplikasi X menunjukkan bahwa fitur audio dan video call hanya untuk pengguna X Premium.

Mulai Oktober, Gmail Bakal Punya Fitur Reaksi dengan Emoji

Membalas Gmail bisa lebih cepat dengan memberikan reaksi berupa emoji. Fitur ini akan diluncurkan bertahap mulai Oktober mendatang.

Saingi X, Threads Bakal Hadirkan Fitur Trending Topic

Threads diklaim tengah mengembangkan fitur trending topic. Hal ini diketahui dari informasi yang tidak sengaja diunggah karyawan Meta.

Microsoft Luncurkan Marketplace Pass Minecraft, Segini Biayanya!

Microsoft luncurkan fitur marketplace pass untuk game Minecraft yang memiliki 150 lebih konten berlangganan.