Google Chrome Akhiri Dukungan untuk Android 7 Nougat

Google Chrome Akhiri Dukungan untuk Android 7 Nougat

Pengguna Android 7 atau Android Nougat tidak akan mendapatkan pembaruan Google Chrome lagi dan harus terhenti di versi Chrome 119.

Google Chrome telah menjadi web browser paling banyak digunakan di perangkat seluler maupun desktop selama satu dekade terakhir.

Pertama kali dirilis dalam kondisi stabil pada tahun 2008, butuh waktu empat tahun bagi Google Chrome untuk merilis versi pertama di Android dengan Chrome 18 pada akhir tahun 2012.

Sejak itu, Google Chrome secara konsisten menjadi browser berbasis aplikasi seluler yang paling banyak digunakan di dunia.

Hal ini bahkan berlaku pada perangkat iOS, yang terus-menerus berjuang untuk supremasi dengan Safari Apple di wilayah asalnya.

Di sisi lain, Android 7.0 atau Android Nougat dirilis pada tahun 2016. 

Saat ini, hanya 2,6% pengguna yang masih menggunakan ponsel dengan sistem operasi Android 7.0 Nougat atau 7.1 Nougat.

Sementara itu, Android 13 menjadi sistem operasi Android yang paling banyak digunakan dan diinstal pada 22,4% pengguna dari semua perangkat.

Baru-baru ini tepatnya pada bulan September, Google Chrome versi 117 telah mendapat sentuhan Material You.

Bagi pengguna yang belum mengupgrade ponsel Android mereka dan masih menggunakan Android 7.0 atau Android Nougat, dukungan Chrome akan menghilang sepenuhnya.

Di halaman rilis Google Chrome Enterprise and Education yang terakhir diperbarui pada tanggal 25 Oktober, di bagian ‘segera hadir’ tertulis Google Chrome 120 tidak akan mendukung Android Nougat.

Google Chrome 120 akan segera rilis dalam versi stabil pada tanggal 6 Desember.

Sementara itu, Chrome 119 yang baru saja dirilis lebih cepat dari biasanya akan menjadi versi Google Chrome terakhir untuk Android Nougat.

Setengah tahun sebelumnya, Google juga mengumumkan bahwa Android 6.0 atau Android Marshmallow kehilangan dukungan Chrome dengan dirilisnya versi 107.

Bagi mereka yang menjalankan sistem operasi lebih baru, Chrome 120 akan disisipi banyak pembaruan.

Bagi pengguna yang masih bertahan dengan Nougat tentu harus puas dengan versi terakhir Chrome yang bisa dimiliki di sistem operasi tersebut.

Bahkan, jika Google menghentikan pembaruan Chrome untuk Android 8.0 Oreo tahun depan, hal itu tidak lagi mengejutkan.

Apple Akan Rilis iOS 17.3 Minggu Depan, Ini Fitur Barunya!

Tidak lama lagi, Apple akan segera merilis iOS 17.3 yang membawa tiga fitur baru demi keamanan dan kenyamanan pengguna.

Samsung Galaxy S24 Ultra Akan Hadirkan Sensor Kamera 200MP

Samsung Galaxy S24 Ultra dikabarkan akan memiliki sensor kamera 200 MP dan serangkaian fitur canggih lainnya.

Catat! Daftar HP Samsung Ini Tidak Akan Dapat Update One UI 6.0

Samsung akan segera hadirkan update One UI 6.0 berbasis Android 14. Namun, beberapa seri ponsel ini tidak akan mendapatkannya. Apa saja?

Pindah ke YouTube Music, Google Podcast Akan Ditutup Tahun 2024

Layanan Google Podcast akan dihentikan pada tahun 2024 dan dialihkan ke YouTube Music. Google juga akan menyediakan alat untuk bermigrasi.

YouTube Tindak Tegas Kejahatan dengan Deepfake AI

Konten YouTube yang menggunakan deepfake AI untuk menghasilkan suara mengerikan tentang korban kematian anak-anak akan segera ditindaklanjuti.

Saingi X, Threads Bakal Hadirkan Fitur Trending Topic

Threads diklaim tengah mengembangkan fitur trending topic. Hal ini diketahui dari informasi yang tidak sengaja diunggah karyawan Meta.