Pindah ke YouTube Music, Google Podcast Akan Ditutup Tahun 2024

Pindah ke YouTube Music, Google Podcast Akan Ditutup Tahun 2024

Layanan Google Podcast akan dihentikan pada tahun 2024 dan dialihkan ke YouTube Music. Google juga akan menyediakan alat untuk bermigrasi.

Melalui pengumuman resmi, Google mengungkapkan bahwa layanan Google Podcast akan dihentikan pada tahun 2024.

Penikmat podcast nantinya akan dialihkan ke YouTube Music dengan tujuan untuk menyalurkan lebih banyak perhatian terhadap platform streaming musik tersebut.

Peralihan Google Podcast ke YouTube Music memang sempat terdengar sebelumnya.

Pada April tahun ini, Google juga mengumumkan bahwa YouTube Music mulai mendukung podcast di AS tanpa keanggotaan berbayar.

Pengguna bisa mendengarkan podcast secara offline di latar belakang sambil beralih antara versi audio dan video di YouTube Music.

Sebagai bagian dari promosi podcast, YouTube mengumumkan podcast akan tersedia di YouTube Music secara global sebelum akhir tahun 2023.

Demi memberikan kemudahan bagi pengguna Google Podcast agar bisa bermigrasi ke YouTube Music, Google menawarkan alat migrasi dan fitur untuk menambahkan umpan RSS podcast ke perpustakaan YouTube Music.

Hal itu termasuk acara yang saat ini tidak di-hosting oleh YouTube. 

Saat ini, alat migrasi yang dimaksud belum tersedia lantaran masih dalam pengerjaan.

Google mengungkap alat tersebut akan dikerjakan dalam beberapa minggu dan bulan mendatang sebelum diluncurkan ke semua pengguna.

Selain itu, Google juga akan menyediakan opsi untuk mengunduh file OPML langganan acara di Google Podcast yang dapat diunggah ke aplikasi apapun yang mendukung impor jika pengguna Google Podcast tidak ingin beralih ke YouTube Music.

Google sadar bahwa transisi tersebut akan membutuhkan waktu.

Meski demikian, hal itu adalah upaya perusahaan untuk membangun produk yang luar biasa dengan tujuan memberikan penghargaan kepada podcaster dan memberikan pengalaman berharga kepada pendengar.

Google Podcast sendiri diluncurkan di Android pada tahun 2018.

Pengguna bisa mendengarkan podcast secara gratis sekaligus menerima rekomendasi sesuai minat.

Platform tersebut kemudian didesain ulang pada tahun 2020 dan tersedia di iOS, web, Windows, dan macOS.

YouTube menulis, “Menantikan tahun 2024, kami akan meningkatkan investasi kami dalam pengalaman podcast di YouTube Music.”

“Nanti pada tahun 2024, sebagai bagian dari proses ini, kami akan menghentikan Google Podcast,” tambah YouTube.

Untuk saat ini, pengguna masih bisa mengakses YouTube, YouTube Music, dan Google Podcast tanpa ada perubahan apapun.

Instagram Rilis Fitur ‘Sharing to Reels’ untuk Pengembang Aplikasi

Pengguna kini bisa mengunggah Reels Instagram langsung dari aplikasi pihak ketiga tanpa harus mengunduhnya terlebih dulu ke perangkat.

Google Camera Resmi Berubah Jadi ‘Pixel Camera’ di Play Store

Aplikasi Google Cameral kini berganti menjadi Pixel Camera. Hal ini dilakukan untuk membuat Pixel Camera terus eksklusif untuk perangkat Pixel.

Windows 12 Dikabarkan Rilis Tahun 2024, Punya Banyak Fitur AI!

Windows versi baru dikabarkan akan rilis tahun 2024. Meski belum diumumkan secara resmi, versi ini digadang-gadang menjadi Windows 12.

Rumor Oppo Find X7 Pro: Tanggal Rilis, Harga, & Spesifikasi

Oppo dikabarkan akan meluncurkan produk terbarunya, yaitu Oppo Find X7 Pro. Berikut bocoran tanggal, harga, dan spesifikasinya.

Instagram Akan Hadirkan Fitur untuk Matikan Tanda DM Telah Dibaca

Instagram tengah menguji fitur untuk mematikan tanda telah dibaca pada DM. Perubahan ini akan berdampak cukup besar pada privasi penerima pesan.

Pengguna Threads Kini Bisa Hapus Post yang Muncul di Instagram & Facebook

Pengguna kini bisa memilih apakah ingin menampilkan postingan Threads di fitur carousel For You on Threads di Instagram dan Facebook atau tidak.