Desktop

Apa itu Desktop?

Desktop adalah tampilan layar utama pada PC yang biasanya berisi objek (shortcut) yang sering ditemukan di meja kerja seperti dokumen, buku telepon, folder pekerjaan, software Microsoft Office (pada Windows), dll.

Meskipun begitu, kalian juga bisa meletakkan berbagai shortcut yang bersifat informal seperti game atau film supaya lebih praktis.

Begitupun sebaliknya, kalian juga bisa untuk tidak meletakkan shortcut apapun pada desktop supaya tampilan/wallpaper desktop bisa terlihat dengan jelas.

Selain itu, software-software yang kalian unduh dan install biasanya juga akan membuat shortcutnya sendiri secara otomatis.

Jika kalian menggunakan Microsoft Windows maka biasanya software-software bawaan dari Microsoft juga akan langsung terpampang pada desktop.

Sejarah Desktop

Konsep dari desktop sendiri sebenarnya sudah ada lebih lama sebelum OS Microsoft Windows diciptakan.

Pada tahun 1984, suatu perusahaan teknologi yang bernama Tandy merilis desktop berbasis teks yang bernama Deskmate.

Mirip seperti desktop di zaman modern, deskmate ini juga digunakan untuk membuka aplikasi dan dokumen.

Sementara itu, Microsoft baru merilis debut OS nya yakni Windows 1.0 di penghujung 1985.

Sebenarnya desktop pada Windows 10 sekalipun juga masih memiliki kemiripan dengan windows versi lama, yakni pada GUI (Graphical User Interface) nya.

Namun seiring berjalannya waktu, Windows terus mengembangkan teknologi desktopnya dengan meningkatkan resolusi video dan kedalaman warnanya.

Salah satu contoh perubahan yang paling signifikan adalah dengan dikenalkannya konsep Active Desktop yang dirilis pada tahun 1997 dan pertama kali digunakan pada Windows 98.

Konsep active desktop ini menampilkan konten HTML secara langsung pada desktop.

Fungsi Desktop

Secara umum, desktop memang berfungsi mirip seperti meja kerja yang mana kita dapat menaruh berbagai dokumen dan peralatan kerja.

Jika semua peralatan kerja bisa diletakkan dan disusun secara rapi pada suatu tempat seperti desktop, maka tentunya pekerjaan akan jadi lebih efisien.

Dengan begitu, kita bisa simpulkan beberapa fungsi desktop sebagai berikut:

Mempermudah Pekerjaan

Pada desktop, kamu bisa meletakkan dan menghapus shortcut apapun yang kita mau.

Dengan begitu, kamu bisa meletakkan berbagai macam software, file, dan dokumen yang berhubungan dengan pekerjaan atau hobi mu, dan menghapus shortcut yang kurang relevan dengan kebutuhanmu.

Kamu juga bisa meletakkan file tugas/pekerjaan yang urgent atau yang sudah mepet deadline supaya kamu tidak lupa untuk mengerjakannya.

Memperindah Tampilan Laptop

Kamu bisa berkreasi pada desktop mu dengan memasang wallpaper.

Biasanya beberapa orang memasang wallpaper laptop dengan gambar-gambar yang estetik seperti pemandangan, karya seni, hasil desain, dll.

Selain itu juga ada beberapa orang yang memasang wallpaper dengan foto keluarganya, sehingga mereka cenderung mengosongkan desktop dari shortcut supaya wallpapernya bisa terlihat jelas.

Tips Untuk Menampilkan Desktop

Biasanya desktop akan selalu tampil saat awal-awal menyalakan PC.

Namun desktop akan berjalan di belakang layar saat kita sedang membuka suatu software.

Nah untuk membuka desktop kembali kalian tidak perlu menutup semua software yang kalian buka.karena sebenarnya ada shortcut untuk membuka desktop kembali.

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan menekan Win + R pada keyboard.

Namun jika keyboard kalian sedang bermasalah, maka kalian bisa mengklik tombol “show desktop” yang terletak di kanan bawah taskbar.

Dengan melakukan salah satu cara tersebut,maka desktop akan kembali terbuka tanpa harus menutup atau meminimize semua software yang sedang berjalan.


Kutip Istilah Ini

Verdianto, Dwi Arizki. 2023. “Desktop - Pengertian, Sejarah, dan Fungsinya”. Teknogram. Diakses 19 Juli 2024. https://teknogram.id/kamus/desktop/

Berhasil Disalin

Dwi Arizki Verdianto

Dwi adalah penulis dan editor di Teknogram. Dia merupakan seorang web developer dengan keahlian utama di bidang pengembangan web, open source, dan sistem operasi.

Android

Android adalah merek sistem operasi (OS) buatan Google yang...

SIP

SIP (Session Initiation Protocol) adalah protokol pensinyalan yang...

DDL

DDL (Data Definition Language) adalah bahasa untuk mendeskripsikan...

PABX

PABX (Private Automatic Branch eXchange) adalah seperangkat teknologi...

SSD

SSD atau Solid State Drive adalah salah satu...

Notepad

Notepad adalah suatu text editor sederhana yang terdapat...