Taskbar

Apa itu Taskbar?

Taskbar adalah suatu elemen pada OS yang terletak di bagian bawah layar yang berguna dalam menampilkan shortcut dari berbagai aplikasi.

Dengan adanya taskbar, kalian bisa langsung membuka suatu aplikasi tanpa harus repot-repot mencari lokasi nya.

Selain itu, taskbar juga akan menampilkan shortcut dari  aplikasi yang sedang kalian jalankan. Misal kalian sedang membuka Google Chrome, maka shortcut nya juga akan muncul pada taskbar.

Di samping kanan taskbar terdapat suatu area notifikasi yang menampilkan berbagai informasi seperti tanggal dan waktu, cuaca, dan aplikasi-aplikasi yang berjalan di belakang layar.

Pada OS Microsoft Windows, taskbar pertama kali muncul pada Windows 95. Sejak saat itu, taskbar selalu tersedia di semua versi Windows setelahnya.

Fungsi Taskbar

Fungsi utama taskbar tentunya adalah untuk menampilkan shortcut aplikasi di bawah layar supaya kita bisa membukanya dengan lebih praktis. Selain itu, taskbar juga akan menampilkan aplikasi yang sedang dibuka.

Meski demikian, ternyata fungsi taskbar lebih dari itu. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari taskbar:

  • Jika kalian menggunakan windows 7 atau 10, maka kalian akan menemukan tombol start di sebelah kiri taskbar. Nah, dengan mengklik kanan tombol start, kalian bisa mengakses berbagai fitur seperti device manager dan disk management.
  • Selain itu, pada tombol start juga terdapat kolom search box. Nah di kolom ini kalian bisa mencari aplikasi dan dokumen apapun yang ada pada PC kalian.
  • Dengan mengklik kanan shortcut aplikasi pada taskbar, kalian bisa melihat informasi mengenai aplikasi itu. Misalnya jika kalian mengklik kanan Google Chrome, maka kalian bisa melihat history pencarian yang kalian buka.
  • Di sebelah kanan taskbar juga terdapat informasi mengenai tanggal, jam, baterai laptop, koneksi internet, volume, dll.

Opsi pada Taskbar

Karena fungsi utama taskbar adalah menampung berbagai shortcut aplikasi, maka tentunya taskbar juga punya berbagai opsi untuk menampung shortcut tersebut.

Berikut ini adalah 3 opsi yang ada pada taskbar:

When Taskbar Is Full

Opsi ini akan terlaksana jika kamu membuka banyak sekali jendela aplikasi. Misalnya saat kamu membuka Microsoft Excel sampai 5 jendela sekaligus.

Semakin banyak jendela yang dijalankan, maka taskbarnya juga akan tambah penuh. Jika taskbar sudah penuh, maka maka jendela aplikasinya akan terkumpul dan hanya memunculkan nama filenya saja.

Never

Opsi ini mirip dengan opsi sebelumnya. Hanya saja jika jendela yang dibuka terlalu banyak maka jendela-jendelanya tetap akan tampil terpisah dan tidak terkumpul jadi satu.

Oleh karena itu, jika kamu membuka hingga 20 jendela sekalipun juga tidak jadi masalah.

Kecuali spek laptopmu memang tidak cukup tinggi, sehingga bisa menyebabkan lag atau error.

Always Hide Label

Opsi ini seperti gabungan antara opsi nomor 1 dan 2, dimana seluruh jendela yang berasal dari setiap software akan memiliki taskbarnya masing-masing.

Sebagai contoh jika kamu membuka 10 jendela Chrome, 5 jendela Excel, dan 3 jendela Word, maka setiap aplikasi tersebut hanya memiliki 1 icon saja pada taskbar.


Kutip Istilah Ini

Verdianto, Dwi Arizki. 2023. “Taskbar - Pengertian, Fungsi, dan Cara Penggunaannya”. Teknogram. Diakses 19 Mei 2024. https://teknogram.id/kamus/taskbar/

Berhasil Disalin

Dwi Arizki Verdianto

Dwi adalah penulis dan editor di Teknogram. Dia merupakan seorang web developer dengan keahlian utama di bidang pengembangan web, open source, dan sistem operasi.

Program Aplikasi

Program aplikasi adalah suatu program komputer yang dirancang...

Shutdown

Shutdown adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan proses...

Desktop

Desktop adalah tampilan layar utama pada PC yang...

PSD

PSD (Adobe Photoshop Document) adalah salah satu format...

OneDrive

Apa itu OneDrive? OneDrive adalah layanan cloud yang...

Android

Android adalah merek sistem operasi (OS) buatan Google yang...