Homepage

Apa itu Homepage?

Homepage adalah halaman utama yang berperan sebagai tampilan pembuka pada suatu website.

Homepage ini sangat penting karena akan menjadi halaman pertama yang dilihat oleh pengunjung saat membuka suatu web.

Oleh karena itu banyak pengelola website yang berlomba-lomba untuk mempercantik tampilan homepage mereka guna menarik lebih banyak trafik.

Homepage sendiri terletak di direktori website yang paling dasar.

Biasanya homepage berisi menu-menu utama yang akan mengarahkan pengunjung untuk menggali lebih dalam apa saja yang ada pada web tersebut.

Contoh menu yang ada pada homepage antara lain: “tentang” (berisi deskripsi atau profil singkat dari website tersebut), kontak, produk, layanan, dan kolom pencarian.

Untuk website yang berbasis sosial media, biasanya istilah homepage lebih dikenal sebagai beranda.

Manfaat Homepage

Beberapa website lebih memilih untuk membuat landing page agar bisa menarik banyak pengunjung untuk menggunakan jasa/barang yang ditawarkan web tersebut.

Padahal nyatanya website yang mengutamakan landing page tidak berkembang lebih cepat daripada website yang mengoptimasi homepage.

Mengoptimasi homepage merupakan strategi jangka panjang karena homepage akan menjadi pintu masuk bagi visitor sebelum melihat konten atau jasa yang disediakan oleh web tersebut.

Nah berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengoptimasi homepage:

Tampilan Web Menjadi Lebih Rapi dan Terorganisir

Beberapa homepage terkadang memiliki display yang kurang rapi dan malah membingungkan pengunjungnya.

Bahkan backlink yang disertakan pada homepage juga ada yang tidak berfungsi.

Di sinilah manfaat dari mengoptimasi homepage, yaitu agar tampilan page nya lebih rapi dan terorganisir.

Mempermudah A/B Testing

Melansir dari Harvard Business Review, A/B testing merupakan metode untuk membandingkan 2 versi guna mencari tahu mana yang lebih baik.

Sementara itu, homepage yang kurang teratur akan menghambat pengumpulan insight dari A/B testing. 

Padahal, A/B testing dapat meningkatkan conversion rate visitor menjadi customer.

Mempererat Hubungan Dengan Pengunjung Web

Jika kamu menggunakan web untuk berbisnis, maka sangat penting bagimu untuk membangun relasi dengan customer agar bisnismu bisa dipercaya.

Terlepas dari bisnis yang kamu jalani baik B2B (business-to-business) maupun B2C (Business-to-consumer), optimasi homepage sangat penting agar mendapat first impression yang baik, sehingga personal branding juga akan meningkat.

Perbedaan Homepage dan Landing Page

Karena landing page tadi sudah disebutkan di poin sebelumnya, pasti dari kalian ada yang bertanya-tanya apakah homepage dan landing page itu sama?

Nah jawabannya adalah, keduanya merupakan 2 hal yang berbeda, terutama dari tujuannya.

Tujuan dari landing page sendiri adalah untuk mengonversi visitor menjadi penawaran dengan berbagai macam cara seperti subscribe, form, hingga pembelian produk.

Sedangkan tujuan dari homepage adalah untuk mengenalkan bisnis kita lebih jauh pada pengunjung.

Selain tujuan, target pengunjung dari landing page dan homepage juga berbeda.

Biasanya target pengunjung landing page lebih spesifik dan lebih digunakan untuk iklan, sedangkan homepage target pengunjungnya lebih umum.

Contoh Homepage

Hampir semua website baik itu sosial media, e-commerce, portal berita, web perusahaan pasti  memiliki homepage nya sendiri dengan karakteristiknya masing-masing. 

Kami akan mengambil Facebook sebagai contoh sosial media karena masih banyak orang yang mengakses sosial media ini lewat web, tidak seperti Instagram atau Tiktok yang kebanyakan diakses lewat apps.

Bisa dilihat bahwa tampilan homepage Facebook sangat simpel dengan warna khasnya yakni biru dan hijau, sehingga pengunjung tidak akan bingung untuk melakukan login.

Untuk E-commerce kami akan mengambil Shopee sebagai contohnya.

Bisa kita lihat, bahwa homepage Shopee sangat penuh dengan berbagai kategori produk dan layanan yang ditawarkan.

Selain itu untuk menggaet customer, Shopee juga tak lupa menambahkan promo flash sale pada homepage nya supaya pengunjung bisa tertarik.

Contoh lain homepage juga bisa ditemukan di salah satu portal berita paling tersohor di dunia, yaitu BBC.

Pada homepage BBC terdapat headline berita-berita terkini dengan berbagai topik berita di bagian atas.

Hal ini tentunya akan memudahkan pengunjung untuk bisa membaca berita dengan topik yang disenangi.


Kutip Istilah Ini

Verdianto, Dwi Arizki. 2023. “Homepage - Pengertian, Manfaat, dan Contohnya”. Teknogram. Diakses 3 Desember 2024. https://teknogram.id/kamus/homepage/

Berhasil Disalin

Dwi Arizki Verdianto

Dwi adalah penulis dan editor di Teknogram. Dia merupakan seorang web developer dengan keahlian utama di bidang pengembangan web, open source, dan sistem operasi.

Tracert

Tracert atau Traceroute adalah sebuah tools atau perintah...

Outlook

Outlook adalah sebuah aplikasi perpesanan elektronik buatan Microsoft...

Screen to Body Ratio

Screen to body ratio adalah perbandingan antara ukuran...

Aspect Ratio

Aspect ratio atau aspek rasio adalah perbandingan ideal...

Primary Key

Primary key adalah nilai unik dalam suatu tabel...

PCB

PCB (Printed Circuit Board) adalah sebuah medium berbentuk...