Collision

Apa itu Collision?

Collision adalah hasil dari transmisi data antara 2 atau lebih perangkat di ethernet yang sama secara serentak, yang mana data tersebut akan terpecah menjadi beberapa fragmen untuk ditransmisikan kembali.

Nah pada saat data tersebut ditransmisikan lah akan terjadi tabrakan, khususnya pada protokol jaringan ethernet.

Biasanya, jaringan akan mendeteksi jika terjadi tabrakan data lalu data-data tersebut akan disingkirkan.

Ethernet sendiri menggunakan metode CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/ Collision Detect) supaya perangkat domain bisa mengirim data secara bergantian.

Saat suatu perangkat ingin mengirim data, perangkat tersebut akan mengecek apakah sinyal nya sedang tersedia atau tidak.

Jika sedang tersedia maka perangkat bisa langsung mengirim data, namun jika tidak maka perangkat akan menunggu sampai sinyalnya tersedia.

Namun, dalam beberapa kasus 2 perangkat juga bisa mengirim data secara bersamaan, yang mana akan menyebabkan collision.

Jenis-Jenis Collision

Meskipun sudah banyak orang yang mengetahui risiko terjadinya collision pada jaringan berbasis ethernet, namun masih ada yang belum tahu kalau Collision itu ada 2 jenis.

2 jenis dari Collision adalah early collision dan late collision, berikut ini adalah penjelasannya:

Early Collision

Early collision adalah tabrakan data yang terjadi sebelum frame data yang berukuran 512 bit dikirimkan ke saluran komunikasi.

Untuk membayangkannya, kita asumsikan terdapat Station A dan B.

Station A mulai mengirimkan frame data nya dengan preamble 64 bit, lalu station A mendeteksi adanya volt yang tidak normal pada kabel, yang menandakan ada tabrakan data yang sedang terjadi.

Tak lama setelah itu, station B juga mengirim frame data dengan preamble 64 bit, lalu station B juga mendeteksi adanya tabrakan data pada kabel.

Di titik terjadinya tabrakan, aliran listrik akan mengalami overlap dan menciptakan voltase yang tidak wajar, lalu voltase tersebut akan mengalir lagi ke Stasiun A dan B.

Meskipun begitu, biasanya early collision akan terus terjadi secara normal pada jaringan ethernet supaya pengiriman data secara bersamaan tidak terjadi lagi.

Late Collision

Berbeda dengan early collision, terjadinya late collision bukan sesuatu yang normal dan biasanya disebabkan karena adapter yang bermasalah.

Late collision sendiri adalah tabrakan data yang terjadi setelah frame data yang berukuran 512 bit sudah ditransmisikan ke saluran komunikasi.

Proses terjadinya late collision sebenarnya cukup mirip dengan early collision, hanya saja  pada late collision salah satu station nya tidak akan mendeteksi adanya tabrakan data.

Penyebab lain dari late collision adalah kartu jaringan yang mengalami malfungsi, sehingga kartu jaringan tidak bisa mendeteksi adanya tabrakan data. 

Cara Mencegah Collision

Saat collision terjadi, jaringan akan terganggu dan akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengguna.

Salah satu cara untuk mengatasi collision adalah dengan mengganti Hub dengan Switch LAN yang memang lebih efisien.

Switch sendiri akan memperlakukan port secara terpisah dari BUS, sehingga collision bisa dihindari.

Lebih dari itu, Switch juga memiliki buffer memori yang berfungsi untuk menahan frame data yang dikirim. 

Dengan kata lain, jika terdapat 2 data yang dikirim secara bersamaan, switch akan meloloskan salah satunya.

Kutip Istilah Ini

Verdianto, Dwi Arizki. 2023. “Collision - Pengertian, Jenis, dan Cara Mencegahnya”. Teknogram. Diakses 2 February 2023. https://teknogram.id/kamus/collision/

Berhasil Disalin

XD

Adobe XD adalah sebuah software yang dikembangkan oleh Adobe Inc...

Mouse

Mouse adalah sebuah perangkat input yang digunakan untuk mengendalikan pergerakan...

OneDrive

Apa itu OneDrive? OneDrive adalah layanan cloud yang dibangun dan...

Floppy Disk

Floppy disk adalah salah satu media penyimpanan komputer lawas yang...