Adobe Reader

Apa itu Adobe Reader?

Adobe Reader adalah salah satu software yang dikembangkan oleh Adobe Inc yang berfungsi untuk membuka dan membaca dari file berformat PDF (Portable Document Format). 

Adobe Reader dapat diunduh dari situs web Adobe secara gratis atau juga dapat diperoleh dari sumber lain selama memenuhi persyaratan lisensi Adobe. 

Dokumen PDF biasanya terdiri atas gambar dan teks. Selain itu, terdapat juga tombol interaktif, hyperlink, font, video, dan banyak lagi.

Selain melihat file PDF, Adobe Reader juga memungkinkan pengguna untuk melakukan banyak hal seperti mencetak file PDF, melengkapi formulir, mengomentari dokumen, mengkonversi PDF ke Word atau Excel, menandatangani dan mengesahkan formulir.

Adobe Reader bukan satu-satunya software yang dapat digunakan untuk membuka dokumen PDF, namun software inilah yang paling populer dan dipilih oleh banyak pengguna.

Adobe Reader tersedia di perangkat Windows dan MacOS. Adapun saat ini, Adobe Reader tersedia juga di aplikasi smartphone berbasis Android dan iOS.

Fungsi Adobe Reader

1. Membaca dan Melihat File PDF

Fungsi utama Adobe Reader adalah untuk membaca file berformat PDF.

2. Mengisi Formulir

Adobe Reader memungkinkan pengguna mengisinya menggunakan Adobe Reader.

3. Menandatangani PDF

Fitur Extended Rights digunakan untuk menandatangani dokumen PDF. Pilih Sign di bawah menu Document lalu Sign Document. 

4. Review dan Komentar 

Dengan menggunakan tools Comment and Markup, Adobe Reader juga bisa digunakan untuk menyematkan komentar dengan fitur Sticky Notes, Stamp dan Text Editing.

5. Melindungi File dari Plagiarisme 

Fungsi berikutnya dari Adobe Reader adalah kemampuannya untuk melindungi hak cipta dokumen dari plagiarisme. Hal ini dikarenakan proses edit dokumen PDF mulai dari isi teks hingga desain dari dokumen tersebut sangat sulit.

Jika pengguna ingin membagikan dokumen secara luas tanpa mengizinkan adanya proses editing dokumen, pengguna dapat menyimpan dokumen dalam format PDF.

Fitur Adobe Reader

  • Sticky Notes adalah fitur yang berfungsi untuk menambah komentar atau catatan kecil di dalam dokumen PDF.
  • Highlight adalah fitur yang berfungsi untuk memberikan warna tertentu pada kata atau kalimat penting dalam suatu dokumen PDF.
  • Pengisian formulir adalah fitur yang memudahkan pengguna untuk mengisi dokumen secara langsung melalui komputer seperti saat kamu mengisi formulir cetak.
  • Comment tool adalah fitur untuk menampilkan atau meninggalkan catatan. 
  • Industry-Leading Security adalah fitur yang hadir untuk memproteksi data dan software komputer dari kode yang tidak diinginkan dengan Protected Mode in Reader.
  • Portofolio PDF adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat kumpulan dokumen PDF yang umumnya berupa konten portofolio yang berisi gambar, teks, hingga video. 
  • Flash technology adalah fitur yang membantu pengguna melakukan interaksi antar pengguna yang disediakan oleh Adobe Flash® technology.
  • Dokumen PDF berkualitas tinggi, yang berarti kualitas dokumen PDF tetap bagus dan tidak pecah walaupun diakses melalui ponsel. 
  • Akses menyeluruh adalah fitur yang memungkinkan pengguna melihat data PDF dalam berbagai tipe konten mulai dari gambar, video, hingga data multimedia lainnya.
  • Tools operasi adalah fitur yang mengatur penggunaan Adobe Customization Wizard, IBM Tivoli, Microsoft System Center Configuration Manager (SCCM), Microsoft System Center Updates Publisher (SCUP), serta Windows Group Policy Object.
  • Fitur keamanan dari Adobe Reader dibekali oleh JavaScript.
  • Layanan online adalah fitur yang membantu pengguna mengakses layanan online melalui Acrobat.com secara langsung dari Reader X. 

Kelebihan dan Kekurangan

1. Kelebihan

Adobe Reader adalah software populer yang ringan dan mudah digunakan saat dioperasikan oleh pengguna. Software ini juga dapat diunduh secara gratis. 

Selain itu, penyimpanan file PDF di Adobe Reader tidak mengubah format suatu dokumen. Jika file PDF tersebut dibuka di sistem operasi lain, format dokumen seperti font, gambar atau paragraf akan tetap sama. 

2. Kekurangan

Pengguna yang membuka file PDF dengan Adobe Reader tidak dapat mengedit file. Pengguna mungkin bisa mengisi formulir dalam PDF, tetapi mereka tidak dapat mengubah teks atau pemformatan yang ada. 

Hal ini membuat penyimpanan file dalam format PDF tidak dianjurkan untuk dokumen yang belum selesai dikerjakan. 

Sebagai solusinya, pengguna dapat mengerjakan file di program lain lalu mengkonversinya ke PDF setelah menyelesaikannya. 

Perbedaan Adobe Reader dan Adobe Acrobat

Adobe Reader adalah program gratis yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Adobe Systems yang memungkinkan pengguna untuk melihat PDF. 

Adobe Reader adalah aplikasi lintas platform yang berarti file PDF akan terlihat sama di Windows seperti di Mac dan juga memungkinkan pencarian melalui file PDF.

Di sisi lain, Adobe Acrobat adalah versi Reader yang lebih canggih dan berbayar tetapi dengan fitur tambahan untuk membuat, mencetak, dan mengedit file PDF.


Kutip Istilah Ini

Verdianto, Dwi Arizki. 2023. “Adobe Reader - Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangannya”. Teknogram. Diakses 18 Juni 2024. https://teknogram.id/kamus/adobe-reader/

Berhasil Disalin

Dwi Arizki Verdianto

Dwi adalah penulis dan editor di Teknogram. Dia merupakan seorang web developer dengan keahlian utama di bidang pengembangan web, open source, dan sistem operasi.

FYP

FYP adalah singkatan dari For You Page, yaitu...

VoIP

VoIP (Voice Over Internet Protocol) adalah suatu teknologi...

Tracert

Tracert atau Traceroute adalah sebuah tools atau perintah...

Keyboard

Keyboard adalah suatu perangkat input peripheral yang digunakan...

Unix

Unix adalah sistem operasi yang bersifat multitasking, multiuser,...

GPU

GPU atau Graphic Processing Unit dalah salah satu...