GPT-4 Siap Rilis Minggu Depan, Jauh Lebih Canggih dari GPT-3!

GPT-4 Siap Rilis Minggu Depan, Jauh Lebih Canggih dari GPT-3!

GPT-4 siap dirilis minggu depan. Model ini diklaim lebih canggih dari GPT-3 karena memiliki kemampuan multimodal. Apa itu?

CTO Microsoft Jerman, Andreas Braun, mengkonfirmasi bahwa GPT-4 akan rilis minggu depan dan memiliki kemampuan multimodal.

Multimodal sendiri berarti GPT-4 akan mempu menerima berbagai jenis input seperti video, gambar, dan suara.

Berbeda dengan model GPT-3 yang saat ini hanya bisa menerima input berupa teks saja.

Andreas Braun mengatakan: “Kami akan memperkenalkan GPT-4 minggu depan, di mana versi ini akan memiliki model multimodal yang menawarkan sesuatu yang berbeda, misalnya seperti video”.

Direktur strategi bisnis Microsoft, Holger Kenn, juga menjelaskan tentang multimodal yang digunakan dalam GPT-4.

“Kenn menjelaskan apa itu multimodal AI, di mana model ini dapat menerjemahkan teks tidak hanya dalam bentuk gambar, namun juga musik dan video”, ungkap laporan tersebut.

Lebih Canggih dari Model Sebelumnya

Sebelumnya, sempat ada laporan bahwa Microsoft sedang mengembangkan model yang serupa bernama Microsoft Kosmos-1.

Model ini pertama kali terdengar pada awal bulan Maret 2023 di Amerika Serikat.

Berdasarkan laporan dari situs Heisei.de, model tersebut telah dilatih dan memberikan hasil tes yang baik untuk mengklasifikasikan gambar, menjawab pertanyaan dari gambar, membuat label pada gambar, hingga tugas seperti optical-text recognition.

Dari penjelasan tersebut, tampak bahwa Kosmos-1 merupakan model AI yang dikhususkan untuk mengolah input dan jawaban dalam bentuk teks dan gambar.

Dengan demikian, model GPT-4 merupakan model yang jauh lebih canggih karena tidak hanya dapat mengolah teks dan gambar saja, melainkan juga video dan suara.

Support Semua Bahasa

Menurut laporan, GPT-4 juga sudah dapat bekerja dalam seluruh bahasa serta dapat menerima input dan jawaban dengan bahasa yang berbeda.

Misalnya menerima pertanyaan dalam bahasa Jerman kemudian memberikan jawaban dengan bahasa Italia atau bahasa Indonesia.

Hal ini terdengar mirip seperti model AI buatan Google yang bernama MUM, di mana dapat memberikan jawaban dalam bahasa Inggris meskipun inputannya hanya tersedia dalam bahasa lain seperti bahasa Jepang.

Penggunaan GPT-4

Untuk saat ini, belum ada pengumuman resmi tentang di mana GPT-4 akan mulai dipergunakan.

Namun, laporan menyebutkan bahwa Azure-OpenAI akan menjadi platform prioritas untuk debut teknologi ini.

Setelah itu, kemungkinan besar GPT-4 juga akan segera dipergunakan di platform lain seperti ChatGPT atau Bing, mengingat penggunaan kedua platform ini sedang naik drastis.

Pindah ke YouTube Music, Google Podcast Akan Ditutup Tahun 2024

Layanan Google Podcast akan dihentikan pada tahun 2024 dan dialihkan ke YouTube Music. Google juga akan menyediakan alat untuk bermigrasi.

iPhone 15 Pro & Pro Max Diprediksi Akan Mengalami Kenaikan Harga

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang direncanakan rilis pada September 2023 mendatang dikabarkan akan mengalami kenaikan harga.

OPPO A2 Pro Akan Rilis 15 September, Begini Spesifikasinya!

OPPO A2 Pro akan dirilis 15 September mendatang dengan kisaran harga 4,3 jutaan. Begini detail spesifikasi yang ditawarkan.

Gelar Event Booyah Ramadhan, Free Fire Usung Tema Mabar Tahu Waktu

Free Fire mengadakan event Booyah Ramadhan dan berkolaborasi dengan Habib Jafar dengan tema Mabar Tahu Waktu.

WhatsApp Uji Coba Fitur Transcribe Voice Note di Android

WhatsApp kembali uji coba fitur baru untuk Android yaitu transcribe voice note. Seperti apa fungsinya?

Fitur Widget Layar Kunci Akan Hadir Kembali di Android 14

Android 14 versi beta akan hadir dengan fitur baru, di mana pengguna bisa menerapkan widget ke layar kunci (lock screen) mereka.