Word / Microsoft Word

Apa itu Microsoft Word?

Microsoft Word adalah suatu software yang berguna dalam pengolahan kata seperti membuat, mengedit, atau memformat dokumen.

Dengan kegunaannya tersebut, Microsoft Word bisa kita manfaatkan untuk membuat berbagai macam jenis teks seperti surat, brosur, proposal, artikel, jurnal, dan masih banyak lagi.

Di antara software-software Microsoft yang lain, Microsoft Word adalah yang paling populer dan paling banyak digunakan. Bahkan, software ini tampaknya juga sudah menjadi ikon dari Microsoft itu sendiri.

Saking populernya, sepertinya skill untuk menguasai Microsoft Word sudah menjadi persyaratan dasar di hampir semua pekerjaan kantoran.

Sejarah Microsoft Word

Pada tahun 1981, Microsoft menghire seorang perancang software asal Hungaria yang bernama Charles Simonyi. Lalu, beliau mengepalai divisi pengembangan software Microsoft Word.

Pada akhirnya, versi pertama dari Microsoft Word berhasil dirilis pada tahun 1983.

Namun di awal-awal kemunculannya, justru Microsoft Word belum langsung populer. Software ini memiliki tampilan yang sangat asing jika dibanding dengan Wordperfect, yang mana merupakan software pengolah kata terbaik saat itu.

Meskipun begitu, Microsoft Word terus mengembangkan fitur-fiturnya seiring waktu.

Pada tahun 1985, versi pertama Microsoft Word yang bisa dijalankan di platform Mac dirilis. Lalu pada tahun 1987, Microsoft Word merilis format file nya sendiri yaitu RTF (Rich Text Format).

Barulah pada tahun 2007, format docx resmi digunakan sebagai format default pada dokumen Microsoft Word.

Hingga kini, setidaknya sudah ada 1,2 milyar orang yang menggunakan Microsoft Word yang berasal dari 140 negara dengan 107 bahasa yang berbeda.

Fitur Unggulan Microsoft Word

Thesaurus

Sepertinya, masih banyak orang yang belum tahu tentang fitur ini. Thesaurus sendiri merupakan fitur pada Microsoft Word yang akan mencarikan sinonim atau antonim dari suatu kata yang kamu pilih.

Untuk menggunakan fitur ini, kalian hanya perlu memblok kata yang ingin kalian cari sinonim atau antonimnya. Lalu, pada tab review, pilih Thesaurus.

Autocorrect

Ternyata bukan hanya Google Docs saja yang memiliki fitur Autocorrect, namun Microsoft Word juga memilikinya.

Untuk menggunakan fitur ini, kalian bisa mengklik File > Options > Proofing > autocorrect option. Pada tab autocorrect, beri tanda centang pada kotak yang bertuliskan “Replace text as you type”.

Fitur ini tentunya akan sangat berguna karena bisa saja terdapat typo, kata dengan pengejaan yang salah, maupun struktur kalimat yang tidak rapi pada dokumen.

Speech to Text

Jika kalian ingin membuat sebuah teks namun sedang malas mengetik. maka Speech to Text adalah solusinya. Ya, pada Microsoft Word, kalian juga bisa membuat suatu teks hanya dengan merekam suara saja.

Untuk menggunakan fitur ini, kalian bisa mengklik tombol dictate yang terdapat pada tab home.

Setelah itu, akan muncul toolbar dan kalian bisa langsung mulai berbicara. Klik ikon microphone yang tertera untuk pause atau resume rekaman.

Clipboard Tool

Saat kalian membuat dan mengedit suatu dokumen, pasti kalian juga banyak melakukan blok, copy, dan paste pada dokumen kalian.

Nah dengan fitur Clipboard tool ini, kalian bisa melihat history dari bagian yang kalian copy/paste.

Kalian bisa mengakses fitur ini dengan mengklik tombol clipboard yang terletak di bagian kiri tab home tepat di bawah format painter. Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat gambar berikut:

Shortcut Pada Microsoft Word

Shortcut pada Microsoft Word dapat membuat pekerjaan jadi lebih efektif. Kamu bisa menggunakan fitur pada Microsoft Word hanya dengan menekan 2 sampai 3 bagian saja pada keyboard.

Sebagai contoh, jika kamu ingin menyimpan dokumen, maka kamu harus mengklik FIle > save. Namun dengan menggunakan shortcut, kamu hanya perlu menekan Ctrl + S saja.

Nah, berikut ini adalah beberapa shortcut pada Microsoft Word yang paling banyak digunakan:

  • Ctrl + A: Memblok seluruh kata pada dokumen
  • Ctrl + B: Memberi bold/ketebalan pada suatu kata
  • Ctrl + C: Copy
  • Ctrl + X: Cut
  • Ctrl + N: Membuka dokumen baru
  • Ctrl + I: Memberi italic atau huruf miring pada suatu kata
  • Ctrl + U: Memberi garis bawah pada suatu kata
  • Ctrl + V: Paste
  • Ctrl + Z: Undo
  • Ctrl + Y: Redo
  • Ctrl + F: Menemukan suatu keyword pada dokumen
  • Ctrl + S: Save

Kutip Istilah Ini

Verdianto, Dwi Arizki. 2023. “Microsoft Word - Pengertian, Sejarah, dan Fitur Unggulannya”. Teknogram. Diakses 19 Mei 2024. https://teknogram.id/kamus/word/

Berhasil Disalin

Dwi Arizki Verdianto

Dwi adalah penulis dan editor di Teknogram. Dia merupakan seorang web developer dengan keahlian utama di bidang pengembangan web, open source, dan sistem operasi.

Desain Grafis

Desain grafis adalah penciptaan komposisi visual untuk menyelesaikan...

Mac OS

Mac OS (Macintosh Operating System) adalah sistem operasi...

Google Drive

Apa itu Google Drive? Google Drive adalah suatu...

Source Code

Source code atau kode sumber adalah dasar dari...

IPS

IPS adalah singkatan dari In Plane Switching, yaitu sebuah fitur...

Foreign Key

Apa itu Foreign Key? Foreign key adalah suatu...