Google Sheets

Apa itu Google Sheets?

Google Sheet adalah suatu software yang dikembangkan oleh Google yang dapat digunakan untuk membuat tabel, mengolah data, hingga membuat perhitungan sederhana. 

Jika kamu familiar dengan Microsoft Excel, maka Google Sheet ini adalah padanannya.

Namun jika dibandingkan, maka salah satu ciri dari Google sheet yang paling menonjol dibanding Excel adalah kemudahannya dalam kolaborasi antar pengguna.

Meskipun begitu, kamu harus menggunakan koneksi internet agar bisa menggunakan software yang berbasis cloud computing ini.

Google sheet sendiri juga merupakan salah satu software unggulan Goole selain docs dan slides.

Fungsi Google Sheets

Seperti yang dikatakan di awal, kegunaan utama Google Sheet adalah untuk kolaborasi antar pengguna dari berbagai lokasi.

Dengan koneksi yang stabil, suatu dokumen Google Sheet bisa diedit oleh banyak orang sekaligus secara real time. Terlebih lagi, software ini bisa mentrack setiap bagian yang diedit dilakukan oleh oleh siapa.

Google Sheet bisa diakses dan digunakan baik lewat web maupun aplikasi. Kamu juga bisa menggunakannya pada hp Android atau IOS lewat aplikasi.

Namun untuk bisa menggunakan Google Sheet, kamu harus login terlebih dahulu dengan akun Gmail yang valid. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan dengan Google Sheet:

  • Mengedit dan Memformat Spreadsheet: Item pada spreadsheet bisa diedit, diformat, dan diterapkan ke berbagai formula dan fungsi melalui Google sheet.
  • Menganalisis Data: Google sheet dapat memvisualisasikan data spreadsheet dalam bentuk chart, grafik, maupun tabel, sehingga akan memudahkanmu untuk menganalisisnya.
  • Berbagi Dokumen: Kamu bisa membagikan dokumen Google Sheet pada pengguna lain untuk diedit/dikerjakan bersama-sama
  • Mengonversi Dokumen: Kamu bisa mengonversi dokumen Google Sheet menjadi berbagai format seperti docs, pptx, pdf, hingga png.

Formula di Google Sheets

Jika kamu bekerja di bidang administrasi atau pengolahan data, maka sangat penting bagi kamu untuk menguasai formula-formula yang ada pada Google Sheet.

Berikut ini adalah beberapa formula Google Sheet yang paling banyak digunakan di dunia pekerjaan:

SUM

SUM merupakan formula yang berfungsi untuk menjumlahkan total nilai keseluruhan dari suatu kolom pada spreadsheet.

Dengan formula ini, kamu tidak perlu repot-repot menghitung nilai secara manual. Berikut ini adalah rumusnya: SUM(nilai1; [nilai2; …])

Average

Jika SUM berfungsi untuk mencari nilai keseluruhan, maka Average berfungsi untuk mencari nilai rata-rata nya. 

Pada Google Sheet, kamu bisa menggunakan Average dengan menerapkan rumus berikut: AVERAGE(nilai1; [nilai2; …]) 

Count

Formula Count juga cukup sering digunakan di dunia pekerjaan. Count berfungsi untuk mengkalkulasi seluruh jumlah sel dengan angka.

Formula Count bisa digunakan dengan rumus: COUNT(nilai1; [nilai2; …])

MAX

Sesuai dengan namanya, formula ini berfungsi untuk mencari nilai tertinggi pada suatu spreadsheet. Untuk menggunakan Formula MAX, kamu hanya perlu memasukkan rumus: MAX(nilai1; [nilai2; …])

MIN

Berkebalikan dengan MAX, formula MIN berfungsi untuk mencari nilai terendah pada spreadsheet. Berikut adalah rumusnya: MIN(nilai1; [nilai2; …])

Kelebihan Google Sheets

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari Google Sheet:

  • Memiliki fitur berbasis machine learning: Fitur explore pada Google Sheet menggunakan machine learning untuk membuat chart, tabel pivot, dan menjawab pertanyaan mengenai data.
  • Offline Editing: Kamu tetap bisa mengedit dokumen Google Sheet secara offline, namun tidak bisa untuk kolaborasi antar pengguna.
  • Kompatibilitas yang tinggi: Dokumen Sheet kompatibel untuk berbagai macam format seperti XLS, Apache OpenOffice, PDF, Text, HTML, dll.
  • Keamanan yang cukup baik: Jika kamu ingin memulai kolaborasi antar pengguna, maka kamu harus memberi akses terlebih dahulu pada pengguna lain baik untuk edit, download, maupun print.

Kekurangan Google Sheets

Sama seperti software-software lain, Google sheet juga punya beberapa kekurangan sebagai berikut:

  • Kurangnya fitur-fitur yang profesional: Google sheet memang memiliki fitur yang standar dan simpel, namun untuk fitur-fitur profesionalnya masih kurang jika dibandingkan dengan Microsoft Excel.
  • Rentan terjadi error: Karena suatu dokumen google sheet dapat digunakan oleh banyak pengguna, maka hal itu dapat menimbulkan error karena banyaknya proses pengeditan dan perhitungan yang terjadi secara bersamaan.

Kutip Istilah Ini

Verdianto, Dwi Arizki. 2023. “Google Sheets - Pengertian, Fungsi, dan Kelebihannya”. Teknogram. Diakses 19 Mei 2024. https://teknogram.id/kamus/google-sheets/

Berhasil Disalin

Dwi Arizki Verdianto

Dwi adalah penulis dan editor di Teknogram. Dia merupakan seorang web developer dengan keahlian utama di bidang pengembangan web, open source, dan sistem operasi.

Mod

Apa itu Mod? Mod adalah kependekan dari Modification...

DSP

DSP (Digital Signal Processor) adalah suatu chip mikroprosesor...

Workstation

Workstation adalah salah satu jenis komputer dengan spesifikasi...

Touchscreen

Touchscreen (layar sentuh) adalah suatu perangkat display yang...

Outlook

Outlook adalah sebuah aplikasi perpesanan elektronik buatan Microsoft...

Shutdown

Shutdown adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan proses...