Mac OS

Apa itu Mac OS?

Mac OS (Macintosh Operating System) adalah sistem operasi yang dirancang dan dipasarkan oleh salah satu perusahaan teknologi ternama di dunia, Apple Inc. 

MacOS telah dimuat di seluruh desktop dan laptop Apple yaitu MacBook/Mac dan iMac. Kinerja MacOS umumnya cepat dan responsif karena OS dioptimalkan untuk perangkat keras tertentu. 

MacOS diperkenalkan pada tahun 1984 untuk menjalankan personal computer (PC), Macintosh, dengan tipe MacOS klasik. Di tahun 2001, Apple lalu merilis tipe MacOS X sampai yang saat ini. 

MacOS merupakan sistem operasi kedua sangat banyak digunakan oleh pengguna PC, setelah Microsoft Windows.

Fitur Mac OS

1. Fitur Media

Pengguna dapat menonton, mendengarkan, dan membaca konten menggunakan aplikasi seperti Musik, TV, Podcast, Buku, dan Foto.

2. Fitur Berbasis Kreatifitas

Aplikasi seperti Foto, GarageBand, dan iMovie memungkinkan pengguna untuk melihat, mengedit, dan membuat konten di media.

3. Fitur Produktivitas

Pengguna dapat menggunakan aplikasi seperti Pages, Numbers, dan Keynote untuk bekerja dengan alat grafis.

4. Fitur Komunikasi

Pengguna dapat berkomunikasi satu sama lain menggunakan aplikasi teks, visual, dan audio seperti Mail, Pesan, dan FaceTime.

5. Fitur Organisasi

Fitur ini membantu pengguna menemukan catatan dan konten lain menggunakan aplikasi seperti Catatan, Pengingat, Kalender, Memo Suara, dan Kontak.

6. iCloud

Pengguna dapat mengakses dan berbagi konten mereka dengan perangkat yang berbeda.

7. Fitur Aksesibilitas

Beberapa alat bantu dapat membantu pengguna penyandang disabilitas seperti VoiceOver, Accessibility Keyboard dan Text to Speech.

8. Fitur Kompabilitas

Pengguna dapat mentransfer file berbasis Windows dan data lainnya dari PC Windows ke Mac. Mereka juga dapat menjalankan Microsoft Office atau bahkan Windows di Mac.

Kelebihan Mac OS

1. Keamanan

Salah satu keuntungan menggunakan MacOS adalah sistem keamanannya yang terjamin. Terdapat lebih sedikit jenis malware seperti virus dan worm yang ada pada MacOS, jika dibandingkan dengan Windows.

Apple telah berhasil mengamankan perangkat-perangkat mereka, dengan mempromosikan penggunaan App Store. Adapun Windows memungkinkan pengguna seringkali mengunduh aplikasi dari sumber pihak ketiga.

Aplikasi yang tersedia di App Store telah menjalani pengujian yang ketat untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut bebas dari malware.

Adapun MacOs akan mengeluarkan software update-nya setahun sekali.

2. Terintegrasi dengan Produk Apple Lainnya

Pengguna Mac pasti sudah memahami kelebihan Apple yang satu ini. MacOS dikembangkan untuk bisa terintegrasi dengan perangkat Apple lainnya seperti iPhone atau iPad. Hal ini menciptakan ekosistem tunggal. 

Kombinasi MacOS dan iOS membuat peralihan antar perangkat menjadi mudah dan sangat intuitif. Sebagai contoh, meng-copy suatu file pada iOS, dan melakukan paste di MacOS. 

Hal ini mengurangi kebutuhan untuk menyinkronkan perangkat, seperti menggunakan kabel, serta mengunggah dan mengunduh file menggunakan layanan penyimpanan berbasis cloud seperti Google Drive dan OneDrive.

3. User Friendly

Antarmuka pengguna atau user interface (UI) pada MasOS didesain lebih sederhana. Walaupun sederhana, tidak menurunkan kualitasnya.

MacOS memiliki graphic user interface (GUI) yang nyaman dan praktis digunakan, sehingga memudahkan pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.

4. Fitur Multitasking Khusus

Multitasking juga merupakan nilai jual dan keuntungan lain dari MacOS. 

MacOS secara khusus terintegrasi dengan mulus dengan komponen perangkat keras komputer Mac. 

Hal ini berarti, operasi secara keseluruhan tetap lancar dan responsif, terutama saat pengguna melakukan banyak tugas di antara beberapa aplikasi yang sedang berjalan.

5. Aplikasi Produktivitas Gratis

MacBook atau desktop iMac dilengkapi dengan beberapa aplikasi yang berguna untuk produktivitas. 

Misalnya, Apple memiliki aplikasi produktivitas kantor sendiri mencakup Pages, Numbers, dan Keynote, yang masing-masing setara dengan MS Word, MS Excel, dan MS PowerPoint.

Perangkat MacBook juga telah dimuat dengan aplikasi untuk kreatifitas dan profesional. Contohnya aplikasi iPhoto dan aplikasi iMovie, serta aplikasi produksi musik bernama GarageBand. 

Aplikasi berguna lainnya termasuk browser web Safari, Mail, dan aplikasi komunikasi lainnya seperti Pesan dan FaceTime.

Kekurangan Mac OS

1. Harga Mahal

Salah satu kelemahan yang terlihat pada MacOS adalah harganya yang sangat mahal dibandingkan dengan perangkat yang menggunakan OS Windows. Harga ini hanya menarik pembeli menengah keatas.

2. Upgrade Terbatas

Sistem MacOS telah terikat komputer Mac. Karena itu, opsi upgrade perangkat keras menjadi terbatas. 

Misalnya, beberapa komponen perangkat keras MacBook atau iMac seperti CPU atau RAM tidak dapat di-upgrade dengan mudah. Sebagian besar komponen ini telah disolder dan diintegrasikan pada tingkat desain dan teknik. 

3. Pilihan Software yang Sedikit

Jika dibandingkan dengan Windows, Apple memiliki program atau aplikasi yang terbatas. 

Hal ini dikarenakan target pasar Apple untuk kalangan tertentu. Sedangkan Windows menyasar semua kalangan dari bawah sampai menengah keatas. 

Terlepas dari ketersediaan sedikit aplikasinya, pengalaman pengguna MacOS secara keseluruhan tidak terlalu nyaman, terutama dengan aplikasi yang tidak memiliki versi khusus Mac.

4. Bukan untuk Gamer

MacOS tidak diperuntukkan bagi para gamer meskipun sistem operasi ini sangat populer. 

Judul game yang tersedia untuk Windows lebih banyak daripada Apple. Terkecuali game-game standar, yang tidak memerlukan spesifikasi besar. Itu pun sangat sedikit jumlahnya.

Kutip Istilah Ini

Verdianto, Dwi Arizki. 2023. “Mac OS - Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangannya”. Teknogram. Diakses 2 February 2023. https://teknogram.id/kamus/mac-os/

Berhasil Disalin

SIP

SIP (Session Initiation Protocol) adalah protokol pensinyalan yang digunakan untuk...

Publisher

Microsoft Publisher adalah salah satu software dari Microsoft yang berguna...

Taskbar

Taskbar adalah suatu elemen pada OS yang terletak di bagian...

Mod

Apa itu Mod? Mod adalah kependekan dari Modification (modifikasi) yang...