GPRS

Apa itu GPRS?

GPRS (General Packet Radio Service) adalah layanan data seluler berbasis paket data pada sinyal GSM dengan koneksi 3G dan 2G.

Layanan ini hadir dengan teknologi yang mampu mengirim dan menerima data lebih cepat dibandingkan dengan CSD (Circuit Switch Data).

Hal itulah yang membuat GPRS cukup berbeda dengan teknologi seluler nirkabel lainnya saat itu yang masih menggunakan CSD.

Dengan teknologi yang berbasis Packet-switched data, penggunaan GPRS menjadi lebih efisien dengan memecah data menjadi beberapa paket.

Karena itulah GPRS juga digadang-gadang sebagai salah satu paket data terbaik karena semua paketnya diberi prioritas yang sama.

Hal itu mungkin untuk dilakukan karena semua orang tidak mungkin online dalam waktu yang bersamaan.

Jenis GPRS

Kebanyakan industri mengklasifikasikan sinyal GPRS berdasarkan jumlah slot yang tersedia. Jumlah slot ini akan menentukan kecepatan uplink dan downlink serta kecepatan data transfer dengan range 1-45.

Karena tingkat kecepatan tersebut bisa sangat bervariasi, maka indikator yang baik untuk menentukan seberapa bagus layanan tersebut adalah dari kelas performa GPRS itu sendiri.

GPRS sendiri terbagi menjadi 3 jenis kelas berdasarkan kemampuannya untuk bisa terkoneksi dengan layanan GSM dan GPRS, berikut ini adalah klasifikasinya:

  • Kelas A: Bisa terhubung pada GSM dan GPRS secara bersamaan.
  • Kelas B: Bisa terhubung pada GSM dan GPRS, namun tidak bisa secara bersamaan.
  • Kelas C: Hanya bisa menggunakan salah satunya saja, dan pengguna bisa menggantinya secara manual.

Komponen GPRS

Pada awal-awal peluncurannya, GPRS distandarisasi oleh  ETSI (European Telecommunications Standards Institute).

Namun, saat ini GPRS berada di bawah naungan 3GPP (3rd Generation Partnership Project).

GPRS sendiri terdiri atas 3 komponen sebagai berikut:

  • PCU (Packet Control Unit): Komponen pengendali di level dasar yang berfungsi dalam mengkoneksikan terminal ke sinyal GPRS.
  • SGSN (Serving GPRS Support Node): Berfungsi sebagai gerbang yang menghubungkan sinyal di level dasar dengan GPRS dan juga bisa diakses oleh pengguna lewat ponsel.
  • GGSN (Gateway GPRS Support Node): Berperan sebagai interface ke PDN (Public Data Network), information routing, user screening, serta screening pada sinyal dan IP Address sinyal.

Berapa Kecepatan GPRS?

Kecepatan pada GPRS bergantung pada berapa lama slotnya digunakan. Slot ini akan mengirim dan menerima data, baik secara uplink maupun downlink.

GPRS sendiri juga sudah menambah beberapa fitur penting untuk mempercepat transmisi data secara end-to-end.

Fitur yang ditambah pun juga sudah melebihi standar GSM, sehingga data bisa dikirim dalam kecepatan  114 kbit/s.

Dengan begitu pengguna hanya perlu membayar sesuai volume data yang dikirim dan bukan berdasarkan kecepatannya, sehingga pengguna tidak akan terkena biaya tambahan.

Jika kecepatan layanan paket data lain biasanya sekitar 9.6 kbps, maka kecepatan GPRS biasanya berkisar antara 40 sampai 172.2 kbps.

Kelebihan GPRS

Pembayarannya Mudah dan Terjangkau

Jika dibandingkan dengan layanan data seluler yang berbasis sirkuit, GPRS menawarkan pembayaran yang lebih mudah.

Hal itu disebabkan karena pembayaran pada layanan berbasis sirkuit ditentukan oleh kecepatan koneksinya, sedangkan pembayaran pada GPRS ditentukan oleh volume datanya.

Koneksinya Cepat

Salah satu kelebihan utama GPRS adalah koneksinya yang lebih cepat dibanding GSM.

Jika pada GSM kecepatan transfer data nya hanya 14.4 kbit/s, maka GPRS bisa menawarkan kecepatan hingga 86 kbit/s.

Dengan begitu, kegiatan seperti streaming atau gaming lebih enak dilakukan jika menggunakan GPRS.

Jaringannya Selalu Tersedia

GPRS dapat menyediakan sinyal internet yang stabil, serta mengirim pesan dengan cepat. GPRS juga menjadi jaringan tercepat di masa awal-awal perilisannya.

Sebagai contoh, jika GSM hanya dapat mengirimkan 10 SMS per menitnya, maka GPRS bisa mengirimkan 3 kali lebih banyak dalam waktu yang sama.

Kekurangan GPRS

Terbatas Hanya Untuk Jaringan 2G dan 3G Saja

GPRS terbilang memang cukup sukses pada jaringan 2G dan 3G dalam 1-2 dekade ke belakang.

Di sisi lain, jaringan-jaringan baru semakin membatasi penggunaan bandwidth radio frequency.

Selain itu, sudah banyak industri smartphone yang tidak lagi menggunakan jaringan 2G/3G agar bisa beradaptasi dengan jaringan yang baru.

Kecepatannya Tidak Secepat Jaringan Keluaran Baru

Untuk mendapatkan kecepatan maksimum GPRS (172.2 kbps), semua slot harus digunakan oleh satu orang saja.

Selain itu, bahkan kecepatan tercepat GPRS pun juga lebih lambat dari kecepatan rata-rata jaringan nirkabel saat ini seperti HSPA, LTE, LTE-advanced, dll.

Kutip Istilah Ini 👇

Verdianto, Dwi Arizki. 2022. “GPRS - Pengertian, Jenis, dan Komponennya”. Teknogram. Diakses 3 November 2022. https://teknogram.id/kamus/gprs/

Berhasil Disalin