Access / Microsoft Access

Apa itu Microsoft Access?

Microsoft Access adalah salah satu software berbasis database relasional yang ditujukan untuk keperluan perusahaan kecil dan menengah. Software ini juga sepaket dalam Microsoft 365.

Microsoft Access menggabungkan mesin database relasional bawaan dari Microsoft dengan berbagai macam tools pengembangan software dan dilengkapi dengan GUI (Graphic User Interface).

Software ini memungkinkan para pemilik usaha/bisnis untuk mengolah data serta menganalisis berbagai macam informasi dengan lebih efisien. 

Software ini juga menyediakan berbagai fungsi database dan pemrograman, namun dalam bentuk yang lebih mudah untuk dioperasikan.

Microsoft Access cukup mirip dengan Excel dimana kita bisa menyimpan, mengedit, atau menampilkan data. Hanya saja fitur pada Microsoft lebih lengkap.

Manfaat Microsoft Access

Seperti yang kita tahu, Microsoft Access memiliki basis database relasional. Database sendiri sangat penting untuk menyimpan informasi-informasi terkait di satu tempat, lalu menghubungkannya lagi dengan informas-informasi lain.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat dari Microsoft Access:

Meminimalisir Error

Dengan Microsoft Access, kamu bisa meminimalisir masalah-masalah seperti data yang dobel, error, nilai yang tidak konsisten, dll. 

Dengan meminimalisir error, kamu bisa menyimpan berbagai data dengan akurat. Sehingga kamu bisa menyusun rencana baru untuk bisnismu dengan lebih tepat sasaran.

Meningkatkan Produktivitas

Pada Microsoft Access, jika kamu mengubah satu record saja pada database, maka sistem akan langsung melihat dan menyesuaikannya secara otomatis.

Hal ini tampaknya tidak bisa dilakukan pada Excel, dimana kita harus mengubah recordnya satu per satu. 

Keamanan Data Lebih Terjamin

Database akan menyediakan lokasi yang sentral untuk menyimpan, mengamankan, dan menjaga data kamu. Nah, Microsoft Access ini dapat memberi enkripsi dan password untuk menjaga file database. 

Dengan begitu, kamu dapat memiliki kontrol yang lebih besar atas data-data mu.

Cara Kerja Microsoft Access

Cara kerja Microsoft Access sebenarnya hampir sama dengan software pengelola database lainnya. yaitu dengan menyimpan berbagai informasi secara bersamaan, lalu menghubungkannya dengan informasi lain.

Hubungan antar informasi pada Microsoft Access bisa jadi sangat simpel atau sangat kompleks.

Microsoft Access akan menyimpan data pada tabel. Tabel ini dapat mempunyai banyak field (di excel disebut kolom).

Kalian juga bebas mengatur tabel mana yang boleh dan tidak boleh untuk diakses oleh pengguna lain.

Jika kalian sudah menyusun tabel, field, dan informasi yang terhubung dengan rapi, maka kalian sudah bisa menyimpannya dan membuat laporan dari data tersebut.

Kekurangan Microsoft Access

Dengan berbagai manfaat dan kelebihan yang dimilikinya, Microsoft Access juga memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut:

  • Walaupun bisa digunakan hingga 255 pengguna sekaligus, namun database Microsoft Access hanya ideal untuk digunakan kurang dari 20 orang. Karena jika digunakan lebih dari 20 orang, maka software ini akan mengalami penurunan performa.
  • Fitur-fitur pada software ini tergolong tidak newbie-friendly. Sehingga untuk pengguna baru Microsoft Access dianjurkan untuk memahami lebih dulu dasar-dasar database relasional dan bahasa pemrograman VBA.
  • Satu kekurangan lain adalah Microsoft Access  tidak kompatibel untuk platform Mac. Namun hal ini cukup wajar mengingat software ini dikembangkan oleh Microsoft

Kutip Istilah Ini

Verdianto, Dwi Arizki. 2023. “Microsoft Access - Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerjanya”. Teknogram. Diakses 19 Mei 2024. https://teknogram.id/kamus/access/

Berhasil Disalin

Dwi Arizki Verdianto

Dwi adalah penulis dan editor di Teknogram. Dia merupakan seorang web developer dengan keahlian utama di bidang pengembangan web, open source, dan sistem operasi.

PowerPoint

PowerPoint adalah sebuah softwrae buatan Microsoft yang dirancang...

Faximile

Faximile adalah perangkat komunikasi yang digunakan untuk mengirim...

Boot

Boot adalah proses awal pada saat menyalakan komputer...

Firmware

Firmware adalah jenis perangkat lunak yang tertanam secara...

FYP

FYP adalah singkatan dari For You Page, yaitu...

USB

USB atau Universal Serial Bus adalah teknologi yang...