Setelah iOS, Google Photos Hadirkan Photo Stacks di Android

Setelah iOS, Google Photos Hadirkan Photo Stacks di Android

Pengguna Google Photos di Android kini bisa mengelompokkan foto dengan visual serupa secara otomatis lewat Photo Stacks.

Google Photos merupakan salah satu aplikasi Google yang banyak digunakan dengan berbagai fitur berguna dan user interface yang sederhana.

Aplikasi besutan Google ini juga memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melakukan back up foto ke penyimpanan awan Google Drive.

Untuk memberikan pengalaman yang lebih baik, Google mengumumkan Photo Stacks untuk Google Photos pada bulan November 2023.

Fitur tersebut pertama kali debut di perangkat iOS dan sekarang sudah bisa diakses di Android.

Photo Stacks Mirip dengan Top Shot di Pixel

Pada perangkat Pixel, terdapat suatu fitur yang bernama Top Shot.

Fitur ini secara otomatis mengambil serangkaian foto yang sama dan menyorot foto terbaik untuk ditampilkan di galeri.

Jika Top Shot merupakan fitur eksklusif di Pixel, perangkat Android lainnya kini bisa mendapatkan fitur serupa, yakni Photo Stacks.

Keduanya sama-sama dapat mengelompokkan gambar atau foto yang mirip secara visual yang diambil dalam waktu berurutan di satu thumbnail dalam tampilan grid di Google Photos.

Singkatnya, Photo Stacks akan membantu pengguna mengatur foto serupa yang diambil bersama-sama dalam jangka waktu singkat.

Kemudian, Google akan mengelompokkannya secara otomatis agar pengguna bisa mendapatkan hanya satu gambar di grid utama.

Di Tab foto, pengguna akan melihat nomor dan ikon di sudut kanan atas gambar kecil untuk menandakan kapan pengelompokkan tersebut dilakukan.

Setelah diluncurkan untuk iOS pada November lalu, pengguna Android yang menginstall Google Photos kini bisa menikmati fitur Photo Stacks di perangkatnya.

Cara Kerja Photo Stacks

Google memanfaatkan teknologi AI untuk membuat Photo Stacks bekerja lewat menu titik tiga vertikal di Android dan horizontal di iOS ketika pengguna ingin mengaktifkan atau menonaktifkannya.

Ada beberapa opsi yang ditawarkan di Photo Stacks, mulai dari mengelompokkan foto, menghapus foto dari koleksi, menyimpan sebagian foto, dan lainnya. 

Ketika pengguna ingin menambahkan atau membagikan tumpukan foto ke album, ada dua pilihan yang tersedia.

Pertama, pengguna bisa memilih “selected items only” untuk mengelompokkan hanya foto yang dipilih atau “includes Photo stacks” untuk mengelompokkan semua foto.

Sementara itu, untuk ‘membongkar’ seluruh foto yang tergabung dalam Photo Stacks dan melihatnya satu per satu, cukup tekan lama pada pilihan “unstack photos”.

Rilis Januari 2024, Ini Bocoran Terbaru Samsung Galaxy S24 Series

Leaker ternama, Evan Blass melalui platform X (Twitter) membocorkan spesifikasi lengkap dari tiga seri Galaxy S24.

MIUI 14 Global Resmi Diluncurkan, Begini Cara Updatenya!

MIUI 14 versi global telah resmi diluncurkan. Kamu bisa download filenya di sini dan mengupdatenya secara langsung di ponselmu.

Cegah Spam, X Akan Kenakan Biaya Tahunan dan Verifikasi Identitas

Spam dan bot yang terus merajalela membuat X harus berinovasi dengan aturan baru. Selain biaya tahunan, X juga akan menerapkan kebijakan baru ini.

Samsung Galaxy S24 Akan Hadir dengan Fitur AI yang Menarik!

Akan segera hadir, trio Samsung Galaxy S24 dibekali dengan dua fitur menarik bertenaga AI. Ada pula fitur-fitur lain yang diunggulkan.

POCO M6 Pro Akan Rilis 5 Agustus, Ini Bocoran Desain dan Harganya!

Bocoran render POCO M6 Pro telah resmi beredar dengan warna hijau dan hitam. Begini penampakan desainnya!

Windows 11 KB5027305 Hadirkan Beberapa Fitur Baru, Apa Saja?

Microsoft telah merilis pembaruan pada Windows 11 versi KB5027305. Ada beberapa fitur baru mulai suara narator hingga menu network.