Samsung Batal Gunakan Bing untuk Gantikan Google, Kenapa?

Samsung Batal Gunakan Bing untuk Gantikan Google, Kenapa?

Bulan lalu, Samsung dikabarkan akan mengganti Google dengan Bing sebagai mesin pencarinya. Namun, tampaknya kini mereka berubah pikiran.

Pada bulan April, Samsung dilaporkan mempertimbangkan untuk pindah dari Google ke Bing sebagai mesin pencari default di smartphone Galaxy.

Namun, laporan terbaru mengatakan bahwa pertimbangan ini tampaknya akan dibatalkan.

Pada bulan lalu, majalah New York Times melaporkan bahwa Samsung sedang mempertimbangkan untuk beralih dari Google ke Microsoft Bing yang sudah terintegrasi dengan AI.

Pada saat itu, potensi peralihan yang dipertimbangkan Samsung telah diragukan berbagai pihak, terutama karena Google dan Samsung telah memiliki sejarah panjang dalam kerja sama.

Kemudian, baru-baru ini, artikel Wall Street Journal mengatakan bahwa Samsung telah meninggalkan tinjauan internal untuk beralih dari Google ke Bing itu.

Laporan tersebut juga menyimpulkan bahwa Samsung tidak memiliki rencana segera untuk beralih ke Microsoft Bing AI sebagai pengganti Google Search.

Laporan baru ini kemudian menimbulkan pertanyaan apa yang secara spesifik menyebabkan Samsung menghentikan pertimbangan itu.

Ada 2 hal yang mungkin terjadi. Pertama, kemungkinan hasil dari negosiasi dengan Microsoft mengalami kegagalan. Kedua, kemungkinan terdapat negosiasi ulang yang produktif dengan pihak Google.

Dilansir dari 9to5google, Samsung memutuskan untuk tidak segera melakukan peralihan ini karena kekhawatiran tentang respons publik dan Google, sebagai mitra bisnis yang sangat penting bagi Samsung. 

Meskipun pergantian Bing menjadi default search engine Samsung tampaknya telah batal, nyatanya sebagian besar smartphone Galaxy sudah hadir dengan Microsoft Bing AI.

Penggunaan Bing ini, telah menyebar ke banyak perangkat sebagai hasil dari pembaruan SwiftKey terbaru. Namun, Google Search masih menjadi mesin pencarian default.

Terkait dengan SwiftKey terbaru, Samsung telah menyediakan keyboard SwiftKey sebagai pengganti perangkat lunak keyboard-nya sendiri.

Saat ini, hampir semua perangkat Galaxy hadir dengan AI generatif yang sudah diinstal sebelumnya. 

Banyak orang mendapat kesan bahwa Samsung tidak akan berpikir dua kali untuk beralih dari Google Search ke Bing sebagai mesin pencari default karena alasan khusus ini.

Meskipun saat ini tidak ada potensi peralihan default search engine Samsung dari Google ke Microsoft Bing AI, potensi kolaborasi Samsung dengan Bing di masa mendatang masih tetap ada.

Saingi ChatGPT, Google Bard Kini Bisa Terhubung ke Gmail hingga YouTube

Bard yang terintegrasi dengan produk Google lain kini dapat melakukan banyak hal, misalnya seperti membuat resume untuk surat lamaran kerja.

Fitur Widget Layar Kunci Akan Hadir Kembali di Android 14

Android 14 versi beta akan hadir dengan fitur baru, di mana pengguna bisa menerapkan widget ke layar kunci (lock screen) mereka.

Samsung Galaxy Book 4 Ultra Siap Rilis Minggu Depan, Ini Spesifikasinya!

Samsung Galaxy Book 4 Ultra dibekali prosesor Intel Core Ultra 7 155H yang dipadukan dengan GPU Nvidia GeForce RTX 4050.

Apple Hentikan Pengerjaan Layar MircroLED di Apple Watch

Apple hentikan pengerjaan layar MicroLED untuk jam tangan pintar Apple Watch. Ini alasannya.

Opera Luncurkan Fitur “Shorten”, ChatGPT di Menu Sidebar

Tak mau ketinggalan tren AI, kini Opera juga menambahkan fitur ChatGPT di browsernya. Fitur yang bernama Shorten ini rencananya akan dirilis dalam waktu dekat.

Mirip dengan X, Threads Akhirnya Rilis Fitur ‘Trending Now’

Threads akhirnya merilis fitur trending now untuk para penggunanya yang mirip dengan Trending di Twitter atau X.