Samsung Batal Gunakan Bing untuk Gantikan Google, Kenapa?

Samsung Batal Gunakan Bing untuk Gantikan Google, Kenapa?

Bulan lalu, Samsung dikabarkan akan mengganti Google dengan Bing sebagai mesin pencarinya. Namun, tampaknya kini mereka berubah pikiran.

Pada bulan April, Samsung dilaporkan mempertimbangkan untuk pindah dari Google ke Bing sebagai mesin pencari default di smartphone Galaxy.

Namun, laporan terbaru mengatakan bahwa pertimbangan ini tampaknya akan dibatalkan.

Pada bulan lalu, majalah New York Times melaporkan bahwa Samsung sedang mempertimbangkan untuk beralih dari Google ke Microsoft Bing yang sudah terintegrasi dengan AI.

Pada saat itu, potensi peralihan yang dipertimbangkan Samsung telah diragukan berbagai pihak, terutama karena Google dan Samsung telah memiliki sejarah panjang dalam kerja sama.

Kemudian, baru-baru ini, artikel Wall Street Journal mengatakan bahwa Samsung telah meninggalkan tinjauan internal untuk beralih dari Google ke Bing itu.

Laporan tersebut juga menyimpulkan bahwa Samsung tidak memiliki rencana segera untuk beralih ke Microsoft Bing AI sebagai pengganti Google Search.

Laporan baru ini kemudian menimbulkan pertanyaan apa yang secara spesifik menyebabkan Samsung menghentikan pertimbangan itu.

Ada 2 hal yang mungkin terjadi. Pertama, kemungkinan hasil dari negosiasi dengan Microsoft mengalami kegagalan. Kedua, kemungkinan terdapat negosiasi ulang yang produktif dengan pihak Google.

Dilansir dari 9to5google, Samsung memutuskan untuk tidak segera melakukan peralihan ini karena kekhawatiran tentang respons publik dan Google, sebagai mitra bisnis yang sangat penting bagi Samsung. 

Meskipun pergantian Bing menjadi default search engine Samsung tampaknya telah batal, nyatanya sebagian besar smartphone Galaxy sudah hadir dengan Microsoft Bing AI.

Penggunaan Bing ini, telah menyebar ke banyak perangkat sebagai hasil dari pembaruan SwiftKey terbaru. Namun, Google Search masih menjadi mesin pencarian default.

Terkait dengan SwiftKey terbaru, Samsung telah menyediakan keyboard SwiftKey sebagai pengganti perangkat lunak keyboard-nya sendiri.

Saat ini, hampir semua perangkat Galaxy hadir dengan AI generatif yang sudah diinstal sebelumnya. 

Banyak orang mendapat kesan bahwa Samsung tidak akan berpikir dua kali untuk beralih dari Google Search ke Bing sebagai mesin pencari default karena alasan khusus ini.

Meskipun saat ini tidak ada potensi peralihan default search engine Samsung dari Google ke Microsoft Bing AI, potensi kolaborasi Samsung dengan Bing di masa mendatang masih tetap ada.

Codename Ubuntu 23.04 Terungkap, Bernama Lunar Lobster?

Launchpad dan Twitter official Ubuntu memberi 'clue' nama terbaru dari Ubuntu 23.04.

Apple Luncurkan iOS 16.3 Minggu Depan, Hadirkan Perbaikan Bug dan Fitur Baru

iOS 16.3 akan segera dirilis minggu depan untuk semua pengguna iPhone. Ini daftar update dan fitur baru yang didapatkan.

Apple Watch Series 9 dan Ultra 2 Akan Segera Rilis, Apa yang Baru?

Apple Watch Series 9 dan Watch Ultra 2 akan dirilis pada event Wonderlust bulan ini dan menggunakan senor detak jantung baru.

Seru! Instagram Hadirkan Game Ping Pong Emoji, Begini Cara Mainnya

Instagram merilis secara diam-diam fitur permainan game ping pong emoji. Seperti apa cara mainnya?

Android 14 Tambah Fitur Privasi Baru untuk Screen Recording

Android 14 menambahkan fitur baru untuk aplikasi Screen Recording. Fitur ini khusus dibuat untuk menjaga privasi dari pengguna.

Apple Siap Rilis iOS 17.1 Beta, Apa Saja Fitur Barunya?

Ada banyak fitur baru yang dihadirkan Apple dalam iOS 17.1. Berikut beberapa di antaranya.