Meta Akan Luncurkan Asisten AI di WhatsApp, Instagram, & Messenger

Meta Akan Luncurkan Asisten AI di WhatsApp, Instagram, & Messenger

Meta bakal segera menerapkan teknologi AI pada aplikasi besutannya, mulai dari WhatsApp, Instagram, hingga Messenger.

Saat belum benar-benar menggunakan teknologi AI secara keseluruhan, CEO Meta, Mark Zuckerberg sebelumnya memastikan bahwa chatbot AI dan model AI generatif akan segera hadir di seluruh aplikasi Meta.

Kini, melalui Meta Connect 2023, perusahaan mengumumkan peluncuran asisten virtual Meta AI yang bakal hadir di WhatsApp, Instagram, dan Messenger.

Meta menghadirkan Meta AI di tengah kepopuleran Bing Chat, ChatGPT, dan Google Bard.

Asisten virtual berbasis kecerdasan buatan/Artificial Intelligence/AI tersebut mengandalkan Llama 2 untuk menjawab pertanyaan pengguna.

Dukungan AI pada asisten virtual milik Meta memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi secara real-time melalui kemitraan Meta dengan Bing.

Selain itu, asisten virtual Meta AI juga menawarkan alat untuk menghasilkan gambar.

Unggahan Meta di situs resminya mengungkap bahwa di masa depan, Meta AI juga akan dirilis untuk kacamata pintar Ray-Ban Meta dan Quest 3. 

Meta membekali Meta AI dengan database pengetahuan yang baru, sehingga percakapan yang dilakukan antara pengguna dan asisten virtual tersebut relevan dan tepat waktu.

Untuk menggunakan Meta AI di WhatsApp, cukup ketik “@metaAI/imagine” diikuti dengan pertanyaan atau perintah spesifik, selanjutnya Meta AI akan menyajikan informasi yang diminta.

Sementara untuk Instagram, Meta menghadirkan fitur pengeditan baru yang berbasis AI yang didukung oleh teknologi Emu.

Salah satu alat yang tersedia adalah ‘Restyle’, yang dirancang untuk menambahkan efek visual ke foto berdasarkan deskripsi teks yang diberikan.

Ada pula fitur ‘Backdrop’ untuk menggantikan latar belakang gambar sesuai yang disukai, misalnya meminta AI menambahkan gambar kucing di sekitar foto pengguna.

Selain chatbot AI dan editor gambar, Meta juga memperkenalkan stiker AI yang didukung Llama 2 dan Emu.

Alat tersebut sebelumnya terlihat dalam uji beta di WhatsApp untuk Android.

Pengguna cukup memasukkan perintah teks lalu menunggu hasil stiker yang sesuai dengan deskripsi.

Stiker AI akan tersedia untuk pengguna berbahasa Inggris tertentu mulai bulan depan di WhatsApp, Messenger, Instagram, dan Facebook Stories.

Rencana Meta untuk melibatkan AI dalam aplikasinya sangat ambisius yang dibarengi dengan tersedianya sumber daya dan keahlian untuk mewujudkan impian tersebut.

Rumor: MacBook Pro dengan Layar OLED Akan Rilis Tahun 2026

MacBook Pro dikabarkan akan menerima panel OLED pada tahun 2026. Sementara itu, MacBook Air diperkirakan menyusul di tahun berikutnya.

Jaga Privasi, WhatsApp Tingkatkan Fitur App Lock di Android

WhatsApp tingkatkan fitur kunci aplikasi dengan menambahkan beberapa metode otentikasi biometrik.

Google Drive di Android Kini Bisa Baca PDF dengan 2 Kolom Halaman

Pengguna ponsel lipat dan tablet kini bisa membaca dokumen PDF di Google Drive dengan tampilan dua halaman layaknya lembaran buku.

Instagram Rilis Fitur ‘Sharing to Reels’ untuk Pengembang Aplikasi

Pengguna kini bisa mengunggah Reels Instagram langsung dari aplikasi pihak ketiga tanpa harus mengunduhnya terlebih dulu ke perangkat.

WhatsApp Akan Hadirkan Verifikasi Akun Berbasis Email!

Sistem verifikasi WhatsApp dengan email saat ini sudah tersedia untuk versi beta. Fitur tersebut akan diluncurkan ke publik beberapa pekan mendatang.

ByteDance Rilis CapCut for Business, Banyak Tools Berbasis AI!

Konten kreator dan pembuat iklan kini bisa memanfaatkan CapCut for Business untuk membuat video komersil yang berkualitas.