Google Luncurkan Desain Baru Material You di Chrome 

Google Luncurkan Desain Baru Material You di Chrome 

Google menerapkan desain Material You ke Chrome dengan beberapa perubahan kecil dan fitur baru.

Google mengumumkan Material You pada September lalu, desain ulang dari Chrome desktop yang kini diluncurkan secara lebih luas.

Perubahan visual Google Chrome terakhir terlihat pada tahun 2018 dengan Google Material Theme.

Hadirnya Material You sebagai desain ulang visual Chrome menandakan perombakan pertama pada browser tersebut dalam lima tahun terakhir.

Kali ini, bertepatan dengan ulang tahun browser yang ke-15, Google memperkenalkan desain Material You yang awalnya diperkenalkan oleh perusahaan di Android.

Melalui postingan blognya, Google menyatakan, “Dalam beberapa minggu mendatang, Chrome akan mendapatkan tampilan baru di desktop.”

“Berdasarkan bahasa desain Material You, kami telah memperbarui ikon Chrome dengan fokus pada keterbacaan dan membuat palet warna baru yang lebih melengkapi tab dan bilah alat Anda,” tambah Google.

Desain ulang ini membuat sudut Chrome lebih membulat, ikon yang juga diperbarui, dan penghapusan ikon gembok di bilah alamat.

Perubahan tersebut disinyalir memberikan tampilan segar dan fitur-fitur baru pada browser Google.

Terlihat juga bagian bookmark yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Kotak URL tidak lagi menampilkan ikon gembok di paling kiri, mengingat penggunaan HTTP secara luas.

Sebaliknya, ikon baru yang tampil dimaksudkan untuk mengingatkan pengguna bahwa jika ikon tersebut diketuk, ada berbagai kontrol situs dan informasi lainnya.

Pengguna juga mendapatkan tema baru dan warna berbeda yang bisa membantu membedakan profil, seperti akun kantor dan akun pribadi.

Google mengatakan desain ulang Chrome dengan Material You telah terintegrasi lebih baik dengan sistem operasi, sehingga Chrome dapat dengan mudah beradaptasi pada pengaturan tingkat OS, seperti mode gelap dan terang.

Meskipun desain ulang Google Chrome mempertahankan tata letak keseluruhan yang familiar dan tampilan yang lebih luas, pengguna tidak mendapatkan kesan browser yang benar-benar baru.

Khususnya, menu drop-down baru di paling kiri menampilkan semua tab yang sedang terbuka dan yang baru saja ditutup.

Tampilan tab horizontal di bagian atas jendela juga mengalami pergeseran, tampak seperti pil kecil saat diarahkan, dengan garis putih sederhana yang memisahkannya.

Jika dilihat secara keseluruhan, tata letak umum di Google Chrome tidak berubah.

Oppo Find N3 Flip Resmi Meluncur, Begini Spesifikasinya!

Oppo meluncurkan ponsel lipat Oppo Find N3 Flip dengan keunggulan di segi kamera dan layar. Ponsel ini dibanderol dengan harga 14 juta rupiah.

Google BARD Kini Sudah Bisa Diakses oleh Publik! Mau Coba?

Google resmi membuka akses publik untuk mencoba teknologi AI dari BARD, chatbot yang digadang-gadang akan menjadi pesaing berat ChatGPT.

Google Hadirkan Fitur Baru Untuk Cari Diskon Belanja

Untuk mempermudah belanja dan mencari harga yang sesuai, pengguna bisa memanfaatkan Google Search dan Chrome yang memiliki fitur baru ini!

Rilis Tahun Depan, Android 15 Pakai Kode Nama “Vanilla Ice Cream”?

Kode nama Android 15 yang akan rilis tahun depan telah bocor di Internet dan diketahui bernama Vanilla Ice Cream. Benarkah?

Windows 11 Moment 3 Segera Rilis, Ini Deretan Fitur Barunya!

Microsoft kembali merilis pembaruan fitur pada Windows 11. Deretan fitur baru pada Windows 11 Moment 3 ini akan rilis dalam beberapa bulan ke depan.

Apple: 81% Pengguna iPhone Sudah Menggunakan iOS 16

Menurut laporan Apple, sebanyak 81 persen pengguna iPhone diketahui telah menggunakan sistem operasi terbaru iOS 16.