Apple Rilis iOS 16.4 Beta, Hadirkan Emoji Baru dan Push Notifications

Apple Rilis iOS 16.4 Beta, Hadirkan Emoji Baru dan Push Notifications

Apple meluncurkan iOS 16.4 versi public Beta dengan memperbarui beberapa fitur seperti penambahan emoji baru dan push notifications untuk aplikasi Web.

Usai merilis iOS 16.4 versi developer beta, kini Apple menghadirkan pembaruan (update) berupa 31 emoji terbaru dan fitur Push Notification.

Desain emoji baru tersebut mengikuti emoji Unicode versi 15.0 yang telah diumumkan pada 2022 lalu.

Tidak banyak yang berubah dari desain emoji ini, kecuali emoji menggelengkan kepala sekarang dibuat sedikit miring.

Selain itu, update iOS 16.4 membawa puluhan emoji baru seperti tangan yang menghadap ke kiri dan ke kanan untuk melambangkan high-five, emoji jahe, keledai, angsa, ubur-ubur, marakas, hingga simbol Wi-Fi.

Kemudian, terdapat tambahan emoji hati dengan berbagai warna seperti merah muda, biru, dan abu-abu.

Apple Rilis iOS 16.4 Beta, Hadirkan Emoji Baru dan Push Notifications
Tampilan emoji terbaru di iOS 16.4

Tidak hanya pembaruan pada emoji, ada juga update pada WebKit baru di iOS 16.4 yang memungkinkan aplikasi web app untuk mengirimkan push notification.

Sebagai informasi, Apple pertama kali memperkenalkan WebKit ini dalam event Worldwide Developer Conference tahun lalu.

Dikutip dari laman The Verge pada Minggu (19/2/2023), jika pengguna menambahkan web app di home screen, developer akan dapat mengirimkan push notification setelah mendapatkan izin.

Setelah itu, developer bisa mengirimkan notifikasi berupa tombol langganan atau subscribe, serta interaksi langsung lainnya.

Selain puluhan emoji dan fitur push notification, iOS 16.4 juga akan melakukan peningkatan pada keyboard Apple.

Keyboard internasional akan mendapatkan update, termasuk fitur autocorrect yang diaktifkan secara default untuk keyboard Korea, dukungan predictive tect untuk Bahasa Ukraina, serta dukungan transliterasi untuk bahasa Asia Selatan seperti Urdu, Punjabi, dan Gujarati.

Apple Rilis iOS 16.4 Beta, Hadirkan Emoji Baru dan Push Notifications
iOS 16.4

Apple juga melakukan beberapa pembaruan lainnya pada iOS 16.4 antara lain dukungan 5G, dukungan kemiringan/orientasi Apple Pencil, peningkatan aplikasi HomeKit yang pernah dihapus Apple dari iOS 16.2, hingga pratinjau konten untuk tautan Mastodon di iMessage.

Pengguna iPhone yang ingin segera menggunakan emoji serta fitur-fitur baru harus mengunduh iOS beta 1 yang tersedia di Apple Developer Program.

iOS 16.4 versi publik kemungkinan baru akan dirilis oleh Apple pada Maret atau 2023.

Belum lama ini, Apple sendiri merilis update iOS 16.3.1 untuk perbaikan sejumlah permasalahan terkait fitur iCloud dan Crash Detection.

5 Fitur Baru yang Diprediksi Hadir dalam iPadOS 17, Apa Saja?

iPadOS 17 diprediksi akan hadir dengan fitur-fitur baru bagi pengguna iPad. Mulai dari dukungan webcam, hingga fitur Sleep Display.

Jajaran iPhone 15 Resmi Dirilis, Ini Detail Harga dan Spesifikasinya!

iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max resmi dirilis dengan harga mulai dari 12 jutaan. Berikut spesifikasi detailnya.

Setelah Android, Microsoft Copilot Kini Tersedia di iOS dan iPadOS

Copilot kini resmi tersedia di iPhone dan iPad. Aplikasi Chatbot berbasis AI milik Microsoft ini bahkan menawarkan akses gratis ke GPT 4 dan DALL-E 3.

Twitter (X) Bakal Punya 3 Level Premium, Ada yang Full Bebas Iklan!

Layanan premium X yang terbagi menjadi tiga tingkatan akan segera diuji coba. Masing-masing tingkatan memiliki kemampuan dan tarif yang berbeda.

YouTube Uji Tombol ‘Play Something’ untuk Putar Video Secara Acak

YouTube tengah menguji tombol ‘Play Something’ yang akan menyajikan video acak bagi pengguna yang sedang kehabisan tontonan.

TikTok Akan Hadirkan ‘TikTok Photos’ untuk Saingi Instagram

TikTok siap saingi Instagram dengan menghadirkan platform berbagi foto bernama TikTok Photos.