Instagram Akan Hadirkan Fitur untuk Matikan Tanda DM Telah Dibaca

Instagram Akan Hadirkan Fitur untuk Matikan Tanda DM Telah Dibaca

Instagram tengah menguji fitur untuk mematikan tanda telah dibaca pada DM. Perubahan ini akan berdampak cukup besar pada privasi penerima pesan.

Instagram kini tengah menguji fitur baru yang memungkinkan pengguna mematikan tanda pesan telah dibaca di DM (Direct Message) platform tersebut.

Dengan cara ini, meskipun pengguna telah membaca DM yang masuk, pengirim pesan tidak akan melihat label ‘dilihat’ yang biasanya ada di bawah percakapan.

Perubahan kecil ini bisa berdampak besar dalam hal privasi lantaran tanda terima telah dibaca bisa dihilangkan.

Head of Instagram, Adam Mosseri mengumumkan fitur ini di saluran broadcast miliknya.

“Kami mendengar tanggapan Anda dan telah mulai menguji fitur baru yang memungkinkan Anda mematikan tanda terima telah dibaca di DM Anda,” tulis Mosseri, dikutip dari TechCrunch.

Ia melanjutkan, “Segera, orang akan dapat memilih kapan membiarkan orang lain melihat ketika mereka telah membaca pesan mereka.”

Hal ini juga senada dengan apa yang diumumkan oleh CEO Meta selaku pemilik Instagram, Mark Zuckerberg.

Adam Mosseri juga menampilkan tangkapan layar menu ‘Privasi dan Keamanan’ untuk pesan DM.

Pengguna bisa mengakses menu tersebut dengan mengetuk nama profil di bawah obrolan.

Jika pengguna adalah bagian dari orang yang bisa menguji fitur baru Instagram, tombol untuk mematikan tanda terima telah dibaca terdapat di bagian ‘Siapa yang dapat melihat aktivitas Anda’.

Setelah tersedia, fitur dapat diaktifkan dari pengaturan tersebut, meski aplikasi saat ini tidak sesuai dengan tangkapan layar yang dibagikan Mosseri.

Hal ini bisa saja terjadi karena perusahaan mungkin tengah menyusun ulang menu yang akan ditampilkan.

Meski telah diumumkan secara luas, Meta tidak merinci dalam kapasitas apa perusahaan menguji fitur nonaktifkan tanda terima telah dibaca tersebut.

Meta juga tidak mengabarkan kapan seluruh pengguna -bukan hanya pengguna yang terpilih untuk mengujinya- bisa menikmati fitur itu.

Sama-sama aplikasi milik Meta, Instagram lebih lambat memiliki fitur untuk menonaktifkan tanda telah dibaca di platformnya daripada WhatsApp.

WhatsApp telah memiliki kemampuan mematikan tanda terima telah dibaca pada tahun 2014.

Selain itu, Meta juga berencana meluncurkan perlindungan enkripsi end-to-end default untuk DM Instagram setelah fitur tersebut selesai diluncurkan di Messenger.

Pada Agustus lalu, Meta mengatakan bahwa perusahaan bertujuan untuk menyelesaikan pekerjaan mengaktifkan enkripsi end-to-end secara default di Messenger pada akhir tahun ini.

ChatGPT Kini Bisa Dikustom Sesuai Keinginan Penggunanya

Pengguna bisa membuat ChatGPT sesuai preferensi sendiri yang disebut GPT. Kedepannya, GPT yang digunakan orang lain juga bisa menghasilkan uang.

Hore! Satu Akun Facebook Kini Bisa Punya 5 Profil Sekaligus

Pengguna Facebook kini bisa memiliki hingga 4 profil tambahan dalam satu akun. Begini detailnya.

Apple Luncurkan iOS 16.3 Minggu Depan, Hadirkan Perbaikan Bug dan Fitur Baru

iOS 16.3 akan segera dirilis minggu depan untuk semua pengguna iPhone. Ini daftar update dan fitur baru yang didapatkan.

GPT-4 Siap Rilis Minggu Depan, Jauh Lebih Canggih dari GPT-3!

GPT-4 siap dirilis minggu depan. Model ini diklaim lebih canggih dari GPT-3 karena memiliki kemampuan multimodal. Apa itu?

ChatGPT Kini Sudah Bisa Browsing Internet Secara Real Time!

Pengguna berbayar (Plus dan Enterprise) kini sudah bisa memanfaatkan ChatGPT untuk browsing internet dan mendapatkan informasi secara real time.

Redmi Note 13 Pro Akan Segera Hadir, Ini Bocoran Spesifikasinya!

Xiaomi dikabarkan akan segera merilis dua smartphone terbaru, yaitu Redmi Note 13 Pro dan Redmi Note 13 Pro+.