ChatGPT Kini Sudah Bisa Browsing Internet Secara Real Time!

ChatGPT Kini Sudah Bisa Browsing Internet Secara Real Time!

Pengguna berbayar (Plus dan Enterprise) kini sudah bisa memanfaatkan ChatGPT untuk browsing internet dan mendapatkan informasi secara real time.

ChatGPT yang diluncurkan OpenAI mulanya hanya bisa menjawab atau menyajikan informasi berdasarkan data hingga September 2021.

Pada Rabu, 27 September 2023, OpenAI yang didukung Microsoft mengumumkan melalui X bahwa pembaruan pada ChatGPT memungkinkan pengguna memperoleh informasi terkini.

“ChatGPT kini bisa menjelajahi internet untuk memberi Anda informasi terkini dan otoritatif, lengkap dengan tautan langsung ke sumber. Tidak lagi terbatas pada data sebelum September 2021,” tulis OpenAI.

Kini, mirip seperti Google Bard yang diluncurkan Maret lalu, ChatGPT sudah bisa dimanfaatkan untuk browsing internet dengan hasil jawaban real-time.

Melansir Al Jazeera, Alex Hanna selaku direktur penelitian di Distributed AI Research Institute dan mantan ilmuwan riset di Ethical AI Google mengatakan, “Apa yang OpenAI coba lakukan adalah merebut pangsa pasar Google.”

ChatGPT dengan fitur browsing internet bisa membantu pengguna mendapatkan hasil atau jawaban yang lebih akurat dengan data terkini.

Kemampuan baru ini bisa dimanfaatkan pengguna untuk membantu berbagai tugas, seperti merencanakan liburan, membeli mobil, penelitian teknis, dan banyak lagi.

OpenAI mengatakan bahwa kemampuan browsing internet tersebut tersedia bagi pengguna ChatGPT Plus.

Penjelajahan tersedia untuk pengguna Plus dan Enterprise saat ini,” kata OpenAI di platform X.

Rencananya, perusahaan akan segera memperluas teknologinya agar bisa dimanfaatkan semua pengguna ChatGPT.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna hanya perlu memilih ‘Browse with Bing’ atau ‘Telusuri dengan Bing’ yang tersedia di bagian bawah GPT-4.

ChatGPT akan menginformasikan pengguna saat penelusuran internet digunakan dan akan menyediakan tautan kutipan beserta jawabannya.

OpenAI mengatakan bahwa fitur browsing memungkinkan situs web mengontrol bagaimana ChatGPT dapat berinteraksi dengan mereka.

Sebelumnya, OpenAI juga telah menguji fitur akses informasi terbaru melalui browser Bing dalam penawaran premium khusus untuk ChatGPT Plus.

Namun, fitur yang terintegrasi pada bulan Mei itu dinonaktifkan dua bulan kemudian.

Hal tersebut dikarenakan adanya kekhawatiran bahwa fitur dapat membuat pengguna menikmati artikel berbayar secara bebas atau melewati paywall.

Sebelum mengumumkan adanya fitur browsing internet di ChatGPT, OpenAI sebelumnya juga mengumumkan fitur baru lain, di mana ChatGPT kini bisa melakukan percakapan suara dengan pengguna hingga berinteraksi menggunakan gambar.

OpenAI Segera Luncurkan GPT Store untuk Jual Chatbot Kustom

GPT Store rencananya diluncurkan minggu depan setelah dua kali ditunda. Pengembang terdaftar bisa memonetisasi chatbot khusus buatan mereka di ChatGPT.

Spotify Tambahkan Fitur Video Musik, Indonesia Bisa Coba!

Spotify sedang menguji coba fitur video musik di berbagai negara, termasuk Indonesia. Begini cara menggunakannya.

Threads Tambahkan Fitur Skor Pertandingan Olahraga

Pengguna bisa melihat skor pertandingan olahraga secara langsung di aplikasi Threads.

Adobe Luncurkan Photoshop Versi Web yang Dilengkapi Tools AI

Photoshop versi web yang dilengkapi dengan tools AI dari Firefly hadir untuk pengguna berbayar. Begini penampakannya.

OpenAI Luncurkan DALL-E 3 yang Terintegrasi dengan ChatGPT

OpenAI menghadirkan DALL-E 3, sebuah alat di mana seseorang dapat menghasilkan gambar hanya dengan memberi perintah pada ChatGPT.

ByteDance Rilis CapCut for Business, Banyak Tools Berbasis AI!

Konten kreator dan pembuat iklan kini bisa memanfaatkan CapCut for Business untuk membuat video komersil yang berkualitas.