WhatsApp Luncurkan Fitur Salin Link dari Pembaruan Saluran

WhatsApp Luncurkan Fitur Salin Link dari Pembaruan Saluran

Fitur salin link pesan di saluran kini sudah tersedia untuk pengguna WhatsApp beta terpilih. Fitur ini bakal hadir untuk pengguna global secara bertahap.

Setelah belum lama ini menyediakan saluran secara global, WhatsApp kembali menghadirkan fitur baru untuk meningkatkan pengalaman penggunanya.

Fitur baru tersebut berupa kemampuan menyalin tautan atau link dari pembaruan saluran dengan cepat.

Meskipun fitur tersebut bukan hal yang besar, dengan kemampuan menyalin tautan dari pesan saluran, pengguna bisa lebih mudah berbagai saluran dengan orang lain, tanpa meneruskan pesan secara manual.

Dengan demikian, penerima link bisa membuka saluran yang langsung menampilkan pesan dari link tersebut, tanpa mencari dari seluruh riwayat saluran.

Selain membagikan saluran dalam pesan WhatsApp, fitur ini juga memungkinkan pengguna membagikan pembaruan saluran di luar WhatsApp.

Lantas, bagaimana cara menemukan fitur ini?

Pengguna cukup menekan pesan di dalam saluran dan akan muncul opsi untuk menyalin link.

Opsi tersebut ada di antara pilihan hapus, edit, dan teruskan.

Menu Salin Link di Channel WA
Menu Salin Link di Channel WA

Bukan hanya dapat diakses oleh pembuat saluran saja, fitur salin link juga bisa digunakan oleh seluruh pengguna yang tergabung dalam saluran.

Melansir WABetaInfo, fitur salin link dari pembaruan saluran kompatibel dengan pembaruan WhatsApp beta untuk Android 2.23.20.18.

Sementara untuk iOs, WhatsApp beta dengan fitur ini kompatibel pada iOS 23.20.1.70.

WhatsApp meluncurkan fitur tersebut ke sekelompok penguji beta terpilih. 

Dalam beberapa hari mendatang, direncanakan fitur ini akan menjangkau lebih banyak pengguna secara bertahap.

Sebelumnya, WhatsApp juga mengumumkan tengah mengerjakan fitur pencarian yang bertujuan membantu pengguna mencari pembaruan status dan saluran dalam aplikasi.

Fitur yang sedang dirancang tersebut akan tersedia pada WhatsApp beta untuk Android 2.23.20.13.

Ada pula fitur lain yang tengah dikerjakan yakni kemampuan menghapus otomatis media dalam saluran setelah waktu yang ditentukan.

Aplikasi besutan Meta tersebut memungkinkan pengguna memilih kapan foto dan video yang dibagikan melalui saluran WhatsApp dihapus dari perangkat agar bisa mengosongkan ruang.

WhatsApp juga tengah berencana mengganti warna lencana verifikasi saluran dari yang mulanya centang hijau menjadi centang biru.

Hal itu dilakukan agar seluruh produk Meta memiliki warna centang yang selaras, seperti Instagram, Facebook, dan Messenger.

Microsoft Security Copilot Hadir untuk Para Ahli Keamanan Siber

Microsoft kembali hadirkan fitur bertenaga AI terbaru yang bernama Microsoft Security Copilot. Seperti apa cara kerjanya?

Telegram Kini Bisa Kutip Sebagian Pesan hingga Atur Pratinjau Link

Update Telegram membawa banyak perubahan baru. Pengguna dapat mengutip pesan di bagian tertentu saja hingga penyesuaian pratinjau tautan.

YouTube Music Hadirkan Fitur Pengenal Lagu, Begini Cara Kerjanya!

YouTube Music rilis fitur pengenal lagu untuk bersaing dengan platform lainnya seperti Apple Music dan Spotify.

PUBG Hadirkan Sejumlah Fitur Baru di Tahun 2024, Apa Saja?

Mulai dari Destructible Environments hingga match making, ini sederet fitur baru PUBG yang akan dirilis di tahun 2024.

WhatsApp Akan Hadirkan Fitur People Nearby Share di Ponsel Android

Versi WhatsApp terbaru akan memungkinkan pengguna melakukan transfer file yang terenkripsi end to end ke pengguna lain dalam jarak dekat.

Resmi Rilis, Apple Hadirkan Fitur Stolen Device Protection di iOS 17.3

Fitur Stolen Device Protection akan membantu meningkatkan keamanan perangkat iPhone pengguna yang bisa didapatkan pada update iOS 17.3.