Status Bar

Apa itu Status Bar?

Status Bar adalah sebuah komponen yang disediakan dalam sebuah aplikasi untuk mengontrol proses pengoperasiannya.

Status Bar juga dapat dimaknai sebagai area khusus yang terdapat di atas atau bawah layar dan merupakan komponen default yang pasti terdapat dalam sebuah aplikasi atau perangkat.

Status Bar berupa teks penjelas yang menampilkan sejumlah informasi mengenai aplikasi.

Tujuannya adalah memberikan notifikasi atau informasi mengenai status dan catatan singkat ketika aplikasi berjalan.

Biasanya, Status Bar pada layar menginformasikan mengenai jaringan wifi, proses loading sebuah situs internet, file atau folder yang sedang dipilih, dan status lainnya, tergantung setiap aplikasi yang sedang dijalankan.

Fungsi Status Bar

Dari definisi yang telah dipaparkan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa kehadiran Status Bar dapat berwujud berbeda-beda pada setiap aplikasi atau perangkat.

Hal ini disebabkan karena Status Bar menyesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan penggunaan tiap aplikasi atau perangkat sehingga informasi yang ditampilkan dapat bermacam-macam.

Berikut ini adalah beberapa fungsi Status Bar pada tiap aplikasi atau perangkat.

Status Bar pada Smartphone/Android/iOS

Apabila kamu mengamati smartphone yang kamu miliki, pada bagian atas layar terdapat bilah yang berfungsi untuk menunjukkan ikon waktu, sinyal WiFi atau data seluler, persentase baterai, dan ikon lainnya.

Ketika masuk notifikasi ke smartphone kamu, atau tanda bahwa fitur yang kamu gunakan sedang aktif, maka kamu dapat melihatnya pada bagian Status Bar.

Misalnya, alarm, Bluetooth, WhatsApp, dan notifikasi lainnya yang ditampilkan menggunakan ikon atau symbol gambar.

Ikon pada Status Bar dapat bertindak sebagai reminder kecil bagi kamu, sebab jika bilah status tersebut ditarik ke arrah bawah, maka tertulis notifikasi yang dijelaskan lebih detail dari symbol ikon tadi.

Status Bar pada File Explorer

File Explorer atau File Manager juga menyediakan ruang Status Bar pada bagian bawah layar.

Status Bar pada File Explorer berfungsi untuk menampilkan jumlah total file atau folder yang tersimpan, jumlah file atau folder yang dipilih, ukuran besaran atau size file atau foto yang dipilih, serta pilihan Display Items atau opsi organizer tampilan data dalam File Explorer sesuai keinginan kamu.

Status Bar pada Web Browser

Web Browser yang digunakan oleh pengguna internet ada beberapa macam, seperti Google Chrome, Microsoft Edge, Internet Explorer, dan lain-lain.

Pada umumnya, Status Bar pada setiap Web Browser memiliki fungsi yang hampir sama, yaitu informasi proses loading sebuah link website yang sedang dibuka, alamat URL dari link website yang sedang dibuka, fitur-fitur perintah (tombol Reload, Back, Homepage, dan lainnya), dan notifikasi real-time yang menampilkan proses pemuatan suatu website.

Status Bar berada di atas jendela web browser. 

Status Bar pada Software Pengolah Gambar 

Software pengolah gambar beraneka ragam, mulai dari Adobe Photoshop, Xnview, Sketch, CorelDraw, dan software lainnya.

Rata-rata, software atau aplikasi pengolah grafis/gambar tersebut berfungsi untuk menampilkan informasi penjelas mengenai range warna, resolusi gambar atau foto, fitur atau tools software yang sedang digunakan dalam proses pengeditan grafis, ukuran file, dan informasi penting lainnya.

Status Bar pada Software Pengolah Grafis/Gambar ditampilkan pada bagian bawah jendela aplikasi.

Status Bar pada Software Pengolah Kata

Semua software pengolah kata (seperti Microsoft Word dan WPS Office) memiliki fungsi Status Bar yang sama.

Status Bar pada Software pengolah kata menampilkan jumlah halaman dalam dokumen kerja yang sedang dibuka, jumlah kata, bahasa teks yang digunakan, opsi display dokumen kerja (Read mode, Print Layout, dll), dan fitur Zoom yang dapat diubah persentasenya sesuai kebutuhan pengguna.

Status Bar pada Software pengolah kata terletak pada bagian bawah jendela aplikasi atau software.

Status Bar pada Software Pengolah Angka

Software pengolah angka yang paling popular adalah Microsoft Excel.

Status Bar pada software pengolah angka Ms. Excel berfungsi menampilkan informasi kebutuhan sel dan baris yang terdapat dalam satu layar dokumen kerjanya (biasa disebut Spreadsheet).

Teks penjelas pada Status Bar menyesuaikan dengan fitur atau tools yang sedang diklik oleh pengguna.

Status Bar pada software pengolah angka berada di bagian bawah jendela aplikasi.

Status Bar pada setiap software atau aplikasi dapat dimunculkan dan disembunyikan. Hal ini dapat diatur melalui tools atau fitur pada masing-masing software sehingga kamu dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kamu.


Kutip Istilah Ini

Verdianto, Dwi Arizki. 2023. “Status Bar - Pengertian, Fungsi, dan Contohnya”. Teknogram. Diakses 19 Juli 2024. https://teknogram.id/kamus/status-bar/

Berhasil Disalin

Dwi Arizki Verdianto

Dwi adalah penulis dan editor di Teknogram. Dia merupakan seorang web developer dengan keahlian utama di bidang pengembangan web, open source, dan sistem operasi.

CCTV

CCTV (Closed-Circuit Television) adalah sebuah kamera video yang...

PCB

PCB (Printed Circuit Board) adalah sebuah medium berbentuk...

Backup

Backup adalah proses membuat dan menyimpan salinan data...

RAM

RAM atau Random Access Memory adalah jenis memori...

Publisher

Microsoft Publisher adalah salah satu software dari Microsoft...

Ubuntu

Ubuntu adalah sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan...