Mod

Apa itu Mod?

Mod adalah kependekan dari Modification (modifikasi) yang berarti adalah memanipulasi dan mengedit susunan data dari suatu aplikasi, khususnya game.

Nah aplikasi yang struktur datanya sudah diedit hingga  dengan menghapus dan menambahkan fitur tertentu yang berbeda dengan versi aslinya disebut sebagai Mod APK.

Meskipun kebanyakan aplikasi yang bisa diberi mod adalah aplikasi android, namun sebenarnya ada juga beberapa software PC yang bisa dimodifikasi.

Proses pemberian mod ini tentunya dilakukan oleh pihak ketiga baik dengan atau tanpa seizin developer aplikasinya, yang mana jika dilakukan tanpa izin akan menjadi sesuatu yang ilegal.

Contoh dari mod APK adalah dengan mengubah display pada apps agar lebih enak dilihat, menghapus bagian-bagian tertentu yang sangat mengganggu seperti iklan, mempercepat kinerja aplikasi, dll.

Orang yang memberi mod pastinya merupakan orang yang sangat handal dalam programming.

Bagaimana Aplikasi Bisa Diberi Mod?

Biasanya aplikasi yang bisa dimodifikasi adalah yang bersifat open source dan sudah tertera dalam terms and agreements nya, meskipun ada juga orang yang memodifikasi aplikasi yang tidak open source.

Aplikasi yang tidak open source biasanya berupa game online seperti PUBG atau Free Fire.

Oleh karena itulah para developer aplikasi-aplikasi tersebut terus mengembangkan keamanan sistemnya agar aplikasinya tidak bisa diberi mod cheat oleh pengguna yang nakal.

Secara garis besar, berikut ini adalah tahapan yang dilalui oleh programmer untuk membuat mod:

  • Decompile: Decompile merupakan proses mengekstrak aplikasi sehingga seluruh data pada apps akan muncul untuk dimodifikasi.
  • Disassembly: Disassembly adalah proses mengubah dan mengkode ulang setiap fungsi yang ada pada library game, yang mana hal ini akan sangat sulit dilakukan.
  • Patching: Setelah mengkode ulang fungsi pada data game, maka kode yang lama akan diganti dengan yang baru.
  • Recompile: Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah mengumpulkan seluruh partfile menjadi suatu compiler.

Apakah Mod Ilegal?

Sebelum membahas dari sisi legalitasnya, kalian harus tahu lebih dulu bahwa developer-developer aplikasi/game mendapatkan keuntungan dari mikrotransaksi di dalam game.

Sebagai contoh, jika kalian mendownload suatu aplikasi penghemat daya secara gratis, namun kalian harus membayar biaya tambahan untuk mendapat fitur tambahan.

Alih-alih membayar biaya tersebut, kalian malah menggunakan mod APK yang semua fitur tambahannya sudah terbuka secara cuma-cuma.

Hal itulah yang biasanya dihindari oleh developer aplikasi manapun, karena sumber pendapatan mereka tentunya akan terganggu.

Oleh karena itulah berbagai developer game ternama sangat mengantisipasi hal-hal seperti ini dengan memban penggunanya yang memberi mod secara permanen.

Beruntungnya, di Indonesia sudah ada pasal yang mengatur masalah modifikasi suatu aplikasi tanpa seizin developernya yang diatur pada UU  ITE Pasal 30 Ayat 2 & 3.

Meskipun begitu, kalian tetap memodifikasi game atau aplikasi yang tidak terdapat mikrotransaksi di dalamnya.

Contohnya adalah game GTA (Grand Theft Auto), dimana kalian bisa bebas memberikan mod sebanyak mungkin agar game nya menjadi lebih unik.

Bahaya Menggunakan Mod

Meskipun menggunakan mod bisa sangat berbahaya, namun sayangnya masih banyak orang yang menyepelekannya dengan alasan tidak terjadi apa-apa pada hp/PC mereka.

Berikut ini adalah beberapa bahaya jika kalian menggunakan APK mod:

  • Banyak virus yang masuk yang membuat hp jadi lemot dan baterainya cepat habis.
  • Akan muncul banyak iklan dan popup secara terus-menerus yang tentunya sangat mengganggu.
  • Terdapat indikasi mata-mata yang akan membahayakan privasi kalian dengan melihat atau bahkan mencuri data-data pribadi kalian.
  • Akun terancam diban secara permanen.

Kutip Istilah Ini 👇

Verdianto, Dwi Arizki. 2022. “Mod - Pengertian, Cara Membuat, dan Bahaya Menggunakannya”. Teknogram. Diakses 3 November 2022. https://teknogram.id/kamus/mod/

Berhasil Disalin