Gboard Kini Beralih ke Floating Keyboard di Mode Landscape

Gboard Kini Beralih ke Floating Keyboard di Mode Landscape

Kesulitan mengetik di mode ponsel landscape kini bisa diatasi dengan kemampuan baru floating keyboard dari Gboard.

Aplikasi keyboard untuk Android yang memiliki fungsi unik memanglah banyak, namun Gboard lebih menonjol dengan daftar fitur yang terus bertambah.

Seperti kebanyakan keyboard ponsel lainnya, tata letak keyboard Gboard saat ponsel digunakan secara landscape cukup mengganggu.

Tidak sedikit orang yang perlu mengetik saat ponsel diputar ke samping, dimana Gboard juga akan ikut berputar menjadi lebih panjang.

Tampaknya ‘kerepotan’ saat mengetik dengan mode landscape akan segera berakhir dengan perubahan besar di Gboard.

Pada Gboard versi beta terbaru yang tersedia di Play Store (versi 13.6.06.574113912), semua masih terlihat normal ketika pengguna membuka keyboard dalam mode portrait.

Namun, ketika ponsel dimiringkan ke mode landscape, Gboard otomatis beralih ke tata letak floating atau mengambang, bukan lagi tata letak yang panjang membentang hingga hampir menutupi layar ponsel.

Menariknya, ini bukan pertama kali tata letak floating di mode landscape keyboard Google terlihat.

Pengguna di Reddit memperhatikan hal ini telah terjadi hampir setahun lalu ketika update tersebut masih dalam tahap pengujian awal.

Namun, sekarang tampaknya semua penguji beta Gboard dapat menikmati tata letak floating otomatis yang diaktifkan secara default.

Hal ini menunjukkan Google telah meluncurkan kemampuan baru itu secara luas.

Melansir Android Authority, setelah diuji pada beberapa perangkat Google dan Samsung, Gboard versi beta menunjukkan keyboard floating saat digunakan dalam mode landscape.

Pengujian ini terlepas dari apa model ponselnya dan versi OS yang digunakan.

Namun, keyboard Gboard tidak beralih ke tata letak floating ketika digunakan pada ponsel manapun yang diuji dengan Gboard versi stabil terbaru.

Meski demikian, diperkirakan hanya masalah waktu saja sebelum Gboard bisa berubah menjadi floating di mode landscape pada versi stabil, lantaran sudah sepenuhnya diluncurkan di versi beta.

Dengan tata letak yang mengambang, pengguna Gboard bisa memindahkan keyboard ke posisi mana saja dengan menggeser pegangan di bagian bawah.

Sistem Google akan mengingat dimana letak pengguna memposisikannya untuk terakhir kali, bahkan jika pengguna beralih ke aplikasi lain mulai dari mode portrait dan berubah lagi ke mode landscape.

Fitur Widget Layar Kunci Akan Hadir Kembali di Android 14

Android 14 versi beta akan hadir dengan fitur baru, di mana pengguna bisa menerapkan widget ke layar kunci (lock screen) mereka.

Instagram Akan Hadirkan Fitur untuk Matikan Tanda DM Telah Dibaca

Instagram tengah menguji fitur untuk mematikan tanda telah dibaca pada DM. Perubahan ini akan berdampak cukup besar pada privasi penerima pesan.

Microsoft Luncurkan Marketplace Pass Minecraft, Segini Biayanya!

Microsoft luncurkan fitur marketplace pass untuk game Minecraft yang memiliki 150 lebih konten berlangganan.

Microsoft Update Persyaratan CPU untuk Menggunakan Windows 11

Beberapa model telah ditambahkan sebagai syarat untuk bisa menggunakan Windows 11, kebanyakan adalah CPU model baru!

TikTok Kini Bisa Unggah Konten Langsung Dari Aplikasi Pihak Ketiga

Berkat fitur Direct Post, konten TikTok bisa diunggah langsung dari berbagai aplikasi edit populer seperti Adobe Premiere Pro, CapCut, hingga Twitch.

YouTube Rilis YouTube Create, Aplikasi Edit Video dengan Fitur AI

YouTube menghadirkan YouTube Create dengan banyak fitur, sehingga konten kreator tidak perlu aplikasi lain untuk mengedit videonya.