Microsoft Update Persyaratan CPU untuk Menggunakan Windows 11

Microsoft Update Persyaratan CPU untuk Menggunakan Windows 11

Beberapa model telah ditambahkan sebagai syarat untuk bisa menggunakan Windows 11, kebanyakan adalah CPU model baru!

Persyaratan sistem yang harus dipenuhi untuk bisa menggunakan OS Windows 11 semakin berat.

Berbagai bentuk pembatasan sebagai rangkaian dari keputusan yang telah dibuat oleh pihak Microsoft mendapat banyak kritikan, bahkan sejak sebelum OS tersebut resmi diluncurkan.

Sebagian besar PC secara resmi tidak bisa mengupgrade ke OS Windows 11 dari OS Windows 10 atau versi OS lainnya. Kondisi ini dianggap menyulitkan para penggunanya di masa mendatang.

Parahnya lagi, pihak Microsoft tidak akan memberikan dukungan untuk prosesor model lama. Mau tidak mau, untuk bisa menggunakan OS Windows 11, para pengguna harus menggunakan spesifikasi PC yang memenuhi standar, khususnya pada prosesor yang lebih baru.

Baru-baru ini, pihak Microsoft telah meluncurkan OS Windows 11 versi 22H2 untuk bisa dinikmati masyarakat umum. Hanya saja, untuk bisa menikmatinya, para pengguna harus memastikan bahwa prosesor pada perangkat PC nya merupakan model dan generasi terbaru.

Berdasarkan persyaratan resmi yang diperbarui oleh pihak Microsoft pada awal bulan Oktober 2022, OS Windows 11 hanya bisa digunakan pada perangkat PC yang didukung oleh prosesor generasi ke 13 Intel.

Selain itu, desktop yang menggunakan Ryzen 7000 AMD juga secara resmi mendapatkan dukungan untuk bisa menggunakan OS Windows 11.

Para petinggi Microsoft pun mengungkapkan, bahwa tidak ada rencana untuk memberi dukungan atas penggunaan OS Windows 11 versi 22H2 pada prosesor yang lebih tua.

Tahun lalu, pihak Microsoft memang sempat mencoba memberikan dukungan untuk perangkat CPU dengan prosesor generasi ke 7 seperti Xeon W Series dan Core X Series.

Selain prosesor, persyaratan lain yang harus dipenuhi seperti halnya minimal RAM 4GB, internal storage 64GB, TPM 2.0 dan UEFI secure boot.

Sederet persyaratan ini dibutuhkan dengan harapan bisa memberikan pengalaman terbaik bagi para pengguna selama menggunakan OS Windows 11.

Namun untuk saat ini, tidak akan ada perubahan apapun pada daftar kompatibilitas yang harus dimiliki oleh perangkat PC.

Dari semua fakta yang ada, sudah cukup jelas bahwa Microsoft sangat ingin para penggunanya bisa mengupgrade ke perangkat PC terbaru.

Setidaknya harus dibekali dengan prosesor generasi 8 Intel atau AMD Zen 2.

Meskipun pada dasarnya masih bisa digunakan untuk generasi 7 Intel, namun akan banyak keterbatasan karena dukungan ke prosesor yang lebih lama tak akan dilakukan.

Awas! Update Windows 11 Ternyata Punya Beberapa Masalah

Para pengguna Windows 11 melaporkan adanya beberapa masalah yang muncul setelah pembaruan ke versi KB5026446. Ini daftarnya.

OpenAI Luncurkan DALL-E 3 yang Terintegrasi dengan ChatGPT

OpenAI menghadirkan DALL-E 3, sebuah alat di mana seseorang dapat menghasilkan gambar hanya dengan memberi perintah pada ChatGPT.

Android 14 Bakal Hadirkan Fitur Hearing Protection, Apa Fungsinya?

Fitur hearing protection di Android 14 akan berikan peringatan saat pengguna mendengarkan musik dengan volume yang terlalu keras.

WhatsApp Kini Bisa Sematkan Lebih dari Satu Pesan Secara Bersamaan

WhatsApp kembali akan merilis fitur baru untuk memudahkan para penggunanya dalam menyematkan pesan lebih dari satu.

Chatbot Bing Ternyata Punya Fitur “Celebrity Mode”, Ini Fungsinya!

Fitur chatbot Bing milik Microsoft ternyata memiliki fitur tersembunyi yang bernama Celebrity Mode, apa fungsinya?

Bocoran Harga dan Spesifikasi Xiaomi 13T, Siap Rilis Awal September

Xiaomi akan merilis Xiaomi 13T dengan berbagai fitur unggulan awal September nanti. Ini bocoran harga dan spesifikasinya.