Fitur Widget Layar Kunci Akan Hadir Kembali di Android 14

Fitur Widget Layar Kunci Akan Hadir Kembali di Android 14

Android 14 versi beta akan hadir dengan fitur baru, di mana pengguna bisa menerapkan widget ke layar kunci (lock screen) mereka.

Tanggal rilis Android 14 versi stabil tampaknya ditunda oleh Google lantaran ada upaya perbaikan yang berkelanjutan dalam beberapa minggu terakhir.

Selain informasi soal penundaan tersebut, Android 14 membawa kabar lain yang diungkap oleh Mishaal Rahman, seorang jurnalis yang memiliki keahlian dalam meliput Android hingga sistem operasi lain yang banyak digunakan di dunia.

Dalam unggahan di X, Mishaal Rahman menemukan hal menarik dalam Android 14 versi beta terbaru.

Disebutkan bahwa Android 14 versi beta mungkin akan menerapkan kembali fitur widget di layar kunci, seperti yang pernah terjadi sebelumnya.

SystemUI baru bernama ‘widget_on_keyguard’ menunjukkan bahwa Google tengah berupaya menghadirkan kembali widget di layar kunci.

Namun, fitur widget di layar kunci kemungkinan besar akan menjadi fitur eksklusif Pixel, sebab hal tersebut hanya tersedia di Android 14 versi beta yang ditujukan untuk Pixel.

Meskipun tidak banyak hal yang bisa membuktikannya, masuk akal bagi Google untuk mengembalikan fitur tersebut sejak Apple menerapkan widget ke layar kunci iOS dari tahun lalu.

Selain fitur baru yang dipercaya akan hadir di Android 14, versi beta juga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pintasan di layar kunci.

Shortcut yang ada di pojok kiri dan kanan bawah layar nantinya bisa diganti dengan aplikasi pilihan pengguna.

Lagi-lagi, fitur pintasan di layar kunci tersebut baru terlihat di Ponsel Pixel.

Belum diketahui apakah ponsel dengan OS Android 14 lainnya bisa mendapatkan fitur ini.

Alih-alih menggunakan shortcut bawaan ponsel, pengguna Android 14 versi beta bisa memilih aplikasi dan tindakan apa saja yang ingin ditampilkan dalam shortcut tersebut.

Beberapa aplikasi yang bisa ditampilkan dalam shortcut di antaranya kamera, Google Home, aplikasi dompet digital, perekaman video instan hingga pemindai kode QR secara langsung di layar kunci.

Sementara itu, pintasan yang bisa ditampilkan pada shortcut layar kunci mulai dari senter, pengaktifan mode jangan ganggu, mode senyap, dan banyak lagi.

Lantas, bagaimana cara mengubahnya?

Pengguna cukup membuka menu Wallpaper dan Gaya melalui pengaturan.

Setelah itu, pilih Layar Kunci dan temukan sub menu Pintasan.

Apple Pencil 3 Resmi Diluncurkan, Ada Port USB-C Tersembunyi!

Apple akan merilis Apple Pencil 3 pada awal November mendatang dengan harga lebih murah dibanding dua generasi sebelumnya.

Resmi Dirilis, Counter-Strike 2 Hadirkan Grafik yang Super Mulus

Melalui akun Twitternya, Valve mengumumkan bahwa Counter-Strike 2 sudah resmi dirilis dengan grafik yang super mulus dari pendahulunya.

Google Search Kini Bisa Pecahkan Soal Trigonometri hingga Kalkulus

Melalui Google Search dan Google Lens, pengguna bisa mendapatkan bantuan untuk mengerjakan soal rumit seperti trigonometri, kalkulus, geometri, hingga fisika.

YouTube Rilis YouTube Create, Aplikasi Edit Video dengan Fitur AI

YouTube menghadirkan YouTube Create dengan banyak fitur, sehingga konten kreator tidak perlu aplikasi lain untuk mengedit videonya.

Rilis Tahun Depan, Android 15 Pakai Kode Nama “Vanilla Ice Cream”?

Kode nama Android 15 yang akan rilis tahun depan telah bocor di Internet dan diketahui bernama Vanilla Ice Cream. Benarkah?

Xiaomi 13T Bakal Rilis 26 September dan Dibekali Kamera Leica

CEO Xiaomi mengkonfirmasi bahwa seri Xiaomi 13T akan dirilis pada 26 September di Berlin. Ini bocoran terbarunya.