Google Search Kini Bisa Pecahkan Soal Trigonometri hingga Kalkulus

Google Search Kini Bisa Pecahkan Soal Trigonometri hingga Kalkulus

Melalui Google Search dan Google Lens, pengguna bisa mendapatkan bantuan untuk mengerjakan soal rumit seperti trigonometri, kalkulus, geometri, hingga fisika.

Google memperkenalkan fitur baru Google Search dan Google Lens yang bisa membantu pelajar memecahkan soal matematika, sains, hingga fisika.

Update baru dari Google ini akan memberikan solusi dan penjelasan langkah demi langkah, sehingga memudahkan penggunanya memecahkan masalah matematika yang kompleks.

Dalam situs resminya, Google menyebutkan perusahaan memahami rasa frustasi ketika seseorang mencoba menyelesaikan soal matematika namun tidak yakin dengan langkah selanjutnya yang harus dilakukan.

Kini, update baru Google Search dan Google Lens dapat memberi bantuan untuk mengerjakan soal-soal yang rumit, mulai dari trigonometri, kalkulus, geometri, bahkan soal fisika.

Langkah demi langkah cara mengerjakan soal akan muncul setelah pengguna memasukkan persamaan atau integral ke dalam bilah pencarian.

Pengguna juga bisa mengetikkan ‘math solver’ atau pemecah matematika untuk mencoba kemampuan ini di desktop

Namun, fitur ini belum tersedia di perangkat seluler dan dikabarkan akan segera diluncurkan.

Selain mengetikkan pertanyaan yang menerangkan soal, pengguna bisa mengambil gambar dengan Google Lens sebagai alternatif yang lebih mudah.

Saat menyelesaikan soal geometri yang sulit dijelaskan dengan kata-kata, seperti mencari luas segitiga dengan diagram dan pengukuran sisi-sisinya, pengguna dapat memotret soal dengan Google Lens.

Google Lens dapat menafsirkan aspek visual dan teks dari masalah serta memberikan solusi langkah demi langkah.

Dengan demikian, pengguna lebih mudah mendapatkan bantuan tanpa perlu menjelaskan lewat kata-kata.

Google juga memanfaatkan model bahasa besar/Large Language Models (LLM) agar Google Search bisa menjawab soal kata yang berkaitan dengan fisika dengan jawaban yang lebih baik.

Pada bulan Maret lalu, Google memasukkan Pathways Language Model (PaLM) ke dalam Bard untuk meningkatkan kemampuan matematika dan logika.

Hal ini memungkinkan Bard memberikan jawaban atas soal kata dan matematika dengan multi langkah.

Dengan fitur tersebut, pengguna bisa mendapatkan bantuan untuk mengidentifikasi nilai yang diketahui dan tidak diketahui.

Selain itu, pengguna juga dapat memahami rumus mana yang harus digunakan dan kapan penggunaannya.

Dengan demikian, fitur baru dalam Google ini bisa membantu pengguna memecahkan masalah serupa dengan lebih baik di masa mendatang.

Valve akan Rilis Game Counter Strike 2 Setelah 11 Tahun Lamanya

Valve Corporation disinyalir akan merilis game Counter Strike 2 yang akan mulai diuji coba pada Maret tahun ini.

iOS 17 Punya Fitur Live Voicemail, Begini Cara Mengaktifkannya

iPhone resmi mendapatkan fitur live voicemail pada pembaruan update iOS 17 public beta beberapa hari yang lalu. Begini cara mengaktifkannya!

Lightroom di Android 14 Kini Bisa Edit Gambar Ultra HDR

Pengguna smartphone dengan OS Android 14 kini dapat mengedit gambar Ultra HDR lewat Adobe Lightroom yang kompatibel di perangkat tersebut.

Microsoft Tunda Update Windows 11 2023 pada Media Creation Tool

Pembaruan Windows 11 2023 saat ini tidak tersedia di MCT. Microsoft disinyalir tengah mempersingkat waktu install dan ukuran file unduhan.

Pengguna Threads Kini Bisa Hapus Post yang Muncul di Instagram & Facebook

Pengguna kini bisa memilih apakah ingin menampilkan postingan Threads di fitur carousel For You on Threads di Instagram dan Facebook atau tidak.

Windows 12 Dikabarkan Rilis Tahun 2024, Punya Banyak Fitur AI!

Windows versi baru dikabarkan akan rilis tahun 2024. Meski belum diumumkan secara resmi, versi ini digadang-gadang menjadi Windows 12.