Microsoft Hadirkan Copilot AI ke Ponsel Android

Microsoft Hadirkan Copilot AI ke Ponsel Android

Teknologi AI terbaru dari Microsoft, Copilot, hadir untuk pengguna Android dan bisa diunduh melalui Google Play Store.

Microsoft Copilot khusus untuk Android hadir dengan kemampuan yang bisa menghasilkan konten dan visual dari deskripsi sederhana yang diklaim menawarkan respon yang cepat, kompleks, dan tepat kepada pengguna. 

Kemampuan Copilot didapatkan dari model OpenAI terbaru, yakni GPT-4 dan Dall-E 3 yang merupakan chatbot AI Bing Chat milik Microsoft.

Selain itu, Copilot juga disisipi fitur AI lain yang sudah diganti mereknya dan digabungkan menjadi asisten AI generatif.

Microsoft Menghadirkan Copilot Secara Diam-diam

Peluncuran Microsoft Copilot diduga dilakukan secara diam-diam lantaran perusahaan belum mengumumkan perilisannya secara resmi.

Meskipun demikian, Copilot saat ini sudah terdaftar di Google Play Store dan dapat diunduh oleh seluruh pengguna Android.

Keberadaan Copilot di Google Play Store pertama kali ditemukan oleh Neowin. Tampaknya, Microsoft menghadirkan Copilot sejak 19 Desember 2023 jika merujuk pada waktu terakhir aplikasi tersebut diperbaharui.

Berdasarkan keterangannya, Copilot dapat digunakan secara gratis, tetapi ada kemungkinan pembelian dalam aplikasi.

Microsoft sendiri telah mengganti merek Bing Chat AI menjadi Copilot pada bulan September lalu.

Namun, bukan hanya berganti nama, Copilot didesain menjadi aplikasi baru yang sepenuhnya didedikasikan untuk menyediakan akses ke asisten percakapan AI Microsoft.

Melansir Gadgets360, pengguna Copilot tidak akan terganggu oleh browser atau Bing, tetapi sesekali iklan akan muncul di aplikasi baru tersebut.

Pengguna Copilot Tak Diharuskan Masuk ke Akun Microsoft

Untuk menggunakan Copilot, pengguna Android ini tidak diharuskan masuk ke akun Microsoft mereka.

Namun, Microsoft menjelaskan bahwa jika pengguna masuk menggunakan ID email Microsoft, akan ada lebih banyak pertanyaan dan percakapan yang lebih panjang dengan chatbot di dalamnya.

Copilot juga akan meminta izin akses lokasi, meskipun hal ini tidak wajib untuk dilakukan.

Pengguna akan menemukan tombol dalam Copilot yang bisa digunakan untuk mengaktifkan akses GPT-4 dengan peringatan bahwa penggunaannya bisa membuat aplikasi lebih lambat saat digunakan untuk berkreasi.

Sementara itu, berdasarkan laporan Windows Latest yang berasal dari sumber internal, Microsoft dikabarkan tengah mengerjakan Copilot untuk versi iOS.

Laporan tersebut mengatakan bahwa proyek Copilot untuk iOS disebut-sebut hampir siap dan bisa segera diluncurkan. Meski demikian, belum diketahui kapan tepatnya peluncuran tersebut.

Saat ini, pengguna iOS bisa mengakses Microsoft Copilot melalui aplikasi Bing Chat.

Vivo Pad Air Resmi Meluncur, Ini Bocoran Desain & Spesifikasinya!

Vivo kembali merilis produk tablet terbarunya yang diberi nama Vivo Pad Air. Mampukah tablet ini bersaing dengan iPad Air?

Assistant with Bard: Google Assistant Baru yang Dilengkapi AI

Asisten digital yang lebih cerdas bakal segera hadir lewat kolaborasi antara Google Assistant dan Google Bard.

Spotify Bakal Punya AI-Generated Playlist, Bisa Bikin Lewat Prompt!

Spotify dikabarkan tengah mengembangkan fitur playlist bertenaga AI melalui source code terbarunya, di mana pengguna bisa memasukkan prompt tertentu.

Apple Rilis iOS 16.4 Beta, Hadirkan Emoji Baru dan Push Notifications

Apple meluncurkan iOS 16.4 versi public Beta dengan memperbarui beberapa fitur seperti penambahan emoji baru dan push notifications untuk aplikasi Web.

Vivo V29 5G Akan Dirilis Secara Global 7 September Mendatang

Vivo V29 yang mendukung konektivitas 5G akan mulai dirilis global pada 7 September 2023. Berikut spesifikasi detailnya!

ChatGPT Kini Sudah Bisa Browsing Internet Secara Real Time!

Pengguna berbayar (Plus dan Enterprise) kini sudah bisa memanfaatkan ChatGPT untuk browsing internet dan mendapatkan informasi secara real time.