WhatsApp Segera Rilis Fitur Voice Chat Mirip Obrolan Discord

WhatsApp Segera Rilis Fitur Voice Chat Mirip Obrolan Discord

Pengguna WhatsApp dalam grup besar bisa memanfaatkan voice chat untuk obrolan yang lebih fleksibel dan tidak mengganggu anggota lain.

WhatsApp, sebuah perusahaan milik Meta mengumumkan pada Senin bahwa mereka meluncurkan fitur voice chat atau obrolan suara baru untuk grup yang mengingatkan pada Discord.

Fitur voice chat ini memungkinkan percakapan grup yang fleksibel.

Saat voice chat dimulai, WhatsApp tidak memberikan notifikasi atau pemberitahuan kepada anggota grup tersebut secara otomatis.

Tujuan WhatsApp menghadirkan fitur ini pada platform-nya adalah agar pengguna yang tidak ingin bergabung dalam obrolan tidak terlalu terganggu.

Fitur voice chat tentu berbeda dengan panggilan grup yang akan menelepon setiap anggota dalam grup.

Voice chat akan dimulai secara diam-diam dengan gelembung obrolan yang dapat diketuk pengguna jika ingin bergabung.

Dengan voice chat, WhatsApp memungkinkan anggota grup melakukan percakapan sambil tetap mengaktifkan komunikasi melalui chat bagi mereka yang tidak dapat bergabung.

Pengguna dapat dengan mudah membunyikan, menutup panggilan, atau mengirim pesan ke grup tanpa meninggalkan voice chat yang sedang berlangsung.

Caranya, cukup akses kontrol panggilan yang terletak di bagian atas obrolan.

Berdasarkan rencana, WhatsApp akan meluncurkan fitur voice chat untuk pengguna iPhone dan Android dalam beberapa minggu mendatang.

Voice chat akan tersedia pertama kali untuk  grup yang terdiri dari 33 orang atau lebih.

Bahkan, berdasarkan informasi yang tertera di situs resmi WhatsApp, grup dengan anggota hingga 128 orang juga bisa mendapatkan fitur ini.

Grup kecil dengan anggota di bawah 33 orang kemungkinan akan mendapatkan fitur ini nanti karena panggilan grup WhatsApp yang terdiri dari 32 orang saat ini sudah melayani grup yang lebih kecil.

Perlu diingat bahwa WhatsApp menjamin keamanan penggunaan voice chat dengan sistem enkripsi end-to-end secara default.

Menilik fungsinya, ada kemiripan antara fitur voice chat di WhatsApp dengan apa yang ada di platform lain seperti Telegram, Discord, dan Slack.

Ini karena fitur voice chat memungkinkan pengalaman obrolan lisan yang lancar untuk sekelompok besar orang.

Peluncuran fitur voice chat tidak lagi mengejutkan lantaran WABetaInfo sebelumnya melaporkan bahwa WhatsApp tengah mengujinya pada bulan Agustus.

Peluncuran ini juga sejalan dengan penambahan fitur baru WhatsApp yang lain seperti dukungan multi-perangkat, login dengan kunci sandi, dan alat bisnis yang disempurnakan.

iPhone 16 Akan Andalkan Fitur Baru di iOS 18, Termasuk Generative AI!

Bukan peningkatan perangkat keras, iPhone 16 mendatang akan menonjolkan iOS 18 dengan kinerja dan keamanan yang lebih baik.

Spotify Rilis Merch Hub untuk Belanja Merchandise Artis

Penggemar musik kini dapat membeli merchandise artis favorit langsung melalui Spotify tanpa perlu mengakses toko artis tersebut.

Find My Device di Android 15 Bisa Lacak Ponsel Meski dalam Kondisi Mati

Sistem Android 15 luncurkan fitur baru untuk lacak ponsel pintar meski sedang dalam keadaan mati atau nonaktif.

Tecno Spark 20 Pro+ Bakal Rilis Januari 2024, Punya Kamera 108 MP!

Dibandingkan pendahulunya, Spark 20 Pro+ akan menampilkan pembaruan pada layar, desain modul kamera belakang, hingga desain body secara keseluruhan.

Material You di Android 14 Punya Gaya Warna Baru Bernama “Fidelity”

Tim Google Design akan hadirkan gaya warna baru bernama Fidelity untuk Material You pada Android 14. Begini detailnya!

ChatGPT Kini Bisa Dikustom Sesuai Keinginan Penggunanya

Pengguna bisa membuat ChatGPT sesuai preferensi sendiri yang disebut GPT. Kedepannya, GPT yang digunakan orang lain juga bisa menghasilkan uang.