iPhone 16 Akan Andalkan Fitur Baru di iOS 18, Termasuk Generative AI!

iPhone 16 Akan Andalkan Fitur Baru di iOS 18, Termasuk Generative AI!

Bukan peningkatan perangkat keras, iPhone 16 mendatang akan menonjolkan iOS 18 dengan kinerja dan keamanan yang lebih baik.

Seri iPhone 15 yang belum lama ini diluncurkan Apple merupakan peningkatan produk iPhone yang cukup baik.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah iPhone, Apple menghadirkan berbagai pembaruan pada seri iPhone 15 mulai dari cutout Dynamic Island secara menyeluruh, chipset baru, USB-C, hingga tombol tindakan di model Pro.

Model iPhone 15 Pro Max juga mendapatkan kamera zoom terlipat untuk pertama kalinya.

Mengutip Android Authority, Mark Gurman, seorang jurnalis Bloomberg, mengatakan bahwa seri iPhone 16 yang diperkirakan akan rilis tahun 2024 tidak akan memberikan peningkatan yang besar dari segi hardware.

Menurut Gurman, Apple akan mengandalkan software untuk mendapatkan perhatian dan menjual model baru kepada masyarakat.

Senada dengan laporan tersebut,  Apple mengumumkan perubahan penting pada sistem iOS 18 yang akan memperkenalkan fitur dan desain baru serta peningkatan signifikan dalam kinerja dan keamanan.

Gurman mencatat bahwa Apple sedang berupaya menghadirkan fitur AI generatif baru ke sistem operasi iPhone yang baru.

“Pembaruan iOS juga harus ekstra mengesankan karena perangkat keras seri iPhone 16 tidak akan mengalami kemajuan besar tahun depan,” tuturnya.

Meskipun laporan Gurman di Bloomberg tidak merinci fitur spesifik yang diharapkan dalam OS baru ini, laporan sebelumnya menunjukkan bahwa Apple berlomba mengejar Google dan OpenAI dalam AI generatif untuk iPhone.

Ditambah lagi, Samsung baru-baru ini mengenalkan teknologi AI di ponselnya termasuk terjemah panggilan secara real-time, ringkasan dokumen, pembuatan gambar, dan penyusunan pesan.

Jadi, Apple juga diharapkan dapat menawarkan fitur canggih di atas.

Sorotan utama dalam iOS 18 adalah asisten pribadi Apple, Siri, yang diperbarui dan disempurnakan.

Diharapkan juga Apple memberikan peningkatan di fitur-fitur lain yang tidak terkait dengan AI generatif.

Gurman juga menegaskan kembali bahwa Apple memutuskan untuk menghentikan sementara pengembangan pembaruan iPhone dan Mac barunya karena perbaikan bug. 

Dengan ditundanya pengembangan produk baru Apple tersebut, diharapkan iOS 18 bisa lebih ditingkatkan dan menjadi teknologi yang lebih sempurna.

Biasanya, Apple mengumumkan software barunya pada Konferensi Pengembang Sedunia di bulan Juni.

Setelah software baru diumumkan, perusahaan akan merilis versi beta sebelum benar-benar dirilis pada versi final kepada semua pengguna di musim gugur setiap tahunnya.

Android 14 Bakal Punya Fitur Kesehatan Baterai, Ini Fungsinya!

Android 14 akan hadirkan fitur baru yang berhubungan dengan kesehatan baterai. Seperti apa detailnya?

Xiaomi Akhiri Dukungan Update Mi 10T, Mi 10T Pro, dan Poco X3

Dukungan perangkat lunak Mi 10T, Mi 10T Pro, dan Poco X3 akan berakhir. Ketiga ponsel ini hanya dijanjikan tiga tahun pembaruan sejak diluncurkan.

YouTube Uji Tombol ‘Play Something’ untuk Putar Video Secara Acak

YouTube tengah menguji tombol ‘Play Something’ yang akan menyajikan video acak bagi pengguna yang sedang kehabisan tontonan.

Meta Ciptakan AI untuk Terjemahkan Lebih dari 1000 Bahasa

SeamlessM4T, teknologi AI dari Meta akan membantu orang-orang dengan bahasa yang berbeda untuk bisa berkomunikasi dengan lancar.

Pengguna YouTube Kini Tak Bisa Lagi Pakai Ad Blocker!

Pengguna yang memanfaatkan ad blocker di YouTube akan terkena pemblokiran. YouTube memberikan dua opsi agar bisa terus menonton di platform-nya.

Tecno Spark 20 Siap Rilis di Indonesia, Begini Spesifikasinya!

Ponsel baru dari Tecno, yaitu Tecno Spark 20 resmi dirilis secara global dan akan hadir juga di Indonesia. Seperti apa spesifikasinya?