PS5 Pro Dirumorkan Akan Rilis September 2023, Begini Spesifikasinya!

PS5 Pro Dirumorkan Akan Rilis September 2023, Begini Spesifikasinya!

Sony dikabarkan akan meluncurkan seri terbaru dari PlayStation 5, yaitu PlayStation 5 Pro (PS5 Pro) pada September 2023 mendatang. Apa bedanya?

Setelah tiga tahun rilisnya PS5, Sony dikabarkan akan meluncurkan PlayStation 5 Pro dengan spesifikasi yang lebih canggih dari seri PS5 sebelumnya.

Rumor mengenai rilisnya PS5 Pro ini sudah ada sejak tahun 2022 lalu. Kabarnya, PS5 Pro akan dirilis pada September 2023 mendatang.

Berbeda dari kabar sebelumnya yang menyebut bahwa PS5 Pro ini akan meluncur pada April mendatang.

Menurut informasi dari GizChina yang dirangkum Teknogram pada Senin (20/2/2023), prediksi ini baru muncul berdasarkan riwayat peluncuran PlayStation 4 (PS4) pada tahun 2013 silam.

Tiga tahun setelahnya, Sony mengumumkan PS4 Slim dan PS4 Pro pada September 2016.

Dari pengalaman tersebut, beberapa rumor memperkirakan Sony akan menggunakan jadwal yang sama untuk merilis konsol terbarunya tahun ini, bisa jadi PS5 Pro atau PS5 Slim, atau bahkan keduanya.

Sony sendiri juga belum merilis pernyataan resmi mengenai spesifikasi dari konsol terbarunya.

Tetapi, rumor mengenai spesifikasi lengkapnya ini ternyata sudah mulai beredar di kalangan pengguna setia PlayStation.

Dikutip dari Insider Gaming, PS5 Pro nantinya akan memiliki hardware yang hampir mirip dengan pendahulunya yakni PS5 reguler yang sudah ada di pasaran.

Salah satu perbedaannya adalah terdapat di bagian eksternal konsol dan PS5 Pro akan dibekasi fitur baru berupa disk drive yang dapat dilepas (detachable disk drive).

Fitur tersebut dapat disambungkan ke PS5 dengan menggunakan port USB-C tambahan di belakang konsol.

Desain dari disk drive portabel ini akan membuatnya terlihat lebih ramping dan tidak akan merusak estetika PS5 Pro itu sendiri.

Selain itu, bobotnya pun juga diklaim akan menjadi lebih ringan.

Apabila rusak, pengguna cukup membeli disk drive portabel secara terpisah dan tidak perlu repot membeli konsol baru lagi.

Untuk bagian internal dari konsol ini dirumorkan akan ada peningkatan dari seri PS5 sebelumnya, seperti sistem pendinginan yang lebih baik serta membawa APU AMD dengan arsitektur RDNA3.

Media penyimpanannya juga akan menjadi lebih besar, yakni sebesar 2TB sehingga pengguna dapat mengunduh lebih banyak game dibandingkan seri PS5 sebelumnya yang berkapasitas 664 GB saja.

Tidak hanya PS5 Pro nya, pihak Sony dikabarkan sedang menyiapkan aksesoris terbaru yang dirilis bersamaan dengan PS5 Pro pada September mendatang.

Aksesoris tersebut adalah earbuds wireless “Project Nomad” dan headset wireless “Voyager”.

Earbuds Project Nomad diyakini memiliki daya tahan baterai mirip dengan AirPods milik Apple, yakni selama 5 jam.

Ketika baterai habis, pengguna dapat mengisi dayanya kembali dengan menggunakan kabel USB-C yang disambungkan ke konsol PS5.

Sementara untuk headset Voyager memiliki kemampuan yang mirip dengan headset Inzone H7 yang dilengkapi fitur seperti teknologi audio spasial 360 dan kecepatan pengisian daya cepat.

Apple Pencil 3 Resmi Diluncurkan, Ada Port USB-C Tersembunyi!

Apple akan merilis Apple Pencil 3 pada awal November mendatang dengan harga lebih murah dibanding dua generasi sebelumnya.

Rumor iPhone 16 Pro: Layar Lebih Besar hingga Jaringan 5G yang Lebih Cepat!

Meski pengumumannya masih lama, sudah banyak rumor yang beredar terkait iPhone 16 yang akan diluncurkan.

Adobe Luncurkan Photoshop Versi Web yang Dilengkapi Tools AI

Photoshop versi web yang dilengkapi dengan tools AI dari Firefly hadir untuk pengguna berbayar. Begini penampakannya.

Saingi X, Threads Bakal Hadirkan Fitur Trending Topic

Threads diklaim tengah mengembangkan fitur trending topic. Hal ini diketahui dari informasi yang tidak sengaja diunggah karyawan Meta.

Android 14 Tambah Fitur Privasi Baru untuk Screen Recording

Android 14 menambahkan fitur baru untuk aplikasi Screen Recording. Fitur ini khusus dibuat untuk menjaga privasi dari pengguna.

YouTube Bakal Beri Label Khusus untuk Video Buatan AI

Kebijakan baru dari YouTube ini akan memberikan label khusus untuk konten video yang dibuat menggunakan AI.