Komunitas X Disebut Mulai Mirip Grup Facebook Gara-Gara Fitur Ini!

Komunitas X Disebut Mulai Mirip Grup Facebook Gara-Gara Fitur Ini!

Ada persyaratan baru bagi pengguna X yang ingin bergabung ke fitur Komunitas. Fitur ini mirip dengan apa yang diterapkan pada Grup Facebook.

Bagi pengguna Facebook yang masuk ke dalam sebuah Grup, pasti tidak asing lagi dengan berbagai pertanyaan yang diajukan sebelum masuk ke Grup tertentu.

Hal tersebut kini mulai berlaku bagi pengguna yang ingin bergabung dalam Komunitas X.

Platform sosial media yang dulunya dikenal sebagai Twitter itu mengadopsi fitur yang saat ini digunakan banyak Grup Facebook untuk memeriksa anggota sebelum bergabung, yakni pertanyaan yang diperlukan.

Pada Jumat, 13 Oktober 2023, perusahaan milik Elon Musk itu mengumumkan bahwa admin Komunitas di X kini dapat meminta pengguna menjawab pertanyaan ketika mereka meminta untuk bergabung sekaligus untuk menyetujui peraturan.

Jawaban dari pertanyaan tersebut bisa membantu admin untuk memutuskan apakah pengguna baru dapat diizinkan untuk bergabung atau tidak.

Fitur ini memberikan perlindungan minimal terhadap spammer dan bot, yang bisa mengganggu aktivitas Komunitas dengan postingan yang tidak diinginkan.

Selain itu, fitur ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengevaluasi Komunitas di X untuk memiliki status yang lebih eksklusif, lantaran orang yang diizinkan masuk hanyalah orang-orang terpilih yang dinyatakan layak bergabung.

Adanya fitur pertanyaan yang diajukan untuk bergabung dalam Komunitas X memang mirip dengan apa yang dilakukan Facebook pada pengguna yang ingin bergabung dalam Grup.

Namun, fitur Facebook digadang-digadang memiliki kemampuan yang lebih canggih.

Pada aplikasi milik Meta ini, admin dapat meminta pengguna untuk menjawab beberapa pertanyaan sebelum dapat bergabung dan juga menegaskan bahwa mereka menyetujui aturan spesifik yang ditetapkan dalam Grup.

Beberapa Grup bahkan menanyai calon anggota tentang apa yang dinyatakan dalam peraturan untuk memastikan calon anggota baru telah membacanya.

Hal yang berbeda dari Grup Facebook dan Komunitas X adalah Facebook mengizinkan siapapun untuk membuat Grup.

Sementara itu, membangun dan menjalankan Komunitas di X adalah fitur terbatas yang hanya bisa dilakukan oleh pelanggan X Premium.

Hal ini karena hanya pengguna terverifikasi yang bisa membuat Komunitas di X, di mana verifikasi adalah fitur andalan langganan berbayar X.

Akan tetapi, bergabung dengan Komunitas X terbuka untuk semua pengguna.

Berkat hal tersebut, beberapa Komunitas X memiliki basis pengguna yang cukup besar, seperti Komunitas Apple dengan 52.500 anggota dan The Design Sphere dengan 117.000 anggota.

Google Lens Kini Bisa Dinikmati di Halaman Pencarian Google

Pengguna bisa langsung mengunggah gambar yang ingin dicari lewat halaman depan pencarian Google.

Rumor: iOS 17 Tidak Tersedia di iPhone 8 dan iPhone X, Benarkah?

iOS 17 yang akan rilis mendatang dirumorkan tidak tersedia untuk iPhone X dan iPhone 8. Apakah benar begitu? Begini penjelasannya!

WhatsApp Akan Hadirkan Fitur People Nearby Share di Ponsel Android

Versi WhatsApp terbaru akan memungkinkan pengguna melakukan transfer file yang terenkripsi end to end ke pengguna lain dalam jarak dekat.

Awas! Update Windows 11 Ternyata Punya Beberapa Masalah

Para pengguna Windows 11 melaporkan adanya beberapa masalah yang muncul setelah pembaruan ke versi KB5026446. Ini daftarnya.

Samsung Galaxy S24 Ultra Bakal Punya Perekaman Video 4K/120fps

Fitur baru Samsung Galaxy S24 series kembali bocor ke publik. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk merekam video dengan resolusi hingga 4k/120fps.

Instagram Luncurkan 4 Fitur Baru untuk Gen Z, Ini Daftarnya!

Beberapa bulan mendatang, berbagai fitur baru Instagram akan segera hadir. Meta menargetkan fitur ini khusus untuk menarik pengguna Gen Z.