Spotify Rilis Merch Hub untuk Belanja Merchandise Artis

Spotify Rilis Merch Hub untuk Belanja Merchandise Artis

Penggemar musik kini dapat membeli merchandise artis favorit langsung melalui Spotify tanpa perlu mengakses toko artis tersebut.

Platform streaming musik populer Spotify secara resmi mengumumkan peluncuran fitur baru yang berfungsi sebagai wadah untuk belanja merchandise artis yakni Merch Hub.

Perusahaan mengumumkan Merch Hub pada Senin, 16 Oktober 2023.

Melalui Merch Hub, penggemar musik dapat membeli merchandise dari artis favorit melalui profil Spotify mereka.

Dengan demikian, penggemar musik bisa lebih mudah membeli merchandise artis hanya dengan aplikasi Spotify.

Sebelumnya, pengguna harus menelusuri profil artis, tampilan Now Playing, atau halaman rilis untuk mencari dan membeli merchandise yang diinginkan.

Dengan adanya Merch Hub, semua merchandise artis akan dikonsolidasikan dalam satu tempat khusus.

Merch Hub bukan hanya menampilkan item merchandise saja, tetapi juga menyediakan informasi lebih lanjut soal merchandise tersebut dengan menekan item yang diminati.

Ketika pengguna sudah memilih merchandise mana yang akan dibeli, proses order bisa dilakukan langsung melalui toko Spotify si artis.

Kemudahan pembelian ini berkat kemitraan Spotify dan Shopify.

Product Marketing Manager of Fan Monetization di Spotify, Heather Ellis berujar, “Merch Hub baru di Spotify adalah pengalaman belanja merchandise pertama yang disesuaikan dengan kebiasaan mendengarkan dan fandom seseorang.”

Ia juga menerangkan bahwa Spotify akan memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi untuk pengguna, khususnya dalam pengalaman untuk mencari merchandise terbaik.

Teknologi ini memungkinkan pengguna mendapatkan penawaran merchandise dari artis favorit, bukan sekedar mencarinya sendiri.

Keputusan Spotify untuk menambahkan Merch Hub dalam platform streaming musik tersebut sejalan dengan misinya untuk mendukung artis dan memberi mereka peluang untuk memonetisasi bakat mereka.

Dengan menghubungkan secara langsung antara pengguna dan merchandise artis, peluang para artis memperoleh pendapatan dari karya seni mereka bisa lebih besar.

Ide menghadirkan merchandise dalam Spotify sebenarnya bukanlah hal yang baru.

Pada tahun 2021, perusahaan meluncurkan kemitraan dengan Shopify dan telah melakukan sedikit upgrade untuk memfasilitasi pengguna belanja merchandise dari artis favorit yang didengarkan.

Namun, saat itu proses pembelian tidak dilakukan langsung melalui Spotify.

Pengguna hanya dapat menelusuri barang di Spotify dan akan diarahkan ke toko merchandise masing-masing artis setelah menentukan mana yang akan dibeli.

Apple Hentikan Pengerjaan Layar MircroLED di Apple Watch

Apple hentikan pengerjaan layar MicroLED untuk jam tangan pintar Apple Watch. Ini alasannya.

Google Rilis 9 Fitur Baru di Android, Ada Peredam Bising Hingga Emoji Baru!

Google resmi mengumumkan 9 fitur baru di OS Android pada acara Mobile World Congress 2023. Berikut detailnya.

Microsoft Bing Versi Baru Kini Terintegrasi dengan ChatGPT

Microsoft Bing telah merilis versi terbarunya yang terintegrasi dengan ChatGPT. Fitur ini sudah bisa dicoba secara terbatas oleh beberapa pengguna.

OPPO A2 Pro Akan Rilis 15 September, Begini Spesifikasinya!

OPPO A2 Pro akan dirilis 15 September mendatang dengan kisaran harga 4,3 jutaan. Begini detail spesifikasi yang ditawarkan.

Apple Akan Perbarui Seluruh Lini iPad Mulai Tahun Depan

Apple diperkirakan akan memperbarui seluruh iPad sepanjang tahun 2024, termasuk iPad Air 6, iPad mini 7, iPad 11, dan model iPad Pro OLED.

Microsoft Rilis Dynamics 365 Copilot, Asisten Bisnis Berbasis AI

Setelah mengintegrasikan Bing dengan chatGPT, kini Microsoft kembali merilis produk AI baru bernama Dynamics 365 Copilot.