Profil Artis di Spotify Kini Terbagi Jadi 3 Tab, Apa Saja Isinya?
Profil artis di Spotify menjadi salah satu cara platform streaming musik tersebut menghubungkan pengguna dengan idolanya.
Belum lama ini, Spotify meluncurkan perubahan terkait bagaimana pengguna bisa terhubung dengan artis di platform-nya.
Melalui halaman profil artis yang kini dibagi menjadi tiga tab utama, pengguna dapat mengenal karya-karya idolanya lebih jauh.
Adapun tiga tab utama yang tersedia dalam profil artis di Spotify antara lain adalah Music, Event, dan Merch.
Lagu, album artis, hingga biodata yang dapat ditautkan ke platform lain akan tersedia di tab Music.
Lebih jauh dari itu, fitur sosial seperti klip atau video pendek tentang kisah sang artis juga akan tersedia di sana.
Klip yang dimaksud dalam tab Music adalah video pendek berdurasi kurang dari 30 detik, mirip Stories di Instagram.
Para artis juga dapat menyertakan tautan penggalangan dana untuk mengumpulkan keuangan dari mitra seperti Cash App, GoFundMe, PayPal.me, Givealittle, iyzico, Mercado Pago, PayU, dan organisasi Music Relief.
Selain itu, tab Music juga bisa digunakan untuk menampilkan rilisan populer artis, daftar putar unggulan, radio, rekomendasi dari artis itu sendiri, hingga hal-hal yang penting bagi mereka.
Artis didorong untuk memperbarui profil dengan konten baru secara rutin, sebab pilihan mereka akan kadaluarsa setiap enam bulan.
Selanjutnya, tab Events digunakan sebagai wadah bagi pengguna yang ingin membeli tiket konser.
Bagi pengguna yang ingin mendapatkan pembaruan tentang event yang akan datang di wilayah mereka pun bisa memanfaatkan tab ini dengan menekan tombol ‘Tertarik’.
Spotify mencatat, adanya tab Events ikut meningkatkan penjualan tiket konser sebesar 15 persen dan meningkatkan keterlibatan dengan konser hingga 70 persen.
Kemudian, tab terakhir yang ada di profil artis adalah tab Merchandise.
Artis dapat menampilkan hingga 12 item merchandise mereka, di mana item yang paling baru terdaftar akan ditampilkan terlebih dahulu.
Untuk fitur ini, Spotify bermitra dengan Shopify yang telah bekerja sama sejak tahun 2021.
Para artis bisa menyinkronkan pilihan dari katalog produk mereka di Shopify ke aplikasi Spotify.
Desain tab baru di halaman profil artis tersedia di aplikasi seluler Spotify, namun belum tersedia di versi desktop ataupun web.