Saingi ChatGPT, Google Bard Kini Bisa Terhubung ke Gmail hingga YouTube

Saingi ChatGPT, Google Bard Kini Bisa Terhubung ke Gmail hingga YouTube

Bard yang terintegrasi dengan produk Google lain kini dapat melakukan banyak hal, misalnya seperti membuat resume untuk surat lamaran kerja.

Google Bard adalah program kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) buatan Google dengan konsep chatbot yang mirip dengan ChatGPT.

Google Bard mampu menyajikan prediksi kata dan berkomunikasi layaknya tanggapan dari manusia.

Kehadiran Google Bard awalnya merupakan reaksi spontan Google atas tingginya popularitas ChatGPT di awal tahun 2023. 

Tidak sekedar menjadi saingan, Google yang meluncurkan Bard kini lebih serius dengan mengintegrasikan teknologinya pada produk Google lain seperti Gmail, Google Docs, Maps, Google Drive, hingga YouTube.

Teknologi ini merupakan fitur baru dari Bardland, ketika ekstensi Bard diluncurkan.

Menurut Google, peluncuran teknologi canggih ini adalah cara yang benar-benar baru untuk berinteraksi dan berkolaborasi dengan Bard.

Dengan memasang ekstensi Bard di Google, pengguna bisa mendapatkan informasi relevan dari semua produk Google yang erat dengan kehidupan sehari-hari.

Lantas, apa yang bisa dilakukan Google Bard setelah terintegrasi dengan produk Google lain?

Sebagai contoh, jika pengguna merencanakan perjalanan dengan rekan-rekannya, Google Bard akan mengambil tanggal yang sesuai untuk semua orang dengan sumber dari Gmail, mencari informasi hotel dan penerbangan secara real-time.

Lebih jauh, Google dapat menunjukkan petunjuk arah ke bandara melalui Google Maps hingga menampilkan video YouTube tentang semua hal yang perlu dipersiapkan setelah pengguna tiba di tempat tujuan.

Contoh lainnya, jika pengguna akan melamar pekerjaan baru, Google Bard akan menemukan resume dari Drive dan merangkainya menjadi pernyataan pribadi dalam paragraf pendek.

Selanjutnya, data-data tersebut akan dikolaborasikan dengan surat lamaran pengguna.

Terkait kekhawatiran adanya pelanggaran privasi lantaran Bard dapat mengakses email dan dokumen pribadi, Google memastikan teknologinya tidak akan menggunakan informasi pribadi tersebut untuk menampilkan iklan atau melatih model Bard.

Data-data pengguna yang diakses oleh Bard juga tidak dapat dilihat oleh peninjau manusia atau pengguna lain.

Pengguna juga tidak perlu mengaktifkan integrasi Bard dengan produk Google lain, sebab Google akan mengintegrasikan secara default dan fitur tersebut dapat dinonaktifkan kapan saja.

Terhitung sejak 19 September, pengguna dapat memanfaatkan tombol ‘Google It’ di Bard untuk kemudahan memeriksa jawaban dari Google Bard. 

Saat ikon G ditekan, Bard akan menunjukkan apakah jawabannya berisi informasi dengan data yang kuat di Google Penelusuran atau malah bertentangan.

Bocoran Harga dan Spesifikasi Xiaomi 13T, Siap Rilis Awal September

Xiaomi akan merilis Xiaomi 13T dengan berbagai fitur unggulan awal September nanti. Ini bocoran harga dan spesifikasinya.

Google Rilis Fitur “Bard”, Chatbot AI Mirip ChatGPT

Google akan merilis fitur Bard, yaitu sebuah chatbot artificial intelligence (AI) yang mirip dengan ChatGPT. Akankah menggantikan fungsi mesin pencarinya?

Bocoran Desain Samsung Galaxy S24, Makin Tipis dan Ramping!

Seri Samsung Galaxy S24 akan memiliki desain yang lebih tipis dan ramping yang disesuaikan dengan tren smartphone saat ini.

Xiaomi 13T Bakal Rilis 26 September dan Dibekali Kamera Leica

CEO Xiaomi mengkonfirmasi bahwa seri Xiaomi 13T akan dirilis pada 26 September di Berlin. Ini bocoran terbarunya.

WhatsApp Akan Hadirkan Fitur People Nearby Share di Ponsel Android

Versi WhatsApp terbaru akan memungkinkan pengguna melakukan transfer file yang terenkripsi end to end ke pengguna lain dalam jarak dekat.

Windows 11 Kini Mendukung Lebih Banyak Tipe Prosesor, Apa Saja?

Microsoft mengumumkan pembaruan sistem operasi di Windows 11. Pembaruan tersebut membuat dukungan prosesor di Windows 11 menjadi lebih luas.