Saingi ChatGPT, Google Bard Kini Bisa Terhubung ke Gmail hingga YouTube

Saingi ChatGPT, Google Bard Kini Bisa Terhubung ke Gmail hingga YouTube

Bard yang terintegrasi dengan produk Google lain kini dapat melakukan banyak hal, misalnya seperti membuat resume untuk surat lamaran kerja.

Google Bard adalah program kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) buatan Google dengan konsep chatbot yang mirip dengan ChatGPT.

Google Bard mampu menyajikan prediksi kata dan berkomunikasi layaknya tanggapan dari manusia.

Kehadiran Google Bard awalnya merupakan reaksi spontan Google atas tingginya popularitas ChatGPT di awal tahun 2023. 

Tidak sekedar menjadi saingan, Google yang meluncurkan Bard kini lebih serius dengan mengintegrasikan teknologinya pada produk Google lain seperti Gmail, Google Docs, Maps, Google Drive, hingga YouTube.

Teknologi ini merupakan fitur baru dari Bardland, ketika ekstensi Bard diluncurkan.

Menurut Google, peluncuran teknologi canggih ini adalah cara yang benar-benar baru untuk berinteraksi dan berkolaborasi dengan Bard.

Dengan memasang ekstensi Bard di Google, pengguna bisa mendapatkan informasi relevan dari semua produk Google yang erat dengan kehidupan sehari-hari.

Lantas, apa yang bisa dilakukan Google Bard setelah terintegrasi dengan produk Google lain?

Sebagai contoh, jika pengguna merencanakan perjalanan dengan rekan-rekannya, Google Bard akan mengambil tanggal yang sesuai untuk semua orang dengan sumber dari Gmail, mencari informasi hotel dan penerbangan secara real-time.

Lebih jauh, Google dapat menunjukkan petunjuk arah ke bandara melalui Google Maps hingga menampilkan video YouTube tentang semua hal yang perlu dipersiapkan setelah pengguna tiba di tempat tujuan.

Contoh lainnya, jika pengguna akan melamar pekerjaan baru, Google Bard akan menemukan resume dari Drive dan merangkainya menjadi pernyataan pribadi dalam paragraf pendek.

Selanjutnya, data-data tersebut akan dikolaborasikan dengan surat lamaran pengguna.

Terkait kekhawatiran adanya pelanggaran privasi lantaran Bard dapat mengakses email dan dokumen pribadi, Google memastikan teknologinya tidak akan menggunakan informasi pribadi tersebut untuk menampilkan iklan atau melatih model Bard.

Data-data pengguna yang diakses oleh Bard juga tidak dapat dilihat oleh peninjau manusia atau pengguna lain.

Pengguna juga tidak perlu mengaktifkan integrasi Bard dengan produk Google lain, sebab Google akan mengintegrasikan secara default dan fitur tersebut dapat dinonaktifkan kapan saja.

Terhitung sejak 19 September, pengguna dapat memanfaatkan tombol ‘Google It’ di Bard untuk kemudahan memeriksa jawaban dari Google Bard. 

Saat ikon G ditekan, Bard akan menunjukkan apakah jawabannya berisi informasi dengan data yang kuat di Google Penelusuran atau malah bertentangan.

GPT-4 Siap Rilis Minggu Depan, Jauh Lebih Canggih dari GPT-3!

GPT-4 siap dirilis minggu depan. Model ini diklaim lebih canggih dari GPT-3 karena memiliki kemampuan multimodal. Apa itu?

Steam Rilis Fitur Baru, Cari Game Berbahasa Indonesia Kini Lebih Mudah

Lebih dari 100 dukungan bahasa telah tersedia di Steam. Setidaknya, ada 190 game terdaftar di Steam dengan dukungan Bahasa Indonesia.

Android 14 Beta 1 Resmi Diluncurkan, Ini Daftar HP yang Kebagian!

Google secara resmi telah meluncurkan program Android 14 Beta. Berikut daftar lengkap smartphone yang bisa mencobanya.

Bocoran Terbaru Vivo X100 Pro, Punya Kamera Periskop 64MP!

Vivo akan merilis seri Vivo X100 Pro dengan kamera periskop berteknologi canggih berlensa Vario-Apo-Sonnar.

iOS 17 Punya Fitur Live Voicemail, Begini Cara Mengaktifkannya

iPhone resmi mendapatkan fitur live voicemail pada pembaruan update iOS 17 public beta beberapa hari yang lalu. Begini cara mengaktifkannya!

Instagram Resmi Luncurkan Fitur Lirik Lagu di Reels!

Pengguna kini bisa menambahkan lirik lagu secara otomatis untuk postingan Reels yang menggunakan musik. Fitur ini mirip dengan lirik lagu di Story Instagram.