Google Rilis Fitur "Bard", Chatbot AI Mirip ChatGPT

Google Rilis Fitur “Bard”, Chatbot AI Mirip ChatGPT

Google akan merilis fitur Bard, yaitu sebuah chatbot artificial intelligence (AI) yang mirip dengan ChatGPT. Akankah menggantikan fungsi mesin pencarinya?

Belum lama ini beredar rumor bahwa Google sedang mempersiapkan sebuah produk kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang bernama Bard.

Nantinya, fitur Bard akan berfungsi sama seperti ChatGPT buatan OpenAI. Tentunya, hal ini membuat Google ketar-ketir dan tak ingin layanan Google Search nya kalah saing dengan ChatGPT.

Kabar dirilisnya fitur Bard ini disampaikan oleh CEO Google dan Alphabet, Sundar Pichai melalui pengumuman di blog resmi milik Google.

Pichai mengungkapkan, Bard akan mengandalkan model AI yang sudah dikembangkan oleh Google bertahun-tahun lalu dengan nama Language Model for Dialogue Applications (LaMDA).

“Bard bisa diandalkan untuk memberikan beragam informasi dan pengetahuan yang ada di internet dengan kekuatan model AI kami. Informasi ini akan digali dari beragam situs web, dan Bard bakal memberikan informasi terkini dengan gaya respons yang alami,” kata Pichai.

Meskipun belum menjelaskan secara lebih rinci, namun Pichai sudah mengumbar tampilan awal Bard, yang bisa diakses melalui suatu kolom pencarian (search bar).

Pada tampilan awal Bard terlihat mirip dengan kolom search bar di situs web Google, di mana terdapat tulisan “What’s on your mind?” di dalam kolom pencarian tersebut.

tampilan fitur bard
Tampilan Google Bard

Pengguna bisa memasukkan pertanyaan atau informasi yang ingin mereka cari dalam kolom pencarian ini.

Setelah itu, Google langsung menampilkan jawaban dengan bahasa yang lebih luwes seperti bertanya kepada seseorang.

Pichai menjelaskan nantinya Bard bisa digunakan untuk berbagai hal seperti mencari resep masakan, membandingkan film, merencanakan suatu acara, penemuan-penemuan baru dari lembaga ilmu pengetahuan internasional, dan lain-lain.

Namun, untuk saat ini pengguna umum masih belum bisa mencoba fitur Bard tersebut karena masih dalam tahap eksperimen dan hanya bisa digunakan oleh sejumlah penguji terpercaya saja.

Kabarnya, penguji terpercaya ini berasal dari sekelompok orang yang dipilih secara acak oleh tim pihak ketiga Google.

Orang-orang ini juga berasal dari grup pengguna yang unik dan berbeda dari segi kategori, demografi, hingga lokasi atau wilayah tinggal pengguna tersebut.

Alasan dari pihak Google memilih para penguji ini yaitu untuk meningkatkan berbagai layanan produk Google dan nantinya tidak ada masalah ketika sudah resmi dipakai banyak orang.

Google juga menjanjikan chatbot Bard ini bisa segera dipakai secara luas dalam beberapa minggu ke depan.

Selain Bard, Google juga mengumumkan sejumlah layanan Google lainnya yang juga akan segera rilis di masa depan.

Di antaranya yakni beragam fitur AI terbaru dan akan mengandalkan model AI terkini di layanan Google Search, serta AI LaMDA yang bisa digunakan para pengembang aplikasi melalui software Generative Language API.

Rumor: iOS 17 Tidak Tersedia di iPhone 8 dan iPhone X, Benarkah?

iOS 17 yang akan rilis mendatang dirumorkan tidak tersedia untuk iPhone X dan iPhone 8. Apakah benar begitu? Begini penjelasannya!

Adobe Kenalkan 3 Model AI Generatif Baru di Adobe Max 2023

Ada 3 model baru bertenaga AI yang dikenalkan Adobe. Photoshop, Express, dan Ilustrator kini punya fitur yang lebih canggih.

Microsoft Kerjakan “Project Phoenix”, Versi Baru dari Microsoft Edge

Microsoft kembangkan Microsoft Edge versi Phoenix untuk saingi kompetitor mereka di lini browser. Ada pembaruan UI sampai fitur!

Google Play Games for PC Akan Segera Hadir di Indonesia

Pengguna PC dan laptop kini sudah bisa memainkan game Android di perangkat mereka dengan menginstall Google Play Games for PC.

Bocoran iPhone 16 Beredar, Bakal Punya Susunan Kamera Baru?

Desain prototipe awal iPhone 16 mengusung perubahan pada bagian tombol dan susunan kameranya.

Segera Hadir, X Premium Bakal Punya Fitur Panggilan dan Video Call

Kode back-end aplikasi X menunjukkan bahwa fitur audio dan video call hanya untuk pengguna X Premium.