Apple Umumkan Tanggal Rilis iOS 17, iPadOS 17, dan MacOS Sonoma

Apple Umumkan Tanggal Rilis iOS 17, iPadOS 17, dan MacOS Sonoma

Apple akan merilis iOS 17, iPadOS 17, dan MacOS Sonoma pada bulan September ini. Catat tanggalnya!

Para pengguna iPhone, iPad, dan Mac dapat memperbarui sistem perangkat lunak gadget mereka dan mendapatkan fitur baru dalam hitungan hari.

Mengutip laman Techrunch pada Rabu 13 September 2023, Apple mengonfirmasi dalam siaran pers bahwa sistem operasi iOS 17 dan iPadOS17 akan dirilis secara resmi pada Senin, 18 September 2023.

iOS 17 akan menghadirkan serangkaian fitur baru bagi pengguna iPhone, termasuk untuk aplikasi Telepon, Pesan, FaceTime, dan banyak lagi.

Selain itu, iOS 17 juga akan memperkenalkan beberapa fitur baru seperti Live Voicemail, FaceTime audio and video messages, Contact Posters  yang membuat pengguna dapat menyesuaikan penampilan mereka di hadapan orang lain selama panggilan masuk; aplikasi Pesan yang diperbarui; hingga Name Drop yang merupakan cara baru untuk berbagi kontak dengan mendekatkan ponsel.

Salah satu tambahan yang menarik adalah fitur yang disebut Apple sebagai “Live Stickers”, yang bisa dibuat sendiri oleh pengguna dengan mengangkat subjek dari foto mereka sendiri, lalu menambahkan efek opsional untuk menghidupkannya.

Ada pula fitur keamanan baru bernama Check In yang membuat pengguna dapat memberi tahu keluarga atau teman ketika mereka telah sampai di tujuan dengan selamat.

Pembaruan ini juga menghadirkan aplikasi Journal, yang memungkinkan pengguna melacak hari dan kesehatan mereka. Selama pengujian beta, fitur ini belum pernah dirilis sehingga cukup dinantikan oleh para pengguna.

Tak hanya itu saja, iOS 17 juga memberi perubahan untuk Private Browsing yang lebih baik di Safari, dukungan untuk kunci sandi, fitur kesehatan mental baru di Health app, Peta offline, hingga pembaruan untuk Apple Music, AirPlay, AirTag, Home app, Reminder, Siri dan masih banyak lagi.

Selain iOS 17, Apple juga akan merilis iPadOS 17 di tanggal yang sama.

iPadOS 17 bisa digunakan untuk model iPad generasi keenam, iPad mini generasi kelima, iPad Air generasi ketiga, dan model iPad Pro 12,9 inci generasi kedua atau lebih baru.

Selain iPhone dan iPad, para pengguna Mac juga akan mendapat pembaruan macOS 14 atau macOS Sonoma. Sistem operasi ini akan dirilis pada 26 September 2023.

Sonoma akan menghadirkan sejumlah fitur ke macOS yang membuat sistem operasi terlihat dan terasa lebih mirip iOS.

Beberapa pembaruan tersebut diantaranya seperti widget desktop, fitur konferensi video, dan Mode Game baru yang dapat meningkatkan frame rate dan mengurangi latensi selama bermain game.

Spotify Rilis Merch Hub untuk Belanja Merchandise Artis

Penggemar musik kini dapat membeli merchandise artis favorit langsung melalui Spotify tanpa perlu mengakses toko artis tersebut.

ChromeOS 117 Hadirkan Desain Material You & Fitur Lain yang Ciamik!

ChromeOS 117 hadir dengan berbagai fitur baru untuk mengefisiensikan tugas pengguna. Berikut detail lengkapnya.

Instagram Uji Feed Khusus Postingan dari Akun Terverifikasi

Pengguna yang terdaftar dalam Meta Verified bisa muncul dalam feed khusus yang tengah diuji Instagram.

Apple Luncurkan iOS 16.3 Minggu Depan, Hadirkan Perbaikan Bug dan Fitur Baru

iOS 16.3 akan segera dirilis minggu depan untuk semua pengguna iPhone. Ini daftar update dan fitur baru yang didapatkan.

Microsoft Kerjakan “Project Phoenix”, Versi Baru dari Microsoft Edge

Microsoft kembangkan Microsoft Edge versi Phoenix untuk saingi kompetitor mereka di lini browser. Ada pembaruan UI sampai fitur!

Microsoft Luncurkan VALL-E, AI yang Bisa Meniru Suara Siapapun!

Microsoft baru saja merilis VALL-E, sebuah artificial intelligence yang mampu tirukan suara orang hanya dalam 3 detik.