Apple Umumkan Tanggal Rilis iOS 17, iPadOS 17, dan MacOS Sonoma

Apple Umumkan Tanggal Rilis iOS 17, iPadOS 17, dan MacOS Sonoma

Apple akan merilis iOS 17, iPadOS 17, dan MacOS Sonoma pada bulan September ini. Catat tanggalnya!

Para pengguna iPhone, iPad, dan Mac dapat memperbarui sistem perangkat lunak gadget mereka dan mendapatkan fitur baru dalam hitungan hari.

Mengutip laman Techrunch pada Rabu 13 September 2023, Apple mengonfirmasi dalam siaran pers bahwa sistem operasi iOS 17 dan iPadOS17 akan dirilis secara resmi pada Senin, 18 September 2023.

iOS 17 akan menghadirkan serangkaian fitur baru bagi pengguna iPhone, termasuk untuk aplikasi Telepon, Pesan, FaceTime, dan banyak lagi.

Selain itu, iOS 17 juga akan memperkenalkan beberapa fitur baru seperti Live Voicemail, FaceTime audio and video messages, Contact Posters  yang membuat pengguna dapat menyesuaikan penampilan mereka di hadapan orang lain selama panggilan masuk; aplikasi Pesan yang diperbarui; hingga Name Drop yang merupakan cara baru untuk berbagi kontak dengan mendekatkan ponsel.

Salah satu tambahan yang menarik adalah fitur yang disebut Apple sebagai “Live Stickers”, yang bisa dibuat sendiri oleh pengguna dengan mengangkat subjek dari foto mereka sendiri, lalu menambahkan efek opsional untuk menghidupkannya.

Ada pula fitur keamanan baru bernama Check In yang membuat pengguna dapat memberi tahu keluarga atau teman ketika mereka telah sampai di tujuan dengan selamat.

Pembaruan ini juga menghadirkan aplikasi Journal, yang memungkinkan pengguna melacak hari dan kesehatan mereka. Selama pengujian beta, fitur ini belum pernah dirilis sehingga cukup dinantikan oleh para pengguna.

Tak hanya itu saja, iOS 17 juga memberi perubahan untuk Private Browsing yang lebih baik di Safari, dukungan untuk kunci sandi, fitur kesehatan mental baru di Health app, Peta offline, hingga pembaruan untuk Apple Music, AirPlay, AirTag, Home app, Reminder, Siri dan masih banyak lagi.

Selain iOS 17, Apple juga akan merilis iPadOS 17 di tanggal yang sama.

iPadOS 17 bisa digunakan untuk model iPad generasi keenam, iPad mini generasi kelima, iPad Air generasi ketiga, dan model iPad Pro 12,9 inci generasi kedua atau lebih baru.

Selain iPhone dan iPad, para pengguna Mac juga akan mendapat pembaruan macOS 14 atau macOS Sonoma. Sistem operasi ini akan dirilis pada 26 September 2023.

Sonoma akan menghadirkan sejumlah fitur ke macOS yang membuat sistem operasi terlihat dan terasa lebih mirip iOS.

Beberapa pembaruan tersebut diantaranya seperti widget desktop, fitur konferensi video, dan Mode Game baru yang dapat meningkatkan frame rate dan mengurangi latensi selama bermain game.

Jaga Privasi, WhatsApp Tingkatkan Fitur App Lock di Android

WhatsApp tingkatkan fitur kunci aplikasi dengan menambahkan beberapa metode otentikasi biometrik.

Google Lens Kini Bisa Dinikmati di Halaman Pencarian Google

Pengguna bisa langsung mengunggah gambar yang ingin dicari lewat halaman depan pencarian Google.

5 Fitur iOS 17 yang Sebenarnya Sudah Ada di Android, Apa Saja?

Ternyata, ada beberapa fitur di iOS 17 yang sudah ada di smartphone Android. Fitur apa sajakah itu? Ini penjelasannya.

Gboard Kini Beralih ke Floating Keyboard di Mode Landscape

Kesulitan mengetik di mode ponsel landscape kini bisa diatasi dengan kemampuan baru floating keyboard dari Gboard.

WhatsApp Bakal Tampilkan Iklan di Laman Status dan Channel

WhatsApp dirumorkan akan segera menampilkan iklan di laman Status dan Channel. Percakapan utama diklaim akan bebas dari iklan.

Bocoran Terbaru iPhone 16 Pro, Hadir dengan Kamera 48MP?

iPhone 16 Pro dan Pro Max dikabarkah akan hadir dengan kamera belakang ultrawide 48MP. Begini detail fiturnya.