Google Luncurkan 5 Fitur Aksesibilitas Baru, Begini Detailnya!

Google Luncurkan 5 Fitur Aksesibilitas Baru, Begini Detailnya!

Dalam rangka Global accessibility Awareness Day, Google menghadirkan 5 fitur aksesibilitas baru untuk beberapa produknya. Apa saja?

Google baru saja meluncurkan fitur aksesibilitas baru dalam rangka Global Accessibility Awareness Day.

Fitur-fitur ini di antaranya adalah alat Chrome yang membantu pengguna menghindari akses ke situs web yang tidak pantas, fitur baru pada aplikasi Lookout, live caption, dan fitur baru pada Google Maps.

Berikut penjelasan detailnya.

Fitur Aksesibilitas Baru di Google Chrome

Dengan fitur baru ini, Chrome dapat mengenali kesalahan ketik di URL dan memberikan saran untuk situs web berdasarkan prediksi apa yang sebenarnya ingin diketik pengguna.

Saat ini, fitur tersebut hanya dapat digunakan pengguna desktop.

Live Caption

Google juga telah mengungkapkan pembaruan untuk fitur Live Caption. Fitur baru ini adalah fitur teks otomatis untuk telepon.

Selama melakukan telepon, pengguna dapat mengetik tanggapan dan membuat penelepon lain mendengarnya membacakan dengan lantang. 

Dukungan Live Caption dengan bahasa Perancis, Italia, dan Jerman juga ditambahkan oleh Google untuk Pixel 4 dan 5 serta pada smartphone Android lainnya.

Image Question and Answer

Fitur baru ini diintegrasikan Google ke dalam aplikasi Lookout-nya untuk mengatasi masalah yang signifikan bagi orang-orang yang memiliki masalah pada penglihatan.

Gambar yang tidak menyertakan keterangan atau teks alternatif dapat dianalisis untuk dibuatkan deskripsi dengan fitur ini.

Selain itu, saat pengguna ingin memahami sesuatu dalam gambar secara lebih detail, mereka dapat menggunakan suara atau keyboard untuk mengajukan pertanyaan. 

Fitur Baru di Google Maps

Google menambahkan fitur baru yang memberikan petunjuk lokasi yang dapat diakses kursi roda dengan mengaktifkan fitur Maps Accessible Places.

Selain itu, jika pengguna menemukan lokasi yang informasinya kurang dapat diakses, pengguna dapat menambahkan informasi tersebut dengan klik opsi “Edit features” yang berada pada tab “About” di Android atau klik “Update this place” di iOS.

Fitur Aksesibilitas Baru di Wear OS 4

Fitur aksesibilitas baru juga ditambahkan oleh Google ke platform Wear OS-nya, yakni, fitur text-to-speech baru yang diklaim lebih cepat dan lebih dapat diandalkan untuk digunakan penggunanya.

Fitur ini akan tersedia pada Wear OS 4 yang akan dirilis tahun ini.

Samsung Bakal Ganti Google dengan Bing di Smartphone Terbarunya

Samsung kabarnya akan mengganti Google sebagai mesin pencari defaultnya dengan Microsoft Bing. Apakah karena faktor AI?

Adobe Kenalkan 3 Model AI Generatif Baru di Adobe Max 2023

Ada 3 model baru bertenaga AI yang dikenalkan Adobe. Photoshop, Express, dan Ilustrator kini punya fitur yang lebih canggih.

TikTok Uji Coba Postingan Berdurasi 15 Menit ke Beberapa Pengguna

Platform yang identik dengan video pendek ini tengah menguji kemampuan untuk mengunggah video dengan durasi maksimal 15 menit.

PUBG Hadirkan Sejumlah Fitur Baru di Tahun 2024, Apa Saja?

Mulai dari Destructible Environments hingga match making, ini sederet fitur baru PUBG yang akan dirilis di tahun 2024.

Hore! Satu Akun Facebook Kini Bisa Punya 5 Profil Sekaligus

Pengguna Facebook kini bisa memiliki hingga 4 profil tambahan dalam satu akun. Begini detailnya.

Cabut Waitlist, Google Bard Kini Sudah Bisa Diakses Semua Orang

Google telah menghentikan waitlist untuk mengakses Bard. Kini, siapa saja sudah bisa mencoba fitur chatbot AI terbaru buatan mereka.