Google Luncurkan 5 Fitur Aksesibilitas Baru, Begini Detailnya!

Google Luncurkan 5 Fitur Aksesibilitas Baru, Begini Detailnya!

Dalam rangka Global accessibility Awareness Day, Google menghadirkan 5 fitur aksesibilitas baru untuk beberapa produknya. Apa saja?

Google baru saja meluncurkan fitur aksesibilitas baru dalam rangka Global Accessibility Awareness Day.

Fitur-fitur ini di antaranya adalah alat Chrome yang membantu pengguna menghindari akses ke situs web yang tidak pantas, fitur baru pada aplikasi Lookout, live caption, dan fitur baru pada Google Maps.

Berikut penjelasan detailnya.

Fitur Aksesibilitas Baru di Google Chrome

Dengan fitur baru ini, Chrome dapat mengenali kesalahan ketik di URL dan memberikan saran untuk situs web berdasarkan prediksi apa yang sebenarnya ingin diketik pengguna.

Saat ini, fitur tersebut hanya dapat digunakan pengguna desktop.

Live Caption

Google juga telah mengungkapkan pembaruan untuk fitur Live Caption. Fitur baru ini adalah fitur teks otomatis untuk telepon.

Selama melakukan telepon, pengguna dapat mengetik tanggapan dan membuat penelepon lain mendengarnya membacakan dengan lantang. 

Dukungan Live Caption dengan bahasa Perancis, Italia, dan Jerman juga ditambahkan oleh Google untuk Pixel 4 dan 5 serta pada smartphone Android lainnya.

Image Question and Answer

Fitur baru ini diintegrasikan Google ke dalam aplikasi Lookout-nya untuk mengatasi masalah yang signifikan bagi orang-orang yang memiliki masalah pada penglihatan.

Gambar yang tidak menyertakan keterangan atau teks alternatif dapat dianalisis untuk dibuatkan deskripsi dengan fitur ini.

Selain itu, saat pengguna ingin memahami sesuatu dalam gambar secara lebih detail, mereka dapat menggunakan suara atau keyboard untuk mengajukan pertanyaan. 

Fitur Baru di Google Maps

Google menambahkan fitur baru yang memberikan petunjuk lokasi yang dapat diakses kursi roda dengan mengaktifkan fitur Maps Accessible Places.

Selain itu, jika pengguna menemukan lokasi yang informasinya kurang dapat diakses, pengguna dapat menambahkan informasi tersebut dengan klik opsi “Edit features” yang berada pada tab “About” di Android atau klik “Update this place” di iOS.

Fitur Aksesibilitas Baru di Wear OS 4

Fitur aksesibilitas baru juga ditambahkan oleh Google ke platform Wear OS-nya, yakni, fitur text-to-speech baru yang diklaim lebih cepat dan lebih dapat diandalkan untuk digunakan penggunanya.

Fitur ini akan tersedia pada Wear OS 4 yang akan dirilis tahun ini.

iMessage Kini Sudah Bisa Digunakan di Windows 11

Pengguna iPhone kini sudah bisa menggunakan iMessage di komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows 11.

Threads Luncurkan Tombol Edit, Gratis untuk Semua Pengguna!

Semakin banyak fitur baru, Meta kini menambahkan fitur edit ke Threads yang dapat digunakan gratis selama batas waktu tertentu.

POCO M6 Pro Akan Rilis 5 Agustus, Ini Bocoran Desain dan Harganya!

Bocoran render POCO M6 Pro telah resmi beredar dengan warna hijau dan hitam. Begini penampakan desainnya!

Deretan HP Samsung Ini Dapat Update One UI 6 Lebih Awal, Apa Saja?

Daftar seri Samsung Galaxy berikut ini akan mendapat update Android 14 (One UI 6) lebih awal dalam versi beta.

Vivo Pad Air Resmi Meluncur, Ini Bocoran Desain & Spesifikasinya!

Vivo kembali merilis produk tablet terbarunya yang diberi nama Vivo Pad Air. Mampukah tablet ini bersaing dengan iPad Air?

Windows 11 Punya Widget Baru untuk Monitor Performa PC

Windows 11 kini hadir dengan berbagai fitur baru. Salah satunya dengan kehadiran widget untuk memonitor performa PC dan Laptop pengguna.