Google BARD Kini Sudah Bisa Diakses oleh Publik! Mau Coba?

Google BARD Kini Sudah Bisa Diakses oleh Publik! Mau Coba?

Google resmi membuka akses publik untuk mencoba teknologi AI dari BARD, chatbot yang digadang-gadang akan menjadi pesaing berat ChatGPT.

Google resmi membuka akses ke BARD, chatbot AI mereka yang dirancang untuk bersaing dengan ChatGPT.

Dilansir dari laman resmi Google, mereka menjelaskan bahwa BARD adalah eksperimen awal AI untuk meningkatkan produktivitas, mempercepat penemuan ide, serta menjawab rasa ingin tahu seseorang.

“Anda dapat menggunakan BARD untuk menemukan tips, penjelasan, atau bantuan kreatif untuk mengerjakan tugas seperti merancang sebuah postingan”, tulis tim Google.

Dengan BARD, Google bertujuan untuk memperkuat keberadaannya di medan perang chatbot AI sambil mempertahankan dominasinya di pasar mesin pencari.

BARD ditenagai oleh large language model (LLM), yaitu sebuah versi yang lebih ringan dan dioptimalkan dari LaMDA.

Model ini akan terus diperbarui dengan model yang lebih canggih dari waktu ke waktu.

Semakin banyak orang yang menggunakan LLM, maka semakin baik model ini dalam memberikan respon yang bisa membantu pengguna.

BARD didesain untuk dapat bekerja secara bersamaan dengan Google Search, sehingga bisa memungkinkan pengguna untuk memeriksa jawaban dari chatbot atau mengkonfirmasinya dari sumber-sumber lain yang ada di web.

BARD nantinya akan berdiri sendiri sebagai sebuah laman web. Laman ini akan berisi kotak pertanyaan yang bisa diisi oleh pengguna serta akan diintegrasikan dengan laman pencarian Google.

Langkah strategis ini dilakukan Google untuk mengadopsi teknologi AI baru sambil mempertahankan keuntungan bisnis mereka di lini mesin pencari.

Kualitas Jawaban BARD

Meski sudah dikembangkan sejak 2015, Google mengakui bahwa LLM kadang masih bisa menghasilkan informasi yang bias, keliru, bahkan menyesatkan.

Untuk itu, Google memberi kesempatan kepada para penggunanya untuk memilih beberapa draf jawaban dari BARD.

“Anda dapat terus berkolaborasi dengan BARD dengan menanyakan pertanyaan lanjutan atau meminta jawaban alternatif”, ungkap mereka.

Google menyatakan bahwa mereka mengembangkan BARD dengan prinsip AI yang fokus pada kualitas dan keselamatan.

Mereka menyediakan informasi bahwa BARD masih dalam tahap eksperimen serta meminta pengguna untuk mengirim umpan balik dan evaluasi untuk meningkatkan sistem BARD.

Tampilan Dialog Experiment Google BARD
Tampilan Dialog Experiment Google BARD

Selain itu, Google juga telah menerapkan batasan, seperti membatasi jumlah percakapan agar bisa menjaga interaksi dengan chatbot tetap bermanfaat dan fokus pada topik yang dibutuhkan.

Kapan BARD Bisa Digunakan?

Google memang telah membuka akses publik untuk menggunakan BARD.

Namun, untuk saat ini hanya pengguna di Amerika Serikat dan Inggris saja yang bisa mendapatkan aksesnya dengan mengunjungi bard.google.com.

Pengguna di Indonesia dan negara lain harus menunggu beberapa waktu lagi untuk bisa mencoba fitur AI terbaru yang dikembangkan oleh Google ini.

Apakah BARD akan lebih baik dari ChatGPT?

Kita tunggu saja ke depannya.

Spotify Bakal Punya AI-Generated Playlist, Bisa Bikin Lewat Prompt!

Spotify dikabarkan tengah mengembangkan fitur playlist bertenaga AI melalui source code terbarunya, di mana pengguna bisa memasukkan prompt tertentu.

Fitur Widget Layar Kunci Akan Hadir Kembali di Android 14

Android 14 versi beta akan hadir dengan fitur baru, di mana pengguna bisa menerapkan widget ke layar kunci (lock screen) mereka.

Windows 11 Moment 3 Segera Rilis, Ini Deretan Fitur Barunya!

Microsoft kembali merilis pembaruan fitur pada Windows 11. Deretan fitur baru pada Windows 11 Moment 3 ini akan rilis dalam beberapa bulan ke depan.

Resmi Dirilis, Counter-Strike 2 Hadirkan Grafik yang Super Mulus

Melalui akun Twitternya, Valve mengumumkan bahwa Counter-Strike 2 sudah resmi dirilis dengan grafik yang super mulus dari pendahulunya.

Windows 11 KB5027305 Hadirkan Beberapa Fitur Baru, Apa Saja?

Microsoft telah merilis pembaruan pada Windows 11 versi KB5027305. Ada beberapa fitur baru mulai suara narator hingga menu network.

Capcom Luncurkan Resident Evil 4 Remake, Segini Harganya!

Capcom resmi merilis game Resident Evil 4 Remake. Apa perbedaannya dengan yang versi lama dan berapa harganya?