Twitter API Sudah Tidak Gratis Lagi, Berapa Biayanya?

Twitter API Sudah Tidak Gratis Lagi, Berapa Biayanya?

Twitter akan mengakhiri akses gratis API kepada pengguna dan memberlakukan versi berbayarnya. Berapa biaya yang harus dikeluarkan?

Twitter telah mengumumkan bahwa mereka tidak akan lagi menawarkan akses gratis ke API-nya mulai tanggal 9 Februari dan akan memperkenalkan versi berbayar. 

Twitter, dibawah kepemilikan Elon Musk sedang mencari cara baru untuk memonetisasi platform media sosial ini.

Developer Twitter telah menyatakan bahwa dukungan untuk API lama v1.1 dan v2 akan dihentikan. 

Sampai saat ini, biaya yang akan dikenakan untuk penggunaan API belum disebutkan. 

Langkah tersebut dilakukan setelah Twitter tiba-tiba mengubah ketentuan API-nya, yang memengaruhi Tweetbot dan Twitterrific

Sebagian besar aplikasi Twitter pihak ketiga telah menghentikan versi selulernya. 

Dilansir dari TechCrunch (02/02/23), Developer Twitter menyatakan, “Data Twitter adalah salah satu set data paling kuat di dunia dan kami berdedikasi untuk menyediakan akses yang cepat dan komprehensif sehingga Anda dapat terus membangun bersama kami.”

Akses API berbayar yang baru ini berpotensi akan memengaruhi developer hingga bisnis yang menggunakan API Twitter untuk berbagai tujuan, seperti melacak perubahan di akun Twitter dan mengirimkan peringatan. 

Pengumuman perubahan ini juga dapat memengaruhi peneliti yang menggunakan Twitter untuk mempelajari perilaku manusia dan penyebaran hoaks, serta orang yang menggunakan API untuk proyek mereka yang lain.

Twitter memiliki hubungan yang tegang dengan para developer. Kemudian, dalam beberapa tahun terakhir, Twitter mencoba memperbaiki hubungan tersebut dengan meluncurkan program baru.

Namun, di bawah kepemilikan Elon Musk, Twitter ingin mengontrol cara pengguna mengakses platform dan membuat kinerjanya menjadi lebih mandiri.

Sebelumnya, Twitter telah membuat beberapa perubahan pada layanan subscription-nya serta pada cara tweet muncul di timeline pengguna untuk meningkatkan keterlibatan dan menarik pengiklan.

Minggu depan, Twitter akan membagikan lebih banyak informasi tentang cara kerja akses API berbayar yang baru.

Aplikasi third party Twitter juga harus segera mengambil keputusan apakah mereka akan tetap menyediakan layanan mereka atau tidak.

Jika ingin melanjutkannya, maka para developer aplikasi ini harus siap untuk mulai berlangganan API Twitter dengan harga yang ditentukan.

Bocoran Samsung Galaxy A25 5G, Punya Kamera Utama 50MP!

Samsung dikabarkan akan segera merilis seri ponsel Samsung Galaxy A25 5G. Ini bocoran spesifikasinya!

WhatsApp Hadirkan 4 Format Teks Baru, Begini Cara Pakainya!

Mulai dari bullet, number, quote, hingga inline code. Begini cara pakai format teks yang baru dirilis WhatsApp.

Apple Luncurkan iOS 16.3 Minggu Depan, Hadirkan Perbaikan Bug dan Fitur Baru

iOS 16.3 akan segera dirilis minggu depan untuk semua pengguna iPhone. Ini daftar update dan fitur baru yang didapatkan.

Cek! Ini Daftar HP Oppo yang Kebagian Update ColorOS 13

Oppo telah mengumumkan daftar resmi perangkat yang akan mendapat update ColorOS 13 dengan fitur-fitur baru. Apa saja?

Microsoft Bing Versi Baru Kini Terintegrasi dengan ChatGPT

Microsoft Bing telah merilis versi terbarunya yang terintegrasi dengan ChatGPT. Fitur ini sudah bisa dicoba secara terbatas oleh beberapa pengguna.

WhatsApp Segera Rilis Fitur Voice Chat Mirip Obrolan Discord

Pengguna WhatsApp dalam grup besar bisa memanfaatkan voice chat untuk obrolan yang lebih fleksibel dan tidak mengganggu anggota lain.