Logo Windows 7

Windows 7

Windows klasik yang ringan dan cocok untuk pemula

Tentang Windows 7

Windows 7 ini bisa dibilang merupakan transisi seri Windows era lama ke era yang baru. Banyak fitur-fitur yang memulai debutnya di seri ini.

Jika kalian pergi ke warnet atau tempat fotokopi, kalian akan melihat masih banyak komputer yang menggunakan Windows 7.

Walaupun sudah dirilis sejak Oktober 2009, tapi sepertinya Windows 7 masih mendapat tempat di hati para penggunanya.

Namun, kira-kira apa saja sih fitur unggulan Windows 7 sehingga masih banyak digunakan oleh banyak orang sampai saat ini? Jika kalian ingin tahu jawabannya, simaklah ulasan berikut!

Fitur Unggulan Windows 7

1. Pin Taskbar

Ya, salah satu pembeda Windows 7 dengan seri Windows sebelumnya adalah dengan hadirnya fitur pin taskbar.

Dengan fitur ini, kalian bisa memasang pin pada software apapun agar tampil pada taskbar. Sehingga kalian tidak perlu repot-repot lagi mencari software yang ingin kalian buka.

Cara memasang pin nya pun cukup mudah. Kalian hanya perlu klik kanan pada aplikasi yang ingin kalian pin, lalu klik “pin to taskbar” atau “sematkan ke taskbar”.

Selain itu, kalian juga bisa melihat informasi aktivitas/histori yang kalian lakukan pada apps yang kalian pin hanya dengan mengklik kanan aplikasi tersebut pada taskbar.

2. Windows Media Player

Windows 7 juga memiliki software media playernya sendiri yang sangat canggih.

Beberapa dari kalian mungkin ada yang suka mendownload lagu dari Itunes store, tapi tidak suka/mau memutar lagunya di Itunes.

Dalam hal ini, mungkin Windows media player bisa menjadi jawabanmu. Sebab software ini bisa memutar lagu yang kalian download dari Itunes.

3. Search Tool Yang Canggih

Mungkin ada banyak orang yang mengagumi seach tool pada Windows 10. Padahal search tool yang canggih seperti itu sudah ada sejak seri Windows 7.

Kalian hanya perlu mengetikkan satu keyword saja pada kolom search, maka semua file dan dokumen yang memiliki kaitan dengan keyword tersebut akan muncul.

Selain itu, konsep library juga pertama kali dikenalkan pada Windows 7 ini. Fitur Library akan membantu kalian meletakkan file/dokumen di berbagai tempat, sehingga file-file mu tidak akan menumpun di My document saja.

4. Windows Action Center

Fitur Windows Action Center juga memulai debutnya di Windows 7. Kalian bisa menemukan fitur ini pada ikon bendera kecil di bagian pojok kanan bawah.

Fitur ini berfungsi untuk memperingatkanmu sesuatu yang penting pada PC. Misalnya, fitur ini akan memberitahumu jika firewallmu dalam keadaan nonaktif, dan kamu akan diminta untuk membackup Hard drivemu.

Tips Untuk Menjaga Performa Windows 7

1. Nonaktifkan Efek Visual Yang Tak Perlu

Efek visual seperti live wallpaper memang akan mempercantik tampilan PC mu. Namun, sayangnya efek visual seperti itu dapat memperlambat kinerja PC mu.

Terlebih lagi jika PC mu hanya memiliki RAM yang sedikit. Oleh karena itu ada baiknya agar efek visual pada windows dimatikan saja.

Untuk mematikan efek visualnya, kalian bisa ikuti cara berikut:

Klik kanan pada My Computer – Properties – Advanced System Setting – Advanced – Setting (di tab performance) – Nonaktifkan semua opsi yang ada pada kotak.

2. Nonaktifkan Fitur Aero Shake

Aero shake berguna dalam memperkecil jendela Windows Explorer saat sedang tidak digunakan. Saat kamu menjalankan berbagai jendela dalam satu waktu, tentunya PC mu akan terasa lebih lambat.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk menutup jendela Windows Explorer jika memang tidak dipakai.

3. Bersihkan Disk Secara Bertahap

Semakin banyak aktivitas yang dilakukan dengan komputermu, maka akan semakin banyak pula Cache, cookies, dan file sampah lain yang menumpuk.

Jika kalian tidak rajin membersihkannya, maka cache akan semakin menumpuk dan performa PC akan menurun.

Oleh karena itu, kamu harus membersihkan cache secara berkala dengan menggunakan fitur disk clean up atau menggunakan software pihak ketiga lainnya.

Download Windows 7 Terbaru

Media Player Classic

Aplikasi pemutar video yang lengkap dan ringan

Microsoft Office 2013

Versi 2013 dari Word, Excel, PowerPoint, dll.

Cisco Packet Tracer

Simulasi Jaringan, IoT, dan konsep CCNA

7zip

Alternatif WinRAR Terbaik