Logo Winbox

Winbox

Akses dan konfigurasi router Mikrotik

Tentang Winbox

Winbox merupakan suatu software portable berbasis GUI (Ghrapical User Interface) yang berfungsi untuk mengakses dan mengofigurasi Mikrotik RouterOS.

Winbox bisa menjadi salah sati software yang populer karena beberapa hal seperti: lisensinya gratis, Mengusung sistem GUI, serta aksesnya yang sangat portable dan fleksibel untuk digunakan.

Nah kabar baiknya Winbox ini tidak hanya bisa digunakan untuk windows saja, namun bagi kamu yang menggunakan Linux atau Mac juga bisa menggunakan Winbox.

Selain itu, Winbox juga punya fitur-fitur unggulan lain yang membuatnya banyak digandrungi banyak pengguna.

Lalu apa saja fitur-fitur tersebut? Simak jawabannya pada ulasan berikut!

Fitur Unggulan Winbox

1. Mengendalikan Router Dari Jarak Jauh

Fitur unggulan Winbox yang paling utama adalah kamu bisa mengendalikan routermu dari jauh dengan melalui Ip Address atau Mac Address.

Jika kamu ingin mengatur konfigurasi awal, maka kamu bisa menggunakan Mac address karena router belum mempunyai Ip address.

Namun jika kamu ingin menggunakannya secara harian, maka ada baiknya Menggunakan Ip address. Ip address sendiri memang lebih stabil karena memiliki protokol TCP.

2. Menjaga Routermu Tetap Aman dan Terkendali Dengan Safe Mode

Kecerobohan atau kesalahan teknis bisa terjadi kapan saja saat kita sedang mengatur router. Bahkan, kesalahan tersebut bisa mengakibatkan putusnya koneksi pada router sehingga router tidak bisa dikendalikan lagi dari jauh.

Tentunya hal ini akan sangat merepotkan kalian yang memiliki router dengan jarak yang jauh.

Namun, sekarang kalian tak perlu khawatir lagi akan masalah ini. Pasalnya, sekarang kalian bisa mengantisipasinya dengan mengaktifkan fitur safe mode pada Winbox.

Fitur ini dapat mengatur konfigurasi router agar kembali ke kondisi default (sebelum koneksi router putus karena kesalahan teknis.

Sesudah kalian berhasil menemukan konfigurasi yang cocok, kalian bisa langsung mematikan router lalu menyimpan konfigurasinya secara permanaen.

3. Eksport dan Import

Jika kamu membeli router baru yang modelnya berbeda dengan routermu yang lama, maka kemungkinan kamu akan mengatur lagi konfigurasi router barumu dari awal.

Namun dengan winbox, kamu tak perlu repot-repot lagi untuk melakukan konfigurasi ulang. Karena kamu bisa mengaplikasikan konfigurasi router lama mu ke routermu yang baru dengan Winbox.

Nah, Winbox ini memiliki fitur eksport dan import yang memungkinkanmu untuk memakai kembali konfigurasi router lamamu.

Caranya, kamu hanya perlu mengambil konfigurasi routermu yang lama dengan perintah eksport. Lalu, edit hasil eksportnya agar sesuai dengan router barumu.

Setelah itu, transfer hasil eksport tadi ke router yang baru dengan perintah import.

4. Dashboard

Fitur dashboard memiliki fungsi untuk menampilkan informas-informasi seperti waktu, tanggal, CPU load, memory, dan uptime. Untuk melihatnya, kalian cukup arahkan kursor ke tab Dashboard dan pilih informasi yang ingin kalian lihat.

Fitur ini tampaknya cukup underrated karena banyak orang yan tidak terlalu mempedulikannya.

Padahal, informasi-informasi tersebut bisa bermanfaat jika sewaktu-waktu routermu mengalami kerusakan.

5. Backup

Dengan fitur ini, kamu bisa membackup konfigurasi routermu. Fitur backup ini bisa kamu akses di menu file.

Nah yang membuat fitur ini unggul adalah kamu bisa memberikan password pada konfigurasimu tadi yang sudah dibackup supaya lebih aman.

Dengan membackup konfigurasi router, dapat bergunua untuk 3 hal: Mengantisipasi hilangnya konfigurasi router, mengaplikasikan konfigurasi tersebut ke router yang baru, dan mengatasi masalah lupa password.

Untuk file backupnya sendiri kamu bisa menyimpannya di penyimpanan internal router, penyimpanan cloud, dan penyimpanan HDD pada PC.

Download Winbox Terbaru

Download Winbox

Winbox

1.68 MB

Driver Epson L3110

Driver terbaru untuk printer Epson seri L3110

Driver Canon MP280

Driver terbaru untuk printer Canon seri MP280

Vidnow

Nonton video dan dapatkan uang

Nitro PDF

Buat, edit, dan konversi file PDF