Logo Rufus

Rufus

Software terbaik untuk membuat bootable USB

Tentang Rufus

Rufus atau The Reliable USB Formatting Utility, With Source adalah aplikasi portable gratis yang dapat digunakan untuk melakukan format dan membuat bootable USB Flash Drive dan Live USB .

Pada awalnya Rufus di desain untuk menjadi pengganti HP USB Disk Storage Format Tool. Versi pertama yang dirilis adalah versi 1.0.3 pada tahun 2011 dan hanya dapat digunakan pada MS-DOS.

Rufus memiliki ukuran file yang kecil dan lebih cepat daripada software lain sejenisnya. Aplikasi ini digunakan untuk memformat USB flash drive sehingga kamu dapat melakukan booting pada perangkatmu yang sistem operasinya rusak.

Kamu dapat menggunakan Rufus pada sistem operasi Windows 7 dan versi setelahnya. Software ini juga tersedia dalam 38 bahasa termasuk bahasa Indonesia.

Fitur Rufus

1. Support berbagai bootable

Dokumen .iso instalasi Windows dan software milik Linux dapat dijalankan oleh Rufus. Rufus juga support file .img dan versi compress-nya. Software ini juga akan menginstall bootloader seperti GRUB dan SYSLINUX di flash drive dan mengubahnya menjadi bootable jika diperlukan.

Dengan menggunkaan Rufus, kamu juga bisa menginstall MS-DOS atau FreeDOS ke flash drive-mu maupun menciptakan media bootable Windows To Go.

2. Ringan dan cepat

Rufus miliki ukuran file yang ringan, hanya sekitar 5 MB dengan kinerja yang cepat. Kamu tidak perlu khawatir ketika menginstall aplikasi ini komputermu akan terasa berat.

Aplikasi ini bekerja lebih cepat dari UNetbootin, Universal, Windows 7 USB Utility dan USB bootable buatan Linux.

3. Melakukan format Flash Drive

Jika kamu perlu memformat flash drive yang kamu miliki karena fungisnya sudah berkurang, kamu bisa menggunakan Rufus.

Sesuai dengan namanya, Rufus berfungsi untuk memformat flash drive. Format flash drive dilakukan dengan menggunakan file system exFAT, FAT, FAT32, NTFS, ReFS dan UDF.

4. Menghitung Hash

Selain fitur diatas, kamu bisa menggunakan Rufus untuk menghitung hash MD5, SHA-1, dan SHA-256 dari gambar yang dipilih. Hash adalah kode dari hasil enkripsi yang terdiri dari angka dan huruf acak.

5. Mengunduh ISO Image

Kamu juga bisa memakai Rufus untuk mengunduh ISO Image dari Windows 8.1, berbagai build yang ada pada Windows 10 dan 11 langsung dari server Microsoft. Namun, kamu perlu menginstall PowerShell 3.0 atau versi setelahnya.

6. Cheat Mode

Untuk membantumu mengoperasikan Rufus dengan lebih praktis, developer menambahkan Cheat Mode di beberapa update aplikasi yang ia lakukan. Cheat Mode Rufus memiliki berbagai fungsi atau perintah seperti

  • Ctrl+SELECT untuk meng-extract content dari zip tambahan,
  • (Alt)+(+)/(-) untuk menambah atau mengurangi aplikasi prioritas,
  • Alt+M untuk menerima disk image tanpa Book Maker, dan sebagainya.

7. Fitur terbaru lainnya

Versi 3.20 merupakan versi terbaru Rufus. Jika kamu menggunakan versi ini, kamu akan mendapatkan fitur workaround untuk ISO yang memiliki syslinux dengan simbol /isolinux/. Dengan adanya fitur ini, kamu dapat terbantu saat software atau sistem dalam komputermu mengalami masalah.

Kamu juga dapat mengaktifkan opsi Windows User Experience yang berlaku untuk Windows 10. Developer juga melakukan perbaikan pada Windows User Experience tersebut.

Download Rufus Terbaru

Download Rufus

Rufus

1.3 MB

Smadav

Antivirus Windows terpopuler yang ringan

Cisco Packet Tracer

Simulasi Jaringan, IoT, dan konsep CCNA

Driver Epson L300

Driver terbaru untuk printer Epson seri L300

Internet Download Manager

Pengelola unduhan tercepat dan super handal