Download PCSX2 Emulator PS2 Terbaru Gratis

PCSX2

Emulator PS2 untuk PC dan Laptop

Rating 4.2
Platform Windows
Developer PCSX2
Versi 1.6.0
Kategori Game
Ukuran 6.9 MB

Tentang PCSX2

PCSX2 adalah emulator PlayStation 2 gratis untuk Windows, Linux, dan MacOS yang men-support berbagai macam permainan (game) di PlayStation 2. Emulator ini dikembangkan oleh PCSX2 Team.

Emulator PCSX2 dibuat untuk meniru hardware PlayStation 2, supaya kamu bisa memainkan game PlayStation 2 menggunakan PC dengan tambahan fitur dan keuntungan.

Project PCSX2 sudah berjalan selama 20 tahun. Pengembangannya dimulai pada tahun 2001 oleh programmers bernama Linuzappz dan Shadow yang kemudian dibantu juga oleh programmer lainnya.

Versi lama dari PCSX2 hanya dapat menjalankan beberapa demo domain public game. Pada versi terbaru software ini dapat menjalankan sebagian besar game dengan kecepatan penuh, termasuk Final Fantasy X.

Fitur dan Keuntungan Mengunakan PCSX2

PCSX2 sebagai emulator PlayStation 2 memiliki fitur yang menguntungkan dalam bermain game:

1. Banyak game yang bisa dimainkan

Bagi kamu yang menyukai game dalam PS2, kamu bisa menggunakan emulator ini untuk memainkannya di PC-mu.

Berdasarkan website resmi PCSX2, emulator telah meng-cover sekitar 98% game dari library PS2 yang dianggap dapat dimainkan.

2. Support save state

PCSX2 memiliki fitur save state di mana software ini dapat menyimpan informasi tentang progress permainanmu. Hal ini sangat membantu kamu saat bermain jenis game simulasi, sehingga kamu dapat melanjutkan game yang kamu mainkan kemarin.

3. Support perekaman gameplay

Untuk kalian yang suka membuat content tentang game, kalian bisa memanfaatkan PCSX2. Emulator ini dapat merekam gameplay yang kalian mainkan dalam kualitas Full HD menggunakan GSdx Plugin.

4. Support opsi pengaturan.

PCSX2 memiliki fitur yang memberikan kenyamanan saat kamu bermain game. Kamu dapat mengatur speed game, dan upscaling.

Pengaturan speed game ini memungkinkan kamu melambatkan atau mempercepat kecepatan game yang kamu mainkan.  Kamu juga dapat menaikkan atau menurunkan resolusi tampilan melalui fitur upscaling yang tersedia.

5. Terjemahan petunjuk konfigurasi

Di situs resminya, PCSX2 menyediakan link untuk terjemahan petunjuk konfigurasi dalam 26 bahasa termasuk bahasa Indonesia.

6. Fitur interface baru

Pada update terbaru, developer PCSX2 merilis interface yang lebih baru dan modern. Pada versi ini, kamu juga dapat menggunakan mode gelap untuk interface PCSX2.

7. Kemudahan dalam penggunaannya

Software emulator ini sangat mudah untuk digunakan. Hanya dengan beberapa klik, kamu dapat bisa memainkan game PS2 di PC-mu. Kamu dapat men-setting game controller, audio dan video.

Kamu juga bisa me-load image langsung dari hard drive kamu, di mana cara ini dapat sedikit mempercepat prosesnya. Emulator ini memungkinkan kamu dengan mudah menyimpan game favoritmu di SIM Card external.

Hardware yang diperlukan untuk menjalankan Emulator PCSX2

Untuk mejalankan emulator PCSX2, kamu perlu memperhatikan ketentuan hardware yang mendukung emulator ini.

1. Sistem Operasi

Minimal OS yang bisa kamu gunakan yaitu Windows 8.1, Ubuntu 18.04, Debian, Arch Linux atau software distribusi Linux lainnya. Namun, direkomendasikan menggunakan Windows 10 atau 11, dan Ubuntu 19.04.

2. CPU

Untuk mengoperasikan PCSX2, CPU yang kamu gunakan paling tidak men-support instruksi SSE4.1 dan 1600 Single Thread Performance on Passmark .

Namun, untuk mendapat performance yang lebih baik, kamu perlu menggunakan CPU yang men-support instruksi AVX2 dan 2100 Single Thread Performance on Passmark.

3. Memori

Kamu perlu menggunakan komputer dengan ukuran RAM 8 GB atau kamu masih bisa memakai komputer dengan RAM 4 GB.

4. Perangkat Grafis

Untuk mendapatkan tampilan grafis game yang maksimal saat main game, kamu perlu memasang software DirectX 10 atau DirectX 11.

Download PCSX2 Terbaru

Download PCSX2 Emulator PS2 Terbaru Gratis

PCSX2

6.9 MB

Cara Install PCSX2

Untuk menginstall PCSX2, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pastikan kamu sudah selesai mengunduh file PCSX2 dari link yang Teknogram sediakan di atas.
  2. Buka folder Download yang ada di File Explorer (atau folder yang kamu tentukan sebelumnya).
  3. Double klik pada file PCSX2 yang telah kamu download.
  4. Ikuti petunjuk instalasi yang ditampilkan pada layar sampai selesai.

Jangan Biarkan Aplikasimu Kadaluarsa!

Dapatkan update dari PCSX2 secara langsung melalui E-mailmu. Kamu akan mendapatkan notifikasi dan link download lewat E-mail ketika ada versi terbaru dari PCSX2.

Link Bermasalah?

Silakan laporkan melalui kolom di bawah ini apabila ada link download yang rusak atau bermasalah.