Logo Media Player Classic

Media Player Classic

Aplikasi pemutar video yang lengkap dan ringan

Tentang Media Player Classic

Media Player Classic (MPC) adalah software pemutaran media gratis untuk sistem operasi Windows. Software ini buat oleh Dabest dan kemudian dilanjutkan oleh anggota MPC Community Forum.

Media Player Classic (MPC) memiliki tampilan dan terasa seperti versi sederhana dari Windows Media Player, tetapi dengan fitur dan opsi/pilihan yang modern.

Software ini dirilis pada tahun 2006 sebagai software pemutaran media yang ringan, lengkap, gratis, dan bisa diubah-ubah pengaturannya. Versi terakhirnya (MPC 6.4.9.1) dirilis pada tahun 2010.

Versi terakhir dikembangkan oleh anggota forum clsid dibawah project bernama Guliverkli di situs Source Forge. MPC 6.4.9.1 diambil alih setelah Dabest tidak lagi aktif dan melisensikan Media Player Classic sebagai software gratis.

Fitur yang Ada Pada Media Player Classic

Meski dianggap sebagai versi sederhana dari Windows Media Player, Media Player Classic memiliki fitur yang beragam.

1. Tampilan antarmuka (interface)

Kalau kamu buka Media Player Classic, kamu akan lihat tampilan software ini cukup sederhana. Tab menu berada pada barisan atas dan menu pemutaran video pada barisan bawah.

Tab menu terdiri atas File, View, Play, Navigate, Favorites dan Help. Menu pemutaran video pada bagian bawah terdiri atas Seek Bar, Controls dan Status.

2. Support banyak file

Software ini dapat memutar jenis file seperti .flv, .mkv, .mp4, .aac dan lain-lain. Media Player Classic juga mensupport berbagai codec, seperti MPEG, MPG, MP2, 3GP, dan lain-lain.

Khususnya untuk MPEG, Media Player Classic mengembangkan MPEG-2 video yang dapat kamu sisipi subtitle saat memainkan file tersebut.

3. Dark Mode

Bagi kamu yang menyukai tema gelap, Media Player Classic memiliki pengaturan untuk itu. Kamu dapat mengubah tampilan melalui menu View dan memilih Dark Theme.

4. Menu after playback

Pada menu ini kamu dapat melakukan pengaturan atau tindakan terhadap software setelah selesai memainkan file yang kamu pilih.

Menu after playback memiliki beberapa pilihan, seperti Do nothing di mana Media Player Classic akan berhenti setelah selesai memainkan file, atau Play next file in the folder yang berarti Media Player Classic akan otomatis memainkan file selanjutnya di folder yang sama.

5. Support preview video

Pernahkah kamu mempercepat video dengan menggeser status bar pada Youtube? Saat melakukan hal tersebut, kamu melihat frame kecil yang berisi preview video, bukan?

Fitur ini juga ada pada Media Player Classic. Kamu dapat mengaktifkan fitur ini melalui menu Option > Tweaks >Show preview on seek bar, atau dengan menekan Ctrl + Scroll Mouse.

Dengan mengunakan fitur ini kamu dapat melewati bagian video yang tidak ingin dilihat, dan mempermudah pencarian video yang ingin dilihat atau ditunjukkan kepada orang lain.

6. Kemudahan berpindah file

Jika kamu memutar drama atau acara reality show berepisode tapi kamu lupa mengaktifkan menu Play next file in the folder, kamu dapat memutar file selanjutnya dengan menekan tombol Page Down.

Kamu juga dapat memutar file sebelumnya menggunakan tombol Page Up. Dengan fitur ini, kamu tidak perlu membuka folder untuk memainkan file, selama masih berada di folder yang sama.

7. Fitur lain yang mungkin kamu butuhkan

Media Player Classic dapat merotasi, membalik, mirror, dan zoom video. Kamu juga dapat mengulang bagian tertentu dari video, menggunakan menu A-B repeat.

Versi Lanjutan Media Player Classic

Setelah MPC Community Forum mengambil alih pengembangan, software Media Player Classic dipelihara (maintain) oleh kominitas tersebut di Forum Doom9.

Beberapa anggota komunitas, kemudian mengembangkan software baru menggunakan code asli Media Player Classic. Ada dua software yang dihasilkan oleh komunitas Media Player Classic, yaitu:

Media Player Classic-Home Cinema (MPC-HC)

Software ini diambil alih oleh anggota forum dengan nama pengguna clsid2. MPC-HC dikembangkan dari project Guliverki dengan penambahan fitur.

Untuk saat ini, clsid2 berperan sebagai pemelihara software dikarenakan kurangnya jumlah developer aktif. Pengembangan terbatas pada perbaikan atau menghilangkan bugs dan update software.

Akibat keterbatasan pengembangan ini, kamu akan menemukan kesamaan fitur yang dimiliki oleh kedua software. Dengan berhentinya pengembangan pada MPC 6.4.9.1, banyak pengguna saat ini menggunakan MPC-HC.

Media Player Classic-Black Edition (MPC-BE)

Media Player Classic-Black Edition atau MPC-BE adalah pengembangan dari Media Player Classic dan Media Player Classic-Home Cinema, dengan tampilan berwarna hitam sesuai dengan namanya.

Sotfware ini dibuat diluar dari tujuan awal MPC sebagai versi modern dari Windows Media Player. MPC-BE juga dibuat lebih modern dari Media Player Classic-Home Cinema.

Kalau kamu menggunakan MPC-BE ini, kamu bisa mendapatkan informasi singkat berupa video preview saat menekan atau mengarahkan cursor mouse pada seek bar.

Pengembangan yang dimulai pada tahun 2011 ini, juga menambahkan kemampuan software untuk memutar video dengan resolusi tinggi, dan codec baru.

Download Media Player Classic Terbaru

Download Media Player Classic

Media Player Classic

13 MB

CorelDRAW X7

Software desain vektor terbaik

Photoscape

Software edit foto yang mudah digunakan

Driver Canon MG2570S

Driver terbaru untuk printer Canon seri MG2570S

Windows 10

Windows yang powerfull dan cocok untuk semua spek laptop