Logo Winamp

Winamp

Aplikasi pemutar musik terpopuler untuk Windows

Tentang Winamp

Winamp adalah software pemutar musik gratis yang cukup familiar dengan pengguna Windows. Software ini dikembangkan oleh perusahaan bernama Nullsoft dan pada tahun 1999, software ini dijual kepada AOL.

Versi pertama Winamp dirilis pada tahun 1997 dan dengan cepat popular dengan jumlah download lebih dari 3 Juta download. Hal ini terjadi karena sejalan dengan berkembangnya tren sharing file MP3.

Namun pada tahun 2013, AOL mengumumkan bahwa mereka akan menutup situs winamp.com dan Winamp tidak lagi tersedia untuk di download atau tidak lagi disupport oleh perusahaan.

Satu tahun setelahnya, perusahaan bernama Radionomy mengakusisi Winamp. Di bawah perusahaan ini, Winamp terus mengalami perkembangan dan merilis versi terbarunya (Winamp 5.9) pada Juli 2022.

Fitur-Fitur Unggulan Winamp

Winamp merupakan software pemutar music yang mudah digunakan, menjadikan software ini popular. Fitur-fitur yang membuat kemudahan dalam pemakaian Winamp, sebagai berikut:

1. Support banyak format file

Winamp tidak lagi hanya bisa kamu gunakan untuk memutar file MP3 saja. Kamu juga bisa menggunakan software ini untuk memutar media dengan format file seperti M4A, MPEG, MIDI, AAC, WMA, dan MOD.

Dengan fitur ini, kamu tidak hanya dapat menggunakannya untuk memutar lagu-lagu, tapi juga untuk menonton video atau film-film yang kamu suka.

2. Software yang sederhana

Winamp fokus pada kesederhanaan. Software ini dibuat untuk bisa digunakan dengan mudah, opsi pengaturan dasar (basic control) dan layout yang klasik.

Antarmuka (interface) Winamp terdiri atas tombol menu berwarna merah di pojok kiri atas, tab menu (file, play, dan lain-lain) di bagian atas. Winamp terbagi dalam beberapa bagian seperti status dan control, informasi lagu, equalizer, playlist dan lain-lain.

Bagian-bagian ini dapat kamu terapkan ataupun disembunyikan. Jadi kamu dapat custom bagian apa saja yang ingin kamu terapkan pada winamp.

3. Skin

Skin adalah paket tampilan grafis yang dapat di custom.  Winamp memiliki beberapa skin bawaan seperti Winamp Classic, Winamp Modern, Bento, Big Bento dan lain-lain.

Kamu dapat mengganti skin melalui menu skin. Kamu juga dapat browse skin untuk mendapat lebih banyak tampilan skin yang kamu inginkan.

4. Winamp Remote

Fitur Winamp Remote memungkinkan kamu melakukan remote playback (pemutaran) sebuah file media di PC pengguna menggunakan internet.

5. Media Monitor

Fitur ini memungkinkan kamu untuk melakukan browsing di internet dan bookmark blog music. Media monitor juga akan secara otomatis memberikanmu opsi untuk streaming atau mendownload semua file MP3 di blog tersebut.

Winamp memiliki bagian untuk browsing. Jika kamu mengaktifkan fitur ini dan komputermu tersambung internet, fitur ini akan otomatis membuka halaman pencarian.

6. Support perangkat media player

 Winamp memiliki support tambahan untuk perangkat media player portable dan USB. Fitur ini juga dapat mengsinkronkan unprotected music ke iPod.

7. Fitur baru pada Winamp 5.9

Setelah terakhir versi dirilis pada tahun 2018, Winamp merilis versi 5.9-nya pada tahun 2022. Fitur-fitur yang akan kamu dapatkan pada versi ini, sebagai berikut:

  • Sinkronisasi Winamp tanpa kabel untuk Android
  • Mengimport isi library iTunes ke dalam Winamp
  • Support taskbar player control baru untuk Windows 7, 8, 10 dan 11
  • Tersedia dalam 16 bahasa

Download Winamp Terbaru

Download Winamp

Winamp

7.8 MB

Windows 10

Windows yang powerfull dan cocok untuk semua spek laptop

Driver Epson L3110

Driver terbaru untuk printer Epson seri L3110

Driver Canon MP287

Driver terbaru untuk printer Canon seri MP287

Vidnow

Nonton video dan dapatkan uang