Gboard Kini Beralih ke Floating Keyboard di Mode Landscape

Gboard Kini Beralih ke Floating Keyboard di Mode Landscape

Kesulitan mengetik di mode ponsel landscape kini bisa diatasi dengan kemampuan baru floating keyboard dari Gboard.

Aplikasi keyboard untuk Android yang memiliki fungsi unik memanglah banyak, namun Gboard lebih menonjol dengan daftar fitur yang terus bertambah.

Seperti kebanyakan keyboard ponsel lainnya, tata letak keyboard Gboard saat ponsel digunakan secara landscape cukup mengganggu.

Tidak sedikit orang yang perlu mengetik saat ponsel diputar ke samping, dimana Gboard juga akan ikut berputar menjadi lebih panjang.

Tampaknya ‘kerepotan’ saat mengetik dengan mode landscape akan segera berakhir dengan perubahan besar di Gboard.

Pada Gboard versi beta terbaru yang tersedia di Play Store (versi 13.6.06.574113912), semua masih terlihat normal ketika pengguna membuka keyboard dalam mode portrait.

Namun, ketika ponsel dimiringkan ke mode landscape, Gboard otomatis beralih ke tata letak floating atau mengambang, bukan lagi tata letak yang panjang membentang hingga hampir menutupi layar ponsel.

Menariknya, ini bukan pertama kali tata letak floating di mode landscape keyboard Google terlihat.

Pengguna di Reddit memperhatikan hal ini telah terjadi hampir setahun lalu ketika update tersebut masih dalam tahap pengujian awal.

Namun, sekarang tampaknya semua penguji beta Gboard dapat menikmati tata letak floating otomatis yang diaktifkan secara default.

Hal ini menunjukkan Google telah meluncurkan kemampuan baru itu secara luas.

Melansir Android Authority, setelah diuji pada beberapa perangkat Google dan Samsung, Gboard versi beta menunjukkan keyboard floating saat digunakan dalam mode landscape.

Pengujian ini terlepas dari apa model ponselnya dan versi OS yang digunakan.

Namun, keyboard Gboard tidak beralih ke tata letak floating ketika digunakan pada ponsel manapun yang diuji dengan Gboard versi stabil terbaru.

Meski demikian, diperkirakan hanya masalah waktu saja sebelum Gboard bisa berubah menjadi floating di mode landscape pada versi stabil, lantaran sudah sepenuhnya diluncurkan di versi beta.

Dengan tata letak yang mengambang, pengguna Gboard bisa memindahkan keyboard ke posisi mana saja dengan menggeser pegangan di bagian bawah.

Sistem Google akan mengingat dimana letak pengguna memposisikannya untuk terakhir kali, bahkan jika pengguna beralih ke aplikasi lain mulai dari mode portrait dan berubah lagi ke mode landscape.

Gelar Event Booyah Ramadhan, Free Fire Usung Tema Mabar Tahu Waktu

Free Fire mengadakan event Booyah Ramadhan dan berkolaborasi dengan Habib Jafar dengan tema Mabar Tahu Waktu.

Threads Kini Bisa Hubungkan Akun ke Fediverse, Begini Cara Kerjanya!

Threads uji coba koneksi akun ke fediverse bagi para pengguna beta. Begini cara menggunakannya.

Samsung Galaxy S24 Akan Jadi Ponsel AI Terpintar yang Pernah Ada, Kenapa?

Perangkat baru Samsung, yaitu seri Galaxy S24 digadang-gadang akan melampaui Pixel 8 dari segi teknologi AI yang diusung.

Threads Hampir Capai 100 Juta Pengguna Aktif per Bulan!

Mark Zuckerberg optimis Threads bisa capai 1 miliar pengguna dalam beberapa tahun melihat pengguna aktif per bulan sudah hampir 100 juta.

Spotify Rilis Merch Hub untuk Belanja Merchandise Artis

Penggemar musik kini dapat membeli merchandise artis favorit langsung melalui Spotify tanpa perlu mengakses toko artis tersebut.

Resmi! Xiaomi MIX Fold3 Bakal Rilis Agustus dan Punya 4 Kamera

Smartphone foldable dari Xiaomi, Xiaomi MIX Fold 3 akan resmi dirilis bulan depan dengan konsep Leica Optical Full-Focus Four-Camera.