Cegah Spam, X Akan Kenakan Biaya Tahunan dan Verifikasi Identitas

Cegah Spam, X Akan Kenakan Biaya Tahunan dan Verifikasi Identitas

Spam dan bot yang terus merajalela membuat X harus berinovasi dengan aturan baru. Selain biaya tahunan, X juga akan menerapkan kebijakan baru ini.

Untuk mengatasi masalah bot dan spam di X, Elon Musk mengumumkan bahwa mereka akan membebankan biaya tahunan kepada pengguna sebesar $1 per tahun.

Musk percaya bahwa pembebanan biaya tahunan ini bisa menjadi solusi dari masalah berulang yang kerap terjadi di sosial media, khususnya X.

Namun, upaya Musk memerangi bot dan spam tidak berhenti sampai situ.

Perusahaan juga diketahui akan mencoba menerapkan berbagai cara lain selain memusnahkan bot secara tradisional.

Direktur Teknik X, Eric Farraro menyebutkan bahwa metode penangkapan bot yang ada saat ini perlu dikembangkan lantaran dalam beberapa tahun, AI akan mampu meniru interaksi manusia.

AI dapat mempersulit pendeteksian bot lantaran mereka dapat menirukan interaksi manusia dengan sempurna.

Para kritikus juga menunjukkan bahwa biaya sekecil $1 atau bahkan $8 tidak akan mampu menghentikan semua bot dan pelaku spam.

Pendiri WordPress, Matt Mullenweg mencontohkan bahwa pelaku spam seringkali menghabiskan lebih dari $1 untuk mendapatkan domain yang digunakan dalam aktivitas spam.

Selain itu, pelaku spam juga bisa menggunakan kartu kredit dan identitas curian untuk melakukan transaksi demi bisa masuk ke X.

Meski penerapan biaya tahunan di X dapat mengurangi aktivitas bot, menurutnya pelaku spam yang gigih bisa beradaptasi dengan cepat dan menemukan cara baru untuk melancarkan aksinya.

Menanggapi hal itu, Farraro mengakui bahwa pembebanan biaya saja memang bukan solusi komprehensif untuk mengatasi masalah bot.

X secara aktif tengah menjajaki langkah-langkah tambahan.

Perusahaan berencana untuk memasukkan metode pembayaran, verifikasi telepon, dan verifikasi ID ke dalam strateginya melawan bot.

Selain langkah-langkah tersebut, perusahaan juga terus mengandalkan teknik dan metode tradisional heuristik untuk mendeteksi akun palsu dan interaksi di X.

Berdasarkan perkiraan Farraro, di masa depan akan banyak media sosial yang mengadopsi pendekatan serupa untuk mengatasi masalah yang sama.

Keputusan X membebankan biaya kepada pengguna diawali saat X menghadapi persaingan yang semakin ketat dari sosial media lain.

Di bawah kepemimpinan Elon Musk, X terus berinovasi dengan berbagai aturan mulai dari penerapan metode pembayaran, verifikasi ID dan telepon yang dikombinasikan dengan biaya tahunan sebesar $1.

Hal ini menunjukan komitmen X untuk mengatasi masalah bot yang terus merajalela.

Microsoft Hadirkan Copilot AI ke Ponsel Android

Teknologi AI terbaru dari Microsoft, Copilot, hadir untuk pengguna Android dan bisa diunduh melalui Google Play Store.

Lightroom di Android 14 Kini Bisa Edit Gambar Ultra HDR

Pengguna smartphone dengan OS Android 14 kini dapat mengedit gambar Ultra HDR lewat Adobe Lightroom yang kompatibel di perangkat tersebut.

Infinix Zero 30 5G Resmi Dirilis, Berikut Harga & Spesifikasinya

Infinix resmi merilis smartphone Infinix Zero 30 5G dengan keunggulan kamera dan berbagai fitur canggih lainnya.

Bocoran Desain iPad Air Baru Terungkap, Apa yang Beda?

Apple digadang-gadang akan merilis iPad Air model 12,9 inci yang memiliki layar yang lebih lebar dan desain kamera yang mirip produk iPhone lama.

MIUI 15 Punya Update Baru, Ini HP Xiaomi yang Bakal Kebagian!

MIUI 15 akan merilis pembaruan terbaru dan hanya bisa didapatkan untuk beberapa seri HP Xiaomi berikut ini!

iPhone 15 Bakal Pakai FineWoven untuk Gantikan Leather Case

iPhone 15 dikabarkan akan hadir dengan casing FineWoven yang lebih ramah lingkungan untuk menggantikan casing kulit.